Bisnis Sampingan Untuk PNS

Pegawai negeri sipil atau PNS merupakan salah satu profesi yang paling diminati. Memiliki upah untuk memenuhi kehidupan dengan berbagai tunjangan juga jaminan pensiun saat hari tua nanti merupakan salah satu daya tarik yang dimiliki oleh profesi ini. Meskipun demikian tidak semua orang tertarik akan apa yang ditawarkan ketika menjadi PNS, karena menjadi seorang PNS dinilai tidak bisa membuat dirinya kaya raya.

PNS

Seorang PNS, meskipun bekerja dengan keras saat dikantor pendapatan yang diterimanya selalu dibatasi dengan pangkat yang dimilikinya. PNS menjadi kaya raya sekarang ini bukan suatu yang mustahil. PNS tersebut bisa membuka sebuah bisnis sampingan yang bisa dilakukannya diluar jam kerjanya. Jadi ketika PNS memulai bisnis dan berjalan lancar otomatis akan mendapat pendapatan lain selain gaji yang diterima untuk pekerjaan utamanya.

Sumber: http://portalpns.com/

Sumber: http://portalpns.com/

Alternative pekerjaan yang bisa dijalankan oleh seorang PNS yaitu:

1. Berjualan Pulsa

Berjualan pulsa merupakan usaha sampingan yang mudah dilakukan. Seorang PNS tentu memiliki banyak rekan kerja yang membutuhkan pulsa setiap saat, hal itu bisa dimanfaatkan untuk mendapat pengasilan. Apalagi jika pulsa yang dijual bisa dibeli dengan sms dulu bayar belakangan, tentu akan membuat pelanggan semakin senang.

Perlu diingat ketika berjualan pulsa dengan sistem bayar belakang anda harus tegas, jangan sampai memberikan pulsa pada orang yang susah bayar ketika ditagih, bukannya untung bisa jadi malah rugi. Sistem transaksi usaha ini tidak akan mengganggu pekerjaan sebagai PNS.

2. Membuka Bimbel

Membuka usaha bimbel atau bimbingan belajar merupakan salah satu bisnis sampingan untuk PNS yang sangat menguntungkan. Bisnis ini nyaris tidak membutuhkan modal, cukup memanfaatkan fasilitas yang ada dirumah dan modal pengetahuan yang luas saja sudah cukup. Lebih mudah lagi jika PNS tersebut memang seorang pengajar, atau menguasai keahlian tertentu misalnya mahir bermain alat music, menari, computer atau yang lainnya. Sesuai dengan apa yang dikuasai anda bisa membuka bimbel atau khursus misal khursus music atau pun tari.

3. Peternakan

Peternakan merupakan alternative lain untuk menghasilkan uang tambahan bagi seorang PNS. Banyak PNS di pedesaan yang telah menjalankan bisnis peternakan dan berhasil. Banyak pilihan ternak yang bisa dijalankan, seperti ternak ikan, ternak ayam, ternak burung, ternak itik, ternak ulat atau bahkan ternak jangkrik untuk pakan burung. Ternak tidak perlu dijaga setiap saat, jadi seorang PNS bisa dengan mudah merawatnya, atau jika perlu bisa mempekerjakan orang saat pagi atau jam kerja berlangsung dan ketika pulang dari bekerja bisa dikerjakan sendiri.

4. Fashion

Usaha fashion merupakan usaha yang tidak ada matinya. Ketika memulai bisnis ini anda bisa membukanya saat sore hari sepulang dari bekerja atau bisa buka dari pagi dengan mempekerjakan seorang karyawan. Lebih baik lagi jika menjalankan bisnis fashion ini secara online.

5. Menjadi  Blogger

Menjadi seorang bloger atau penulis merupakan pekerjaan yang dapat dikerjakan sesuka hati atau fleksibel. Usaha ini merupakan salah satu tambang uang yang tidak bisa dihiraukan. Saat menjadi seorang bloger tentu harus menguasai trik-trik dalam menghasilkan uang dari blog tersebut.

6. Rental PS dan Warnet

Membuka sebuah rental PS dan warnet merupakan usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh seorang PNS. Jam buka usaha ini bisa dimulai setelah pulang dari bekerja atau jika ingin buka dari pagi bisa minta bantuan karyawan atau keluarga yang tidak bekerja. Usaha ini bisa menjadi usaha sampingan yang sangat menguntungkan.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *