Blog Yang Disukai Pengunjung

Tags:

Di era yang super canggih seperti saat ini banyak orang memilih untuk saling mengshare ilmu dan catatan keseharian mereka di dunia maya. Blog merupakan salah satu media yang kerap digunakan kebanyakan netizen terlebih adanya laman gratis seperti blogspot maupun wordpress. Bila ingin menjadikannya sebagai laman komersial biaya yang ditanggung juga tidak terlalu mahal. Tak heran bila pengguna blog kian meningkat tiap tahunnya. Bila anda adalah salah satu blogger pasti ingin apa yang anda tulis direspon oleh banyak orang.

Blog

Keinginan untuk disukai dan disenangi netizen tentu saja hinggap di pikiran anda ketika memiliki blog. Kini pertanyaannya bagaimana anda dapat mengetahui bahwa blog anda ini disukai atau tidak oleh netizen? Berikut ciri – cirinya yang bisa anda aplikasikan pada blog anda:

Sumber: https://i1.wp.com/

Sumber: https://i1.wp.com/

a. Visitor

Untuk mengetahui ketertarikan netizen terhadap blog bisa dilakukan pengecekkan dengan melihat return visitor. Return visitor merupakan pengunjung yang datang ke blog anda lebih dari satu kali karena tertarik dengan blog yang telah dikunjunginya. Cara mengetahui return visitor ini cukup mudah yakni dengan menginstal google analytics.

Google analytic mampu menelusuri pengunjung berdasarkan halaman pengacu, mesin pencari bahkan tautan dalan dokumen pdf. Anda juga dapat diberikan gambaran dari mana saja pengunjung blog anda apakah dari Indonesia, AS, maupun Negara lainnya. Laporan bisa dilihat secara harian ataupun bulanan dengan menggunakan grafik. Bila anda tertarik menggunakannya cukup instal Google Analytic ini pada blog kemudian lihat indikasi return visitor yang berada pada bagian audience overview.

b. Komentar

Cara kedua untuk melihat ketertarikan netizen terhadap blog anda bisa dilihat dari komentar pada tulisan yang anda post di blog. Beberapa netizen yang terkesan dengan isi blog biasanya tak malu untuk berkomentar sebagai feedback mereka selaku pembaca. Komentar yang diposting tentu saja beragam ada yang positif ada pula yang negative bahkan ada juga yang hanya numpang promosi.

Disinilah peran anda sebagai pemilik blog mulai aktif digunakan sebab tidak semua komentar perlu anda posting ke blog oleh karenanya selektif tentu saja boleh dilakukan. Komentar yang tidak ada kaitannya dengan isi blog bisa tidak ditampilkan atau komentar yang terlalu rasis dan mengandung unsur sara juga bisa dihapus.

c. Pengikut

Tidak hanya komentar yang bisa mengekspresikan ketertarikan netizen pasalnya follower atau subscriber juga bisa dijadikan tolak ukur. Semakin banyak follower atau subscriber anda menandakan semakin banyak netizen menyukai postingan yang ada di blog anda. Para subscriber ini akan mendapatkan kiriman terbaru dari blog anda lewat inbox email mereka.

d. Share

Tak jarang pula netizen yang menyukai postingan dalam blog anda akan mengshare postingan tersebut di akun media social. Akun media social ini beragam mulai dari twitter, facebook ataupun google+ dan masih banyak lagi lainnya. Keuntungan dari share ini ialah postingan anda akan cepat diketahui orang banyak dan menambah jangkauan pembaca.

e. Bounce Rate

Selain google analytic anda juga bisa menggunakan bounce rate untuk mengetahui jumlah visitor per satu halaman atau pages. Bounce rate ini akan memberikan prosentase visitor yang melihat laman atau pages pada blog anda. Semakin rendah nilai bounce rate maka blog anda dinilai semakin baik.

f. Average Session Duration

Untuk melihat apakah pengunjung anda benar- benar tertarik dengan tulisan yang anda posting bisa menggunakan average session duration. Umumnya visitor akan menghabiskan waktu 30 menit untuk satu sesi kunjungan. Semakin lama average session duration yang dihasilkan maka blog anda dinilai semakin baik karena pengunjung benar-benar mencermati isi blog anda.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *