Cara-Cara Menangani Stress Di Tempat Kerja

“Namanya juga manusia, bisa stress!” Ayu mengeluh. Akhir-akhir ini Ayu mudah mendapatkan stress ketika pulang ke rumah usai bekerja. Disamping harus bekerja, Ayu juga harus membantu suaminya untuk mendapatkan penghasilan. Belum lagi harus mengurus anak-anaknya yang masih kecil.

Tak terbantahkan memang bahwa kebutuhan rumah tangga yang tinggi menjadikan seorang perempuan juga harus bekerja, umumnya duluhanya dari pihak laki-laki yang mencari nafkah. Namun sekarang bukan perempuan saja yang bekerja sehingga tak hanya perempuan yang dapat stress, laki-laki juga. Stress tak jarang juga membuat kesehatan seseorang menurun sehingga menghambat produktivitasnya bekerja.

Sebenarnya stress dapat dihindari jika kita mengetahui bagaimana mengatur pekerjaan kita dengan baik. Anda dapat mengikuti langkah-langkah untuk menangani stress di tempat kerja.

1. Rencanakan setiap pekerjaan anda dengan baik. Jika anda mempunyai tugas rutin setiap hari, pastikan bahwa anda tidak menunda-nunda pekerjaan tersebut. Lebih baik lagi anda sudah menyelesaikannya dengan cepat. Jika tiba-tiba ada pekerjaan diluar tugas rutin, hitunglah berapa waktu yang diperlukan untuk mengerjakan task tersebut. Anda harus memaksimalkan keahlian anda ketika mengerjakan. Percayalah itu anda tidak akan menemukan pekerjaan yang bertumpuk-tumpuk.

2. Manfaatkan waktu istirahat siang anda dengan baik. Jika perlu anda dapat memejamkan mata selama beberapa menit. Anda yang terbiasa memandang layar komputer terlalu lama dapat menyebabkan kelelahan pada mata dan pegal-pegal pada leher. Dengan istirahat sejenak, pikiran anda akan lebih segar dan terbuka kembali.

3. Ciptakan suasana yang harmonis dengan rekan kerja anda. Anda dapat memulai percakapan atau lelucon terlebih dahulu. Itu dapat memancing suasana yang kaku dan membangkitkan semangat anda dan rekan kerja. Jangan segan untuk tertawa dan terbuka terhadap sesama rekan kerja anda.

4. Ajukan jalan-jalan atau rekreasi bersama rekan kerja anda. Tidak hanya itu, anda dapat kok membuat hal yang menarik seperti merayakan ulang tahun rekan kerja secara kecil-kecilan kemudian melakukan makan bareng. Pacu kekompakkan tim dengan kegiatan-kegiatan di luar pekerjaan.

5. Salah satu alternatif lainnya yaitu dengan membawa makanan sendiri dari rumah. Anda biasanya makan di area kantor dan jenuh juga dengan itu. Tak salahnya anda bangun pagi kemudian menyiapkan makanan kesukaan anda. Lebih baik lagi anda menyiapkan makanan yang sehat seperti salad buah, salad sayur atau jus buah. Makanan yang sehat dan gizi yang berimbang akan memproteksi diri anda dari yang namanya sakit.

6.Dengarkan juga musik kesenangan anda di kantor. Sambil santai dan beristirahat sejenak, lagu yang tenang juga akan membawa pikiran anda bangkit kembali.

7. Pada saat weekend, anda harus membuang jauh-jauh pikiran anda tentang pekerjaan. Manfaatkan waktu istirahat dengan tenang. Anda dapat berjalan-jalan bersama keluarga jauh dari kota. Terlebih dahulu rencanakan perjalanan dengan baik. Jika anda tidak sempat, lirik saja taman atau kebun binatang area sekitar tempat tinggal anda.

8. Tubuh yang lelah dan pegal selama bekerja dapat menjadi salah satu faktor stress. Sekarang sudah banyak tempat spa atau pijat untuk seluruh badan. Pijat atau berolahraga dengan rutin, akan menjadikan badan kita lebih bugar. Ketegangan tubuh anda juga akan hilang. Tidak apa-apa jika anda harus merogoh uang anda sedikit. Kesehatan lebih penting bukan?

9. Satu cara lagi yang penting bagi karyawan yaitu tidur nyenyak yang cukup. Umumnya tidur yang baik memakan waktu kurang lebih 6-7 jam. Jika diperlukan, hindarilah kegiatan bergadang yang tidak bermanfaat bagi anda. Tidur yang cukup juga akan membantu meningkatkan kerja otak dan kreativitas kita.

Cukup sederhana bukan untuk menangani stress di tempat kerja? Ayo saya dorong anda untuk dapat melakukan cara-cara tersebut.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *