Bisnis Online Yang Menjanjikan

Bisnis merupakan bidang dimana mampu membuat anda kaya dalam sekejab atau sebaliknya. Untuk bertahan dalam dunia bisnis bukanlah perkara mudah. Apalagi jika selera pasar kian berubah seiring tren. Pada era 2000an masyarakat dunia mulai mengenal teknologi. Hampir semua memiliki handphone dengan fasilitas internet didalamnya. Hal inipun akhirnya berdampak pada bisnis di era saat ini. kemajuan teknologi yang pesat membuat para bisnisman ini mampu mengirit ongkos operasional seperti biaya pemasaran.

Keunggulan Bisnis Online

Sumber :uangteman.com

Untuk membangun bisnis berbasis online anda bahkan tak perlu menyewa bangunan untuk dijadikan toko. Pembeli juga tak perlu lagi bertatap muka dengan penjual cukup memesan barang melalui online. Tak heran jika banyak orang kini mulai merintis bisnis online.Selain keuntungan diatas ternyata bisnis online juga memiliki keunggulan lainnya yang bisa anda simak lengkapnya berikut ini :

Baca Juga:

1. Tidak Terikat Jam Kerja

Kelebihan dari bisnis online ini salah satunya ialah tidak terikat jam kerja. Ini artinya anda bisa menentukan jam kerja anda sesuai yang anda inginkan. Walau tidak terikat jam kerja pembeli bisa memesan produk yang anda tawarkan kapanpun mereka mau sebab nantinya akan diproses keesokan harinya atau saat anda sedang online.

2. Tak Butuh Bangunan Luas

Untuk tempat kerja anda bisa dilakukan dimanapun bahkan tak perlu ruangan yang luas. Anda juga bisa memakai tempat tinggal atau kamar anda untuk melakukan bisnis online. Modal penting dalam bisnis online hanyalah computer dan fasilitas internet saja. Tentunya hal ini memudahkan anda bekerja dimanapun tanpa terikat waktu dan tempat.

3. Pangsa Pasarnya Tak terbatas

Keunggulan dari bisnis online sendiri juga meliputi pangsa pasar yang luas. Berbisnis di dunia online tentu menembus ruang dan waktu. Tak hanya pangsa pasar local saja namun juga internasional. Jagan heran jika produk anda juga mampu dijual di luar negeri. Semakin luasnya pangsa pasar anda maka makin tinggi pula kemungkinan untuk menarik pembeli baru. Semakin bertambahnya pembeli maka semakin tinggi profit yang anda hasilkan dari penjualan produk.

4. Modal Tak Butuh Banyak

Untuk memulai bisnis online modal yang diperlukan tak harus hingga ratusan juta. Misalnya saja untuk menjadi seorang reseller anda hanya butuh ratusan ribu saja untuk membayar biaya internet. Anda bisa menyetok barang yang anda tawarkan sesuai dengan pesanan.

5. Bisa Menjual Apapun

Tak hanya produk baru saja yang bisa anda tawarkan namun juga barang – barang bekas yang bisa disebut sebagai barang preloved. Kini juga terdapat marketplace khusus untuk anda yang hendak menjual barang bekas seperti jualo atau bukalapak. Tak hanya barag berwujud saja yang bisa anda jual secara online namun juga produk jasa seperti layanan aplikasi tertentu.

6. Tak Perlu Latar Pendidikan Tinggi

Untuk memulai bisnis online tak harus menunggu hingga bergelar sarjana. Anda bahkan bisa merintisnya mulai dari bangku kuliah. Bisnis online tak memiliki kriteria tertentu untuk kualifikasi pendidikan dalam bidang ini. kemampuan yang dibutuhkan hanyalah mengetik dan browsing di internet. Jika anda buta teknologi untuk mempelajarinya tak butuh satu tahun lo.

7. Pekerjaan Long Term

Jika anda mulai berbisnis online tentu taka da waktu untuk takut akan di PHK. Pekerjaan dibidang ini bisa anda geluti bahkan hingga anda tua nanti. Anda bahkan punya waktu yang cukup untuk mengembangkan diri anda dalam bisnis ini. Bisnis online tak selalu tentang menjual barang, anda juga bisa melakukan trading online seperti forex maupun saham.

8. Ahlinya Mengumpulkan Profit

Salah satu biaya terbesar dalam bisnis selain biaya produksi tentu saja biaya pemasaran. Jika pemasaran tidak dilakukan dengan baik maka penjualanpun juga tidak akan berada dalam kondisi yang baik. Jika anda terjun dalam bisnis online tak perlu khawatir dengan biaya pemasaran yang perlu anda tanggung. Anda bisa mengiklankan produk anda secara gratis di beberapa marketplace seperti tokopedia, lazada atau bibli. Dengan menekan biaya pemasaran tentunya anda mampu mendapatkan profit yang lebih tinggi pula.

Kelemahan Bisnis Online

Walaupun memiliki banyak sekali kelebihan namun bisnis online ini juga memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :

a. Tak Semua Tempat Punya Internet

Indonesia dikenal sebagai negara dengan banyak pulau dan masih digolongkan dalam negara berkembang. Untuk fasilitas internet sendiri masih belum merata hingga ke pelosok nusantara. Masih ada beberapa tempat yang bahkan tidak tersentuh listrik. Kesenjangan ini membuat beberapa orang tidak bisa merintis bisnis online seperti yang dilakukan di kota – kota besar.

b. Penipuan Online

Bisnis online juga marak tindak kejahatan seperti penipuan online. Akses yang mudah membuat beberapa orang memanfaatkannya untuk tindakan yang tidak benar. Anda sebagai penjual mapun konsumen pun harus hati – hati dan lebih cermat dalam berbelanja maupun berinvestasi. Jangan mudah percaya akan rayuan yang tak mendasar. Apapun bisnis yang akan dilakukan tentu perlu kehati – hatian dalam menjalankannya.

c. Persaingan Tinggi

Kelemahan lain dari bisnis online ini ialah persaingan yang cukup tinggi. Penting untuk anda memiliki karakter atau sesuatu yang bisa menjadi ciri khas dari toko anda. Hal ini akan membuat bisnis yang dijalankan mudah dikenal dan bertahan. Semua bisnis itu mudah untuk memulai tapi sulit untuk mempertahankannya.

d. Selera Pasar Mudah Berubah

Dunia online rentan akan perubahan bahkan perubahan ini bisa dalam hitungan detik atau menit. Ketika terjun di bisnis ini anda dituntut untuk mampu mengikuti tren yang ada. Sebagai contohnya saja jika dahulu banyak yang melakukan campaign promotion hanya pada jejaring social Facebook saja kini tak sedikit pula yang melakukan promosi melalui vlog.

e. Jarang Tersentuh hokum

Walau sudah ada undang – undang ITE yang mampu melindungi konsumen dari penipuan online namun masih sedikit korban yang mau melaporkannya. Apalagi jika anda tinggal di kota kecil untuk melakukan penyelidikan seperti pada kejahatan cybercrime, fasilitasnya belum memadai sehingga banyak orang enggan melapor dan membiarkannya begitu saja.

Bisnis Online Menjanjikan

Apapun bisnis yang anda jalankan kelemahan tentu masih bisa anda temukan. Di dunia ini taka da bisnis yang benar – benar sempurna selalu ada perbaikan disana – sini karena kebutuhan manusia berubah – ubah. Bagi anda yang berniat untuk terjun ke bisnis online tak perlu ragu selagi anda memiliki waktu dan minat. Berikut beberapa bisnis online yang menjanjikan dan bisa anda jadikan bahan pertimbangan anda :

a. Dropshipper

Bagi anda ibu rumah tangga atau mahasiswa ingin berbisnis online namun takut akan mengganggu waktu anda bisa mencoba menjadi dropshipper. Dropshipper adalah bisnis menjual barang orang lain sehingga anda tak perlu menyetok jika tidak ada pesanan. Barang yang ditawarpun bervariasi mulai dari aksesoris, pakaian, sepatu dan masih banyak lagi lainnya. Modal yang dibutuhkan juga tidak besar yang utama hanya anda perlu banyak beriklan di jejaring social anda agar produk yang anda tawarkan segera dikenal public.

Ada beberapa cara untuk memperkenalkan produk yang anda tawarkan seperti membuat event giveaway. Terkadang untuk mendapatkan keuntungan anda perlu berkorban terlebih dahulu. Gunakan pula foto yang menarik dan jelas sehingga calon pembeli tertarik untuk melihat produk yang anda tawarkan. Jika anda memposting produk yang anda tawarkan melalui social media seperti instagram maka pastikan untuk menggunakan hashtag.

b. Youtuber

Bagi yang suka sekali membuat video kini saatnya menguangkan video yang anda buat. Beberapa orang memilih untuk menjadi seorang youtuber bukan hanya karena sangat menyenangkan namun juga menguntungkan. Pendapatan youtuber berasal dari video yang mereka buat dan dibayar berdasarkan jumlah view dan subscription yang dihasilkan. Beberapa youtuber yang terkenal ialah bayu skak, last production dan Raditya Dika. Untuk menjadi seorang youtuber anda butuh ide segar, kamera dan computer untuk editing.Untuk membuat video yang berkualitas ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut ini:

Perhatikan audio dan kualitas videonya – kualitas video tentu sangat penting agar viewer bisa menikmati video anda dengan nyaman. Audio juga harus jelas sehingga paham akan maksud yang disampaikan oleh anda.

Konsisten dan ide menjadi youtuber yang sukses tentu perlu usaha dan tidak bisa dibilang mudah. Perlu konsistensi akan karya yang dihasilkan. Jangan lupa untuk membuat jadwal otomatis jika anda takut tidak punya cukup waktu untuk posting dan merupakan salah satu cara menarik penonton setia anda. Selalu berikan ide yang segar, baru dan original agar video anda tak dinilai membosankan.

Branding – untuk melindungi karya anda agar tidak disalah gunakan orang yang tak bertanggung jawab maka cantumkan branding. Hal ini dilakukan untuk melindungi karya video yang anda buat.

Jangan lupakan penonton – sesekali anda juga perlu menanggapi komentar dari viewer anda. Kritik dan saran yang mereka berikan siapa tahu mampu membuat video yang anda hasilkan kedepannya lebih baik lagi ketimbang sebelumnya.
Share – ingin video anda cepat menjadi viral maka share lah dalam akun media social anda. Rajin – rajinlah untuk berbagi video anda dalam grup atau komunitas online yang anda miliki.

c. Content Writer

Bagi yag gemar menulis bisa menjajali sebagai content writer. Imbas dari banyaknya toko online maka untuk membuat pengunjung toko online tersebut agar tidak bosan biasanya disediakan beberapa artikel. Penghasilan sebagai content writer juga tak bisa dipandang sebelah mata lo! Jika anda cukup dikenal fee yang didapatkan bisa sepadan atau lebih dari penghasilan tidak kena pajak yang ditetapkan oleh Dirjen Pajak. Kini juga terdapat platform yang mempertemukan antara client dan content writer. Anda bisa join dengan sribulancer.com , upwork.com, atau projects.co.id

d. Affliate Marketing

Bisnis ini memiliki konsep untuk mempromosikan atau merekomendasikan produk orang lain. Anda akan mendapatkan komisi dari customer yang membeli barang yang anda rekomendasikan tadi. Ada beberapa keuntungan jika anda memilih untuk berbisnis ini yakni:

1. Tak butuh karyawan banyak

Keunggulan dari Affliate Marketing ialah anda tak butuh karyawan yang banyak sebab anda tak perlu melakukan pengiriman barang, proses order, stok bahkan customer service.

2. Modal Awal Rendah

Untuk menjadi seorang affiliate marketer anda hanya butuh koneksi internet, computer dan beberapa software saja. Jika seorang distributor perlu membayar lisensi maka untuk program affiliate marketing ini malah sebaliknya. Anda gratis bergabung dan memiliki pangsa pasar tak terbatas wilayah.

3. Kecil Resikonya

Keunggulan dari bisnis ini juga kecil resiko kerugian yang anda hadapi. Jika anda tak mendapatkan income dari sebuah produk maka cukup ganti dengan produk lain yang dinilai lebih menghasilkan. Tak khayal jika pendapatan yang dihasilkan bisa sampai miliyaran rupiah.

e. Kursus Online

Berkat teknologi saat ini untuk membuka sebuah kursus tak perlu hingga menyewa bangunan. Anda bahkan bisa membuat kursus online sendiri yang bisa diakses oleh murid anda dimanapun mereka berada. Keunggulan dari kursus online ini diantaanya ialah menghemat biaya perjalanan anda, semua materi anda tersimpan rapi dan bisa diikuti hingga keluar negeri. Waktu dan tempatnyapun cukup fleksibel serta modalnya cukup koneksi internet dan computer.

f. Virtual Asistant

Satu lagi bisnis online yang menjanjikan ialah virtual assistant. Seperti namanya bisnis ini merupakan bergerak dibidang jasa yang mana menyediakan asisten pribadi berbasis online. Jika anda merasa mampu membangun start up dengan menyediakan jasa virtual assistant tentu akan sangat berguna sekali di era super canggih seperti ini. membangun sebuah start up bisa jadi salah satu jalan menuju kesuksesan anda. Virtual assistant biasanya melayani pembelian tiket pesawat, mencatat agenda anda, memanajemen media social, entry data dan banyak sekali lainnya.

Pebisnis Online Sukses

Itulah tadi beberapa bisnis online yang menjanjikan yang bisa menjadi referensi anda. Jika dirasa belum memotivasi anda untuk merintis bisnis online maka berikut beberapa pebisnis online inspiratif. Pebisnis online ini sukses dan yang paling membuat bangga ialah mereka berasal dari negeri kita sendiri. Penasara? Simak lengkapnya dibawah ini ya :

1. Hendrik Tio

Sudah pernah menggunakan Bhinneka.com? apakah anda tahu jika pendirinya bernama Hendrik Tio yang telah mendirikan toko online ini sejak tahun 1999. Web ecommerce terbesar di Indonesia ini digadang – gadang mampu menghasilkan omzet hingga 60 miliar padahal awal mula modalnya hanya sekitar Rp. 100 juta rupiah saja. Kelebihan Bhinneka dibandingkan dengan ecommerce lainnya ialah terdapat sistem tawar menawar yang disediakan untuk pembeli. Selain itu awal mula dirintis Hendrik gencar mempromosikan situsnya melalui google sehingga dengan cepat diterima oleh netizen.

2. Andrew Darwis

Muda dan bertalenta begitulah image yang tersemat pada Andrew Darwis. Ia merupakan pendiri kaskus yang merupakan website komunitas terbesar di Indonesia. Putra kedua dari empat bersaudara ini pernah tinggal di Amerika Serikat. Anda mungkin tak percaya bila sebelum kaskus sukses seperti sekarang ini, Andrew pernah bekerja sebagai pengiris tomat, tukang fotokopi hingga kasir. Perjuangannya dahulu kini telah berbuah hasil dan dinikmatinya saat ini.

3. Habibie Afsyah

Jangan pernah meremehkan para difabel begitu sekiranya yang bisa kita tangkap dari sosok Habibie. Kesuksesan tak pernah pandang bulu, ia diraih oleh siapapun yang mau berusaha. Walau Habibie memiliki keterbatasan fisik namun ia mampu membuktikan sukses seperti yang lain. Berkat berafiliasi dengan Amazon bisnis onlinenya pun berhasil bahkan ia memiliki produk kuliner unik yang diberi nama Mbah Sukun. Selain sibuk dengan bisnisnya ia juga kerap diundang sebagai pembicara di berbagai seminar bisnis.

Nah, mereka saja mampu sukses bagaimana dengan anda? Yuk ikutan berbisnis online seperti mereka.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *