Cara Berdagang Tanpa Modal

Hal pertama yang akan dipikirkan oleh orang ketika ingin membuka suatu usaha, adalah pasti identic dengan modal berupa uang. Sayangnya tidak semua usaha harus dimulai dari modal uang seperti yang dipikirkan banyak orang. Untuk membuka usaha berdagang misalnya anda bisa memulai bisnis ini tanpa menggunakan uang.Berdagang tanpa modal pun bisa menjadi kenyaatan jika anda memiliki kelebihan lain diluar topik uang tersebut.

Berdagang

Berdagang sudah dikenal sejak jaman Nabi Muhammad SAW dan sangat dianjurkan untuk dilakukan. Selain itu berdagang juga salah satu jenis pekerjaan yang banyak menghasilkan keuntungan besar ketimbang pekerjaan lainnya. Bila kembali menilik judul artikel ini tentu saja anda akan bertanya-tanya bagaimana caranya memulai berdagang tanpa modal? Apakah benar-benar tidak harus mengeluarkan uang sepersenpun? Berdagang tentu menjadi salah satu pekerjaan impian anda bila benar – benar dapat dilakukan tanpa modal, bukan!

Sumber: https://uangteman.com/

Sumber: https://uangteman.com/

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mewujudkan impian anda ini. Pertama anda bisa menerapkan cara leverage atau daya ungkit, yakni mencari seorang investor yang tidak bisa berbisnis namun memiliki modal uang yang cukup dan berhasrat untuk berbisnis. Peran anda disini tentu saja ada yakni sebagai pengelola usaha yang memiliki kemampuan professional dan terpercaya. Cara ini biasa disebut dengan singkatan DOL (Duit orang lain). DOL ialah memulai berdagang dengan menggunakan duit orang lain, ketika anda tak memiliki tempat untuk berdagang anda bisa menggunakan TOL (Tempat orang lain). Nah jika anda tak memiliki keahlian khusus bisa menggunakan KOL (Keahlian orang lain).

Dari ketiga hal diatas tentunya perlu adanya kepercayaan yang penuh dari pihak investor terhadap jenis atau usaha yang akan anda jalankan. Selain itu anda harus memiliki daya tarik tersendiri agar para investor mau menginvetasikan uangnya untuk usaha yang akan anda lakukan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar orang atau investor mau memberikan modal DOL, TOL atau KOL yaitu anda harus memiliki kelebihan yang menonjol dan tidak dimiliki oleh orang lain, selalu mempunyai ide-ide yang produktif dan mudah untuk diterima atau dikomunikasikan kepada pemilik modal (investor). Hal ini bisa meningkatkan rasa yakin dari investor terhadap project anda.

Setelah itu tentukan visi serta misi yang sudah terancang dan terarah dengan jelas. Usahakan untuk memiliki pembimbing di jenis usaha yang akan anda jalankan, tentunya mentor yang berpenggalaman atau ahli dibidangnya. Komunikasi yang baik dengan investor dapat menumbuhkan jalinan komunikasi yang mengguntungakan bagi kelangsungan usaha anda. Perluaslah jaringan anda atau koneksi anda, dengan cara ini bisa memudahkan untuk tersebarnya produk bisnis anda dari mulut ke mulut sehingga informasi dengan cepat tersebar.

Selain cara diatas ada cara lain untuk memulai usaha tanpa modal, namun memerlukan beberapa media pendukung untuk menjalankan usahanya. Media yang wajib anda miliki adalah smartphone yang bisa terkoneksi dengan internet. Anda juga bisa menggunakan PC atau laptop yang tersambung dengan internet. Media ini bisa anda gunakan untuk berdagang online atau menjadi reseller dari produk – produk tertentu. Anda bisa menjajakannya melalui marketplace gratis seperti tokopedia,bukalapak,olx dan masih banyak lagi lainnya.

Anda tinggal mencari produk tanpa modal dengan menerapkan sistem broker, dropship, affiliasi dan yang lain. Untuk masalah marketing tidak perlu repot sebab dengan memanfaatkan media social yang ada seperti facebook, instagram,twitter dan masih banyak lagi lainnya maka pelanggan yang tertarik bisa datang dengan sendirinya.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *