Cara Beli Emas di ANTAM

Tidak heran jika investasi berupa emas semakin diminati masyarakat. Alasannya sederhana, karena nilai emas tidak pernah turun. Bagi Anda yang mulai berminat membeli emas atau logam mulia di ANTAM, perlu dipahami dulu, apa sih logam mulia itu? Pastinya bukan berupa emas perhiasan. Anda pernah melihat emas batangan dan koin emas? Kalau ya, itulah yang dimaksud dengan logam mulia. Tempat membelinya yaitu pegadaian dan perusahaan yang menjual hasil tambang seperti PT. ANTAM.

images (4)

Logam Mulia

Dimanakah lokasi membelinya? Anda bisa membeli Logam Mulia Antam di Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia yang beralamat di Jl. Pemuda – Jl. Raya Bekasi KM. 18 Pulogadung, Jakarta 13210. Telpon (021) 475 7108. Untuk memudahkan pencarian alamat, gedungnya ada di depan pintu masuk kawasan industri Pulogadung. Jam buka termasuk singkat, dari jam 10.00 – 14.00 WIB.

Sebagai gambaran, perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk transaksi pembelian logam emas mulia yaitu sekitar 30 menit sampai 1 jam. Tergantung sedikit atau banyaknya antrian dihari tersebut. Anda juga bisa melakukan riset awal melalui website di logammulia.com. Perlu diingat bahwa proses jual beli logam mulia tidak bisa dilakukan secara online.

Informasi lainnya yang juga sangat penting yaitu jika Anda sering melewati kantor PT ANTAM di TB Simatupang dan berpikir bahwa di situ bisa membeli logam mulia, maka Anda sebaiknya tidak melakukan itu. Karena meski kantor pusatnya di PT ANTAM di TB Simatupang, namun untuk pembelian logam mulia hanya bertempat di Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia di Pulogadung. Proses pembelian juga tidak bisa dilakukan secara online dengan pengiriman barang pesanan via paket pengiriman. Karena ini sifatnya terlalu berbahaya.

Adapun prosedur pembeliannya sebagai berikut:

Ketika sampai di tempat, Anda diharuskan mengambil nomor antrian. Setelah itu nomor Anda akan dipanggil dan menuju meja penjualan seperti halnya teller di bank. Selanjutnya petugas akan bertanya apakah sebelumnya Anda sudah pernah melakukan transaksi emas atau membeli logam mulia Antam, jika belum maka dilakukan input data-data pribadi Anda. Petugas juga akan menginformasikan nilai emas yang berlaku di hari itu. Baru kemudian Anda bisa menentukan berapa jumlah pembelian emas yang diinginkan.

Untuk pembayaran tunainya sebesar 50 juta rupiah. Setelah Anda menentukan jumlah emas batangan dan kepingan yang ingin dibeli, Anda akan diberikan faktur oleh bagian penjualan dan dapat membayarnya di kasir. Selain pembayaran tunai juga bisa dengan pembayaran debit melalui ATM Mandiri dan BCA yang tersedia di tempat tersebut.

Setelah membayar, serahkan bukti pembayaran ke ruang kecil yang disebut dengan ruang serah terima emas batangan. Prosesnya sebentar, hanya beberapa menit menunggu kemudian nama akan dipanggil untuk penyerahan emas batangan atau koin emas pesanan Anda. Perlu Anda pahami bagian terpenting yaitu jika suatu hari ingin menjual logam mulia, yang perlu diperhatikan adalah bentuk fisik emas dan sertifikatnya. Sehingga jika worst case scenario-nya faktur hilang, Anda tidak perlu khawatir.

Selanjutnya Anda diminta menandatangani dokumen sebagai bukti pembelian logam mulia. Harap lakukan final check apakah sesuai dengan pesanan Anda. Jadi sebelum meninggalkan tempat tersebut, pastikan semua beres.  

Semoga setelah membaca informasi tentang penjelasan di atas, nantinya akan memudahkan Anda melakukan investasi berupa logam mulia baik itu bentuk fisiknya emas batangan atau koin emas. Hal ini juga bisa memberikan pencerahan awal bagi Anda yang berminat memiliki tabungan selain berupa uang di bank. 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *