Bisnis Makelar Tanah

Bisnis Makelar Tanah – Bisnis properti adalah salah satu bisnis yang sedang hits beberapa tahun belakangan ini. Salah satu faktor yang membuat bisnis ini menjadi primadona adalah potensi keuntungan yang besar dan bahkan Anda bisa menjalankannya tanpa atau menggunakan modal. Faktanya ada beberapa bisnis lain yang bisa dibilang masuk dalam bisnis properti yaitu bisnis makelar tanah. Jual beli tanah akan selalu berkaitan dengan jual beli properti bukan?

Bisnis Makelar Tanah

bisnis makelar tanah

Sumber: www.herisetiabudi.com

Sama halnya dengan bisnis properti, bisnis makelar tanah ini sama-sama memiliki potensi keuntungan yang cukup besar.  Sesuai dengan namanya yaitu makelar tanah, pekerjaan ini mengharuskan Anda untuk menjembatani kedua belah pihak yang akan melakukan jual beli tanah. Bagi beberapa orang, pekerjaan sebagai makelar tanah ini tidaklah sulit dan terkesan sama saja dengan jual beli barang lainnya. Benarkah opini ini? Yuk kita simak ulasannya berikut ini:

Baca Juga:

  1. Keuntungan Besar

Salah satu faktor utama yang membuat bisnis makelar tanah begitu menarik adalah potensi keuntungan yang besar. Dalam sekali transaksi jual beli tanah, seorang makelar bisa mendapat keuntungan dengan nilai jutaan lho. Tapi Anda juga perlu mengingat bahwa tidak setiap hari juga seorang makelar bisa menjual tanah. Berbeda dengan barang-barang seperti sembako yang laku setiap hari, jual beli tanah tidak memiliki waktu pasti kapan bisa terjual.  Semuanya bergantung pada kemampuan Anda mencari calon pembeli, kondisi tanah yang akan dijual, harga tanah dan juga kemampuan Anda untuk mempengaruhi calon pembeli.

  1. Potensi Kerugian Juga Ada

Di samping keuntungan besar yang kemungkinan bisa Anda peroleh, Anda juga harus menyadari bahwa ada resiko kerugian yang harus dihadapi. Jika sedikit saja Anda tergelincir maka Anda bisa saja kehilangan modal yang sudah ditanam. Karena itulah dalam bisnis makelar tanah, penting bagi Anda untuk bisa membaca karakteristik orang lain dan juga membaca peluang yang ada. Faktanya bisnis makelar tanah juga dihuno oleh orang-orang yang tidak jujur dan tidak bertanggung jawab.

  1. Bisa Memulai Dengan Modal Besar, Modal Kecil atau Tanpa Modal

Mayoritas orang berpikir bahwa bisnis makelar tanah hanya bisa dijalankan dengan modal besar saja. Tapi faktanya Anda tetap bisa menjalankan bisnis ini dengan modal besar, modal kecil ataupun tanpa modal lho. Seriusan? Anda tidak percaya? Tenang kita akan mengulas mengenai bisnis makelar tanah hanya dengan modal kecil ataupun tanpa modal di artikel-artikel selanjutnya.

Nah khusus untuk Anda yang ingin berada di jalur regular yaitu memulai bisnis ini dengan modal yang cukup maka Anda bisa memafaatkan pinjaman modal usaha dari bank. Untuk merangsang pertumbuhan ekonomi di Indonesia, saat ini bank-bank mulai bekerja dengan penawaran terbaik untuk pinjaman modal usaha. Anda bisa memanfaatkan pinjaman ini untuk memulai dan mengembangkan bisnis makelar tanah Anda.

FYI, salah satu hal vital yang harus Anda ingat saat akan memulai usaha ini adalah pengetahuan yang Anda miliki. Ingat bahwa di bisnis ini Anda berhubungan dengan tanah sebagai obyek yang memiliki harga cukup tinggi. Pastikan Anda paham dan tahu mengenai harga tanah terbaru ya. Selalu update harga tanah agar Anda terhindar dari kerugian saat bertransaksi.

Ini benar-benar penting karena berhubungan dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan nantinya. Jangan sampai salah menyebut harga atau nanti akhirnya bukan keuntungan tapi kerugian yang akan Anda bawa pulang. Salah penyebutan harga tanah juga bisa membuat kredibilitas Anda sebagai makelar tanah jatuh lho ya. Bisa-bisa calon pembeli kehilangan kepercayaannya pada Anda dan lebih memilih untuk mundur sebelum transaksi diselesaikan. Semoga sukses..

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *