Cara Beli Barang Di Alibaba

Alibaba merupakan situs marketplace yang menaungi buyer atau supplier diseluru dunia. Situs ini adalah website e-commerce yang menjadi tempat bagi para pedagang besar, untuk menawarkan barangnya. Alibaba tidak secara langsung menjual produk kekonsumen. Sehingga bagi anda yang ingin berbelanja alibaba, harus menghubungi perusahaan yang bersangkutan. Beberapa orang mengaku cukup kesulitan, saat akan berbelanja dimarketplace dan terpopuler didunia ini. Tidak sedikit pula yang menganggap bahwa dialibaba.com seperti, website yang lebih berfungsi sebagai direktoris bagi produsen/supplier, untuk mengelar dagangannya.

 

Cara Beli Barang Di Alibaba

 

Alibaba.com tidak melayani jual-beli langsung produk-produk tersebut. Alibaba.com adalah murni milik member aktifnya. Jadi jika anda ingin berbelanja barang yang anda lihat dialibaba.com. Maka anda harus menghubungi seller yang bersangkutan untuk menanyakan harga, ongkos kirim dan cara pembayaran. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan ketika anda berbelanja barang di Alibaba.com:

Sumber: http://zdnet3.cbsistatic.com

1. Login disitus alibaba.com

Saat anda ingin berbelanja di Alibaba. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi situs alibaba.com. Setelah itu log in dengan menggunakan akun alibaba anda. jika anda belum memiliki aku. Anda bisa melakukan register terlebih dahulu.

Baca Juga:

2. Pilih perusahaan dan temukan barang yang anda inginkan.

Setelah anda log in tentukan perusahaan dan barang yang mau anda beli. Dan berapa jumlahnya. Mengapa hal ini menjadi hal yang penting/. Karena hal ini berkaitan dengan skema pengiriman barang yang anda beli. Perlu diketahui bahwa, ada aturan kemendag yang mengatakan bahwa jika anda mengimpor barang dalam jumlah banyak. Maka harus memiliki izin impor dari kemendag. Hal ini dikarenakan banyak yang membeli secara individual yang umumnya tidak memiliki izin impor.
Maka jika anda ingin berbelanja dalam jumlah banyak. Anda bisa menyiasatinya dengan sistem pengiriman barang menggunakan skema forwarder.

Jumlah banyak yang dimaksut disini berbeda-beda tergantung jenisnya. Namun agar barang anda tidak kena pasal izin impor jumlah 10 merupakan jumlah yang aman. Selain itu anda juga harus waspada dalam memilih perusahaan saat anda berbelanja online termasuk dialibaba.com. Beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan anda dalam menentukan perusahaan diantaranya adalah:
– Status perusahaan harus gold supplier
– Perhatikan email yang digunakan apakah gratisan atau corporate
– Lihat jumlah pembeli
– Bisa paypal atau escrow
– Perhatikan websitenya
– Sebaiknya pilih perusahaan yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantarnya. Kecuali jika anda memahami bahasa mandarin.

Untuk lebih meyakinkan tidak ada salahnya mencari tahu mengenai daftar nama perusahaan scam dengan memanfaatkan fasilitas searc google. Tidak kalah penting adalah cek barang yang akna anda beli dengan cara meminta sample.

3. Menghubungi seller

Kalau anda sudah menemukan barang yang anda cari. Kontak seller barang yang ingin anda beli, menggunakan fasilitas chat atau message yang tersedia, untuk bertanya atau melakukan pembelian.

4. Bertanya kepada seller

Saat melakukan pembelian tentunya anda harus bertanya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar anda tidak kesulita atau merasa kecewa dengan barang yang anda beli. Ketika melakukan kontak, beberapa hal yang perlu anda tanyakan kepada seller adalah sebagai berikut:
– Jumlah barang yang ingin dibeli
– Metode pengiriman dan biaya kirimnya
– Tujuan pengiriman barang (alamat anda)
– Cara pembayaran

5. Melakukan kesepakatan

Setelah anda mengetahui tentang kualitas barang yang akan anda beli. Saatnya anda membuat kesepakatan. Setelah terjadi kesepakatan antara anda dengan seller. Maka biasanya seller akan menerbitan proforma invoice. Didalam proforma invoice, akan disebutkan detail barang, harga, ongkos kirim, alamat pengiriman, serta cara pembayaran

6. Pembayaran

Setelah itu, selanjutnya anda bisa melakukan pembayaran. Cara pembayaran dialibaba.com yang umum dipakai adalah transfer bank, western union dan paypal.

7. Pilih metode pengiriman dan minta tracking number

Untuk masalah pengiriman sehubungan dengan berbelanja dialibaba.com ini. Ada banyak metode pengiriman yang biasanya ditawarkan oleh seller. Mereka umumnya akan menawarkan metode pengiriman yang cepat seperti DHL, Fedex dan EMS. Hampir tidak pernah ditemui seller dialibaba.com, yang menawarkan pengiriman menggunakan registered mail, yang lebih ekonomis. Jika anda membeli barang dari alibaba.com dengan jumlah yang besar. Ini akan menjadi masalah tersendiri didalam pengiriman. Disamping harganya mahal.

Sering pula ditemui kendala saat barang masuk kebea cukai yang berkaitan dengan izin impor. Untuk mengatasinya, cara yang banyak dipakai saat ini adalah, menggunakan jasa forwarder barang. Setelah barang dikirim oleh seller akan mengonfirmasikan tracking number paket anda. jika seller tidak memberikan konfirmasi. Anda harus aktif untuk menanyakannya. Sehingga bisa melakukan pelacakan paket anda nantinya.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *