Cara Beradaptasi Dengan Lingkungan Kerja Baru

Seorang fresh graduate yang baru lulus kuliah dan mendapatkan pekerjaan baru mengeluh jika dia tidak dapat beradaptasi di lingkungan kerjanya yang baru. Baru beberapa minggu masuk kerja, dia sudah mengalami tekanan. Apalagi di tempat kerjanya, dia harus mengerjakan dan mengatasi pekerjaannya sendiri. Mungkin ini hal yang mudah bagi orang yang sudah bekerja selama beberapa tahun. Namun bagi seorang yang baru memulai bekerja, itu hal yang sulit untuk beradaptasi. Jika menempuh pendidikan, bagi seorang mahasiswa bukanlah kewajiban sepenuhnya untuk mengerjakan tugas tetapi ketika bekerja, kita sudah harus menyelesaikan tugas kita dengan baik dan benar karena berkaitan dengan progress kerja ke depan. Bila saat ini anda mengalami kesulitan untuk beradaptasi di lingkungan kerja baru. Saya akan menyampaikan beberapa cara beradaptasi dengan lingkungan kerja baru.

Antusias terhadap pekerjaan

Jika anda mendapatkan pekerjaan rumit dan anda harus menyelesaikannya sendiri. Terlebih dahulu anda harus antusias terhadap pekerjaan tersebut. Jangan menganggap dulu pekerjaan tersebut hal yang menjadi beban. Mulai berpikir jika pekerjaan tersebut akan menggali potensi anda lebih dalam lagi. Jadikan waktu mengerjakan pekerjaan tersebut menjadi lebih menyenangkan. JIka anda senang musik, anda dapat mengerjakan pekerjaan tersebut sambil mendengarkan musik. Beri semangat dan perhatian penuh saat anda bekerja. Anda memang harus mengeluarkan usaha yang lebih besar yaitu memaksa diri anda seolah-olah menyukai pekerjaan anda. Hasilnya adalah anda akan merasakan waktu yang singkat sampai saatnya pekerjaan anda sudah selesai.

Berkenalan dengan Teman Kerja

Jika saat ini anda belum mempunyai teman dekat di kantor, berusahalah berkenalan dengan mereka. Sapa mereka terlebih dahulu. Jika biasanya pada saat istirahat makan siang anda makan sendiri, ajaklah mereka bersama-sama untuk makan siang bareng. Anda juga dapat menawarkan pulang bersama dengan teman yang searah. Dengan punya beberapa teman dekat di tempat kerja, anda dapat curhat mengenai kesulitan anda di pekerjaan atau bertanya mengenai karakter atasan anda di tempat kerja. Teman kerja pun dapat menemani ngobrol atau bersenda gurau di saat anda sedang stress menghadapi tekanan. Jika kamu mudah beradaptasi dengan teman-temanmu, maka kamu akan lebih cepat diterima di tempat kerjamu.

Berikan yang terbaik

Jika atasanmu memberikan pekerjaan, sebaiknya langsung anda kerjakan. Hal ini harus anda anggap bahwa atasan anda percaya dengan potensi yang kamu punya. Jangan tunda atau bersikap bodoh akan pekerjaan tersebut. Berikan yang terbaik yang anda bisa lakukan. Gunakan segala potensi yang ada di dalam dirimu. Tantang dirimu untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline pekerjaan. Atasan akan menilai baik jika kamu sanggup mengerjakan pekerjaan yang dia berikan.

Rasa ingin tahu yang besar

Sebagai karyawan baru kamu memang dituntut untuk mengetahui hal-hal yang baru. Kamu harus mengetahui seluk beluk bisnis di perusahaanmu. Jangan membatasi dirimu hanya di lingkup pekerjaanmu saja. Tanyakan kepada atasanmu langsung jika kamu benar-benar ingin memahami hal tertentu yang belum kamu mengerti. Jangan segan untuk meminta tugas yang meningkatkan prestasi kerjamu. Nilai plus dari atasan bisa didapatkan ketika suatu saat kamu menerima pekerjaan lain dari biasanya.

Lihat Sisi Positif

Anda sudah mencoba begitu kerasnya untuk mencoba bertahan dan rasanya ingin keluar dari pekerjaan. Cobalah mengingat di saat anda berusaha mendapatkan sebuah pekerjaan. Anda begitu beruntung mendapatkan pekerjaan dimana teman-teman kuliah anda sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Ingatlah kepada kedua orang tua anda yang ingin melihat anaknya sukses bekerja.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *