Bisnis Kreatif dari Dunia Pendidikan

Anda bisa menciptakan berbagai peluang usaha dari dunia pendidikan. Bisnis dibidang pendidikan bukanlah hal yang baru. Berbagai kebutuhan baik jasa maupun barang dibutuhkan dari bidang ini. Pangsa pasar didunia pendidikan juga luas, bukan hanya siswa tapi juga guru, karyawan dan masyarakat umum. Anda bisa menemukan berbagai peluang bisnis kreatif di dunia pendidikan yang cukup menjanjikan.

Bisnis Di Dunia Pendidikan

Dibawah ini ada beberapa contoh bisnis kreatif dari dunia pendidikan yang bisa anda jadikan sumber inspirasi.

Sumber::http://cdn-2.tstatic.net/

Sumber::http://cdn-2.tstatic.net/

1. Membuka Bimbingan

Belajar Murid seringkali membutuhkan waktu ekstra untuk belajar selain di sekolah. Masalah lainnya ketika orangtua tidak memiliki waktu atau tidak bisa mengajari anak dirumah. Anda bisa menggunakan peluang ini untuk membuka bimbingan belajar. Anda bisa menentukan ingin memiliki banyak murid atau les privat untuk beberapa murid. Anda juga bisa mengatur sendiri waktumu untuk bimbingan belajar, sehingga bisnis ini tidak akan mengganggu kegiatanmu yang lain.

2. Berjualan Stationery Dan Seragam

Pendidikan tidak dapat dipisahkan dari berbagai perlengkapannya seperti alat tulis dan seragam. Anda bisa berjualan stationery, seragam dan berbagai kebutuhan sekolah lainnya. Pada saat kenaikan kelas atau awal pelajaran baru dijamin bisnis ini akan laris manis karena ada banyaknya kebutuhan siswa. Perlengkapan sekolah ini juga akan dibeli pada hari biasa bukan hanya pada musim tertentu. Guru dan karyawan juga akan membutuhkan berbagai perlengkapan ini, sehingga bisnis memiliki pangsa pasar yang cukup luas.

3. Bisnis Rental Komputer Sekaligus Pengetikan

Siswa atau mahasiswa seringkali mendapatkan berbagai tugas dari sekolah atau kuliah. Tugas-tugas ini biasanya memerlukan perangkat komputer dalam pengerjaannya. Mensiasati hal tersebut anda bisa membuka bisnis rental komputer. Pelanggan akan membayar perjam dari pemakaian komputer. Anda juga bisa membuka jasa pengetikan, terlebih ada beberapa orang yang belum mengerti cara kerja komputer atau tidak memiliki waktu untuk mengetik teks yang panjang. Ketika belum ada pelanggan rental komputer anda tetap bisa mendapat penghasilan lewat pengetikan. Anda bisa menyediakan jasa pengetikan mulai dari undangan hingga berbagai pengetikan tugas mahasiswa.

4. Antar Jemput Siswa

Bisnis selanjutnya yang bisa anda coba adalah bisnis antar jemput siswa. Orangtua yang tidak bisa mengantar jemput anak dan khawatir akan keamanan anaknya tentu akan menyambut bisnis ini. Orangtua dan siswa mendapat kemudahan, mereka cukup menunggu dirumah untuk dijemput ke sekolah. Orangtua juga cukup menunggu anaknya pulang kerumah dengan diantar oleh jasamu saat siang atau sore hari. Anda tentunya juga untung karena jam kerja anda cukup pendek yaitu saat jam masuk sekolah dan jam pulang sekolah.

5. Jasa Penerjemah

Tugas-tugas sekolah terkadang menggunakan referensi berbahasa asing. Murid atau mahasiswa yang belum menguasai bahasa asing tentu akan kesulitan untuk mengerjakan tugas. Anda bisa menyediakan jasa penerjemah untuk mengatasi masalah murid atau mahasiswa tersebut. Anda bisa mengerjakan bisnis ini disela-sela waktu kosong. Penghitungan jasa ini biasanya per lembar yang dikerjakan. Bisnis ini selain praktis juga memiliki hasil yang cukup menjanjikan.

6. Kursus Bahasa Asing

Kemampuan berbahasa asing sangat dibutuhkan untuk melamar kerja, disekolahpun kemampuan ini cukup penting. Jika anda memiliki kemampuan yang bagus dalam berbahasa asing, bisnis kursus bahasa asing bisa anda coba. Kebutuhan masyarakat untuk menguasai bahasa asing cukup besar sehingga bisnis ini sangat menjanjikan untuk dijalankan. Anda bisa mengajak beberapa teman untuk berpartisipasi dalam membuka bisnis dan menjadi tenaga pengajar. Bisnis ini tidak memerlukan peralatan dan perlengkapan yang rumit, hanya membutuhkan keterampilanmu dalam berbahasa asing.  

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *