Bisnis Jual Beli Sapi

Jika Anda suatu waktu bermain ke tempat saudara/teman yang kebetulan terletak di perkampungan dan ternyata teman Anda memiliki bisnis jual beli sapi, lalu melihat bagaimana regulasi dari bisnis Anda tersebut terlihat menggiurkan sehingga membuat Anda ingin memiliki juga bisnis yang serupa. Dan kebetulan juga Anda memiliki dana yang pantas untuk digulirkan sebagai usaha, maka gampang bagi Anda untuk memiliki bisnis jual beli sapi seperti yang Anda inginkan.

Alternatifnya adalah, jika Anda adalah orang yang merasa akan kerepotan ketika harus mengurus sapi-sapi Anda, maka Anda bisa mengadakan kerja sama dengan teman/kenalan Anda yang telah memiliki bisnis jual beli sapi sebelumnya. Bisa dibilang, bentuknya seperti investasi. Anda hanya perlu menyetorkan uang Anda, biar rekan Anda yang mengurus sapi-sapi Anda natinya. Maka Anda hanya akan menerima hasil dari ekspansi bisnis yang berasal dari dana yang Anda gulirkan. Atur kerja sama ini se-profesional dan seadil mungkin. Meskipun hubungan Anda dengan orang tersebut sangat dekat. Karena bisnis yang notabenenya berhubungan sangat dekat dengan uang mampu merenggangkan hubungan siapa saja jika tidak terdapat penyelesaian masalah yang profesional dan telah diatur sebelum kerja sama dimulai.

Atau, jika Anda benar-benar tertarik untuk terjun ke dunia bisnis jual beli sapi secara langsung tetapi belum memiliki pengalaman sebelumnya, maka disarankan Anda dibimbing oleh seorang yang memang ahli dalam bidang bisnis peternakan. Jika Anda memiliki teman/saudara yang mengerti hal tersebut itu akan lebih baik bagi Anda. Karena bisnis jual beli sapi itu tidaklah mudah. Selain membutuhkan modal yang tidak sedikit, bisnis ini juga memiliki keunikan dimana pengeloa bisnis tidak hanya harus mengerti sektor bisnis, harus pula mengerti persoalan merawat sapi.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis jual beli sapi yang Saya dapatkan dari projek terakhir mengenai perhitungan kelayakan usaha jual beli sapi di Kabupaten Garut :

  • Tentukan terlebih dahulu Anda tertarik menjadi seorang yang benar-benar menyediakan sapi / bandar atau mau mencoba-coba sebagai retailer. Jika sebagai retailer, maka Anda hanya membutuhkan rekan kerja sebagai bandar yang nantinya menyediakan permintaan Anda dan rekan kerja sebagai pembeli tetap Anda nantinya dengan harga yang disetujui sebelumnya.
  • Tentukan pula Anda akan bisnis jual beli dengan jenis sapi apa. Apakah sapi perah : yang berarti Anda akan membeli sapi yang siap diperah, ataukah sapi daging yang berarti Anda bisa saja membeli bibit sapi/anak dari sapi yang berarti kita harus merawatnya hingga dewasa dan mengawinkannya hingga ternak semakin banyak dalam kurun waktu tertentu hingga layak untuk dijual.
  • Jika memilih menjadi sebagai bandar, banyak faktor yang harus diperhatikan. Seperti lokasi yang tidak bisa disembarang tempat karena akan berpengaruh terhadap kualitas daging yang dihasilkan oleh sapi-sapi tersebut (untuk sapi jenis pedaging), selain lokasi ada juga faktor kualitas pakan ternak, pekerja ternak yang harus mengerti cara mengurus/merawat sapi agar sapi tidak stres karena jika sapi merasa stress juga akan berpengaruh terhadap kualitas daging, kualitas air, hingga memikirkan bagaimana caranya agar limbah dari sapi tidak menimbulkan masalah di masyarakat sekitar.
  • Bisnis jual beli sapi ini apalagi sapi pedaging membutuhkan waktu yang tidak singkat dan membutuhkan ketelatenan ketika merawatnya apalagi jika pertama kali dilakukan. Tetapi jika telah berjalan bisnis ini memang sangat menggiurkan karena akan mendatangkan keuntungan yang hampir mencapai 40% apalagi jika seluruh bagian dari sapi bisa diolah sedemikian rupa menjadi sebuah produk, karena sapi tidak hanya mendatangkan daging, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada skema berikut ini :

Untitled

 

 

Tertarik untuk bisnis jual beli sapi? Jika Anda belum yakin, silakan datangi Dinas terkait seperti Dinas Peternakan di lokasi terdekat untuk mendapat penjelasan yang lebih baik dan lebih pasti lagi.

|

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *