Bisnis Menjanjikan Untuk Guru

Menjadi seorang guru bukan berarti Anda hanya bisa mendapatkan pemasukan dari gaji bulanan sekolah. Dengan berbagai kelebihan memiliki ‘otak encer’, maka ada banyak peluang usaha yang bisa dilakukan guru untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Meski begitu, ada juga jenis usaha yang mengandalkan tenaga yang cocok dilakukan untuk para guru.

etika tempat kerja

Bisnis Guru

1. Dari Hobi Jadi “Money”

Guru pastilah harus banyak membaca, mulai dari materi pelajaran sekolah sampai pada membaca informasi tentang pengetahuan umum. Bahkan banyak dari mereka yang juga pecinta novel. Jika Anda berminat menulis buku, semakin banyak cetakan buku yang diterbitkan, maka semakin banyak pula fee yang didapat.

2. Guru Privat

Les privat bisa menjadi jawaban untuk mendapatkan uang tambahan. Kalau dipikir-pikir, Anda tidak membutuhkan modal satu rupiah pun. Anda hanya perlu mengandalkan otak untuk menjadi guru privat. Terlebih lagi Anda telah menguasai dengan sangat baik materi yang biasa diajarkan ke para murid di sekolah. Sepulang sekolah, Anda menjadi guru privat dengan materi yang sama di jam sekolah, namun mendapat uang tambahan dari les privat.

Anda juga bisa menentukan jumlah biaya dari les privat. Jika harganya terjangkau, maka akan banyak murid yang ikut. Atau Anda mau les privat untuk murid di luar sekolah dengan status ekonomi menengah ke atas, sehingga harga untuk les privat bisa dibuat agak tinggi. Apalagi ketika orangtua sudah melihat hasilnya langsung kepada anaknya yang semakin pintar, maka jasa les privat Anda akan semakin banyak peminatnya.

3. Pakaian & Perlengkapan Sekolah

Pakaian & perlengkapan sekolah adalah salah satu kebutuhan utama di dunia pendidikan di Indonesia, yang rata-rata memakai seragam sekolah. Cermati hal ini untuk dijadikan peluang usaha. Pakaian sekolah di sini juga termasuk dengan aksesoris sekolah seperti topi, kaus kaki, dasi, ikat pinggang.

 

Usahakan Anda mencari grosiran sehingga bisa menjualnya dengan harga miring. Anda dapat bekerjasama dengan koperasi sekolah untuk penjualannya atau bisa menjualnya langsung ke murid karena murid pasti membutuhkan seragam sekolah lebih dari satu.

4. Titip Jual Karya ke Koperasi Sekolah

Ini juga merupakan jalan lain bagi Anda yang memiliki hobi tertentu. Jadikan hobi yang menghasilkan uang. Jika Anda hobi membuat aksesoris menggemaskan yang sekiranya disukai anak sekolah, jangan ragu untuk menitipkannya di koperasi sekolah. Misalkan ikat rambut, gantungan kunci. Namanya usaha dengan menitipkan produk, maka Anda tidak akan dibebankan dengan biaya sewa tempat per bulan. Justru Anda akan mendapatkan pemasukan per hari.

5. Manfaatkan Hobi Kuliner di Sekolah

Jika Anda guru yang hobi memasak di rumah, manfaatkan hobi ini untuk berkembang menjadi usaha kuliner. Cara yang bisa diambil yaitu dengan menyewa tempat di kantin sekolah dan mempekerjakan karyawan. Pilihan lain bagi Anda yang memiliki budget terbatas, bisa dengan sistem titip jual ke kantin. Bisa berupa jajanan seperti lontong, gorengan, kue pasar. Bisa juga dengan menempatkan makanan di plastik mika seperti nasi kuning, nasi uduk, mie goreng, nasi goreng.

6. Franchise di Sekolah

Bagi Anda yang memiliki modal cukup untuk membeli franchise, silakan mencobanya dengan membuka franchise di kantin sekolah. Kelebihannya, Anda tidak perlu lagi mencari pasar karena para murid yang berjumlah ratusan hingga ribuan sudah menjadi konsumen. Keuntungan lainnya yaitu pihak franchiser yang mengelola semuanya mulai dari karyawan dan bahan-bahan jualan.

Dari sekian banyak peluang bisnis yang baru saja dijelaskan, semoga bisa membantu Anda menentukan pilihan. Kalau guru juga bisa sekaligus menjadi pebisnis, cobalah menjadi salah satu dari mereka.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *