Bisnis Untuk Pelajar

Jika Anda adalah seorang pelajar, masih duduk di bangku sekolah dan tertarik untuk masuk ke dunia bisnis pada usia yang masih dini atau Anda adalah orang tua yang memiliki anak yang masih sekolah dan ingin merekomendasikan anak Anda untuk berbisnis selagi memiliki waktu senggang maka hal tersebut merupakan salah satu hal yang baik bagi masa depan terutama bukan dalam hal finansial saja melainkan untuk melatih pula kedewasaan sejak dini dalam menghadapi berbagai permasalahan yang akan didapat dari berbagai pengalaman yang didapat. Tetapi tetap saja, bisnis yang akan dilaksanakan oleh pelajar, tentu saja tetap membutuhkan bimbingan dan pengawasan orang yang lebih dewasa, katakanlah orang tua.

Hal yang penting dari bisnis pelajar adalah melatih kedewasaan Anak tentang bagaimana mengatur waktu sebaik mungkin agar berbisnis tidak mengganggu waktu sekolah/waktu belajar yang semestinya tetapi tetap mendapatkan penghasilan yang lumayan bagi keperluan sekolah. Bisnis yang dijalankan bagi pelajar juga seharusnya melatih kebijaksanaan anak tentang bagaimana mengumpulkan uang sehingga mendapatkan modal yang cukup bagi usaha yang akan dibukanya. Itupun untuk bisnis yang membuthkan modal. Berikut beberapa bisnis yang bisa dilaksanakan oleh pelajar :

Retailer (reseller) buku-buku pelajaran atau dokumen-dokumen yang perlu di fotokopi. Jika pada suatu hari Anda ditugaskan untuk membeli sebuah/beberapa buah buku yang tidak disediakan oleh sekolah, maka Anda bisa mengajukan diri sebagai kolektor untuk membeli buku tersebut. Tentu saja Anda akan mendapat keuntungan jika membeli dalam jumlah banyak.

Jual pulsa. Bisnis ini merupakan bisnis yang populer yang dilakukan oleh pelajar. Selain membutuhkan modal yang tidak terlalu besar, bisnis ini pun bisa dilakukan dengan cara yang mobile dan tidak terlalu menyita waktu belajar.

Anda bisa juga berbisnis menjual berbagai macam kerajinan tangan yang bisa Anda buat selagi memiliki waktu senggang di rumah. Seperti kartu-kartu ucapan selamat ulang tahun atau kerajinan tangan lainnya yang dianggap akan menarik.

Anda juga bisa mencetak foto-foto berbagai idola dunia yang  bisa didapat lewat intenet menggunakan printer berwarna yang biasa digunakan juga untuk mencetak tugas sehari-hari.

Retailer pakaian. Untuk bisnis ini, sebenarnya tidak menggunakan modal juga bisa dijalankan. Asalkan Anda memiliki kenalan yang bisa menyuplai barang dagangan Anda. Untuk lebih menarik, Anda bisa menjualnya dengan cara kredit dan memberikan harga melebihi harga biasanya. Namun, tentu saja perlu persiapan untuk jenis bisnis seperti ini. Tetapi, jika tidak berani akan resikonya, maka juallah baju-baju tersebut dengan cara tunai agar tidak terdapat resiko-resiko tertentu yang mungkin tidak bisa ditangani nantinya.

Canggihnya zaman sekarang, membuat tugas pun sudah menggunakan internet. Terkadang, tidak semua siswa memiliki koneksi internet. Anda bisa melihat peluang tersebut sebagai calo download referensi tugas. Sehingga Anda tetap bisa mengerjakan tugas dan Anda mendapat uang dari penghasilan sebagai jasa mendownload.

Menulis artikel. Bisnis ini tentu saja sekalian melatih Anda dalam menulis. Carilah informasi tentang bagaimana caranya menulis hingga mendapat uang dari hasil menulis tersebut.

Sebenarnya, masih banyak contoh bisnis lain yang bisa dilakukan oleh para pelajar. Yang terpenting adalah bisnis tersebut akan bisa lebih baik dijalankan jika memang sesuai dengan keinginan Anda apalagi jika sesuai dengan hobi Anda. Seperti hobi menulis, maka cobalah mendapat uang dalam waktu senggang ketika setelah bersekolah untuk menulis beberapa artikel. Atau jika anda senang membaca, maka jadilah pencari informasi berupa buku-buku yang bagus yang bisa direkomendasikan pada teman-teman Anda. Pada dasarnya, bersekolah sambil berbisnis pada intinya adalah melatih kedewasaan dalam berbagai hal. Mulai dari segi finansial, hingga kebijaksanaan dalam mengatur waktu. Yang tentu saja akan berguna bagi

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *