Bisnis Skala Internasional, Pentingkah?

Manusia dikenal sebagai mahluk sosial. Berbagai usaha dilakukan manusia untuk bisa berinteraksi satu sama lain dari mulai lingkup tetangga, antar kota, bahkan antar negara. Interaksi tersebut juga dapat tercipta dari berbisnis, dalam hal ini bisnis yang berskala internasional. Kadang masyarakat bertanya, apa gunanya melakukan transaksi dengan negara-negara lain. Bukankah itu hanya akan membuat produk dalam negeri kesulitan dalam bersaing dengan produk dari luar negeri dan hanya akan membuat produk dalam negeri mengalami penurunan?

Jika bisnis dengan skala internasional dapat dihadapi dan dikelola dengan baik hingga ke-akarnya, tentu saja akan mendatangkan keuntungan dalam berbagai sektor. Sesuai dengan manfaat yang diharapkan dari bisnis skala internasional itu sendiri yaitu sebagai berikut :

  • Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negeri sendiri
    Banyak faktor-faktor yang memengaruhi perbedaan hasil produksi di setiap negara. Faktor-faktor tersebut di antaranya : Kondisi geografi, iklim, tingkat penguasaan iptek dan lain-lain. Dengan adanya perdagangan internasional, setiap negara mampu memenuhi kebutuhan yang tidak diproduksi sendiri.
  • Memperoleh keuntungan dari spesialisasi
    Sebab utama kegiatan perdagangan luar negeri adalah untuk memperoleh keuntungan yang diwujudkan oleh spesialisasi. Walaupun suatu negara dapat memproduksi suatu barang yang sama jenisnya dengan yang diproduksi oleh negara lain, tapi ada kalanya lebih baik apabila negara tersebut mengimpor barang tersebut dari luar negeri.
  • Memperluas pasar dan menambah keuntungan
    Terkadang, para pengusaha tidak menjalankan mesin-mesinnya (alat produksinya) dengan maksimal karena mereka khawatir akan terjadi kelebihan produksi, yang mengakibatkan turunnya harga produk mereka. Dengan adanya perdagangan internasional, pengusaha dapat menjalankan mesin-mesinnya secara maksimal, dan menjual kelebihan produk tersebut keluar negeri.
  • Transfer teknologi modern
    Perdagangan luar negeri memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi yang lebih efesien dan cara-cara manajemen yang lebih modern supaya bisa dicontoh dan kemudian diterapkan dalam dunia bisnis dalam negeri yang kemudian akan menciptaan kemajuan tersendiri bagi dunia bisnis tersebut.

Selain mencapai beberapa manfaat tersebut, perdagangan internasional juga diharapkan dapat mengangkat harga diri bangsa dan masyarakatnya tentang bagaimana pasar Indonesia dapat bersaing dengan pasar luar negeri dan tidak mudah kalah dengan dinamika pasar dunia. Perdagangan internasional juga mendorong pengusaha dalam negeri untuk bekerja lebih keras agar bisa menembus pasar dunia, bukan hanya pasar lokal/nasional saja. Dorongan tersebut akan berakibat pada maksimalnya penciptaan kualitas terbaik pada produk yang diciptakan oleh pengusaha dalam negeri sehingga berkualitas pula-lah produk yang juga akan dikonsumsi/digunakan oleh masyarakat dalam negeri itu sendiri.

Selain itu, suatu negara dapat dikatakan memiliki keunggulan absolut apabila negara itu memegang monopoli dalam berproduksi dan perdagangan terhadap produk tersebut. Hal ini akan dapat dicapai kalau tidak ada negara lain yang dapat menghasilkan produk tersebut sehingga negara itu menjadi satu-satunya negara penghasil yang pada umumnya disebabkan karena kondisi alam yang dimilikinya, misalnya hasil tambang, perkebunan, kehutanan, pertanian dan sebagainya. Sehingga, hal tersebut akan berimplikasi pada peningkatan permintaan terhadap produk dalam negeri dan menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat dalam negeri dalam berbagai sektor, tidak hanya dalam sektor perdagangan saja.

Dengan kata lain, jika Anda adalah seorang pengusaha, maka akan lebih baik jika membuat target tentang bagaimana caranya produk yang anda hasilkan bisa tembus ke pasar dengan skala internasional dan menciptakan kebanggaan tersendiri bagi bangsa terutama pada sektor perdagangan/bisnis.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *