Bisnis Franchise Rumah Makan Padang Sederhana

Jika anda penggemar masakan padang, tentu anda sudah tidak asing dengan restoran padang sederhana. Rumah makan ini terkenal dengan rasa masakannya yang enak dengan resep yang telah teruji sejak tahun 1973, selain itu bentuk restoran yang unik menyerupai rumah tradisional Minangkabau atau rumah Gadang.Tahukah anda bahwa rumah makan padang sederhana memiliki sejarah yang panjang yang dimulai hanya dari warung kecil. Saat ini RM Sederhana telah mempunyai lebih dari 100 cabang baik didalam maupun luar negeri. Rumah makan ini sekarang dibawah naungan PT. Sederhana Citra Mandiri. Perintis rumah makan sederhana bernama H. Bustaman yang lahir di Tanah Datar, Sumatera Barat. Sudah menjadi budaya minang untuk keluar dari kampung halaman.

Ketika itu Bustaman hanyalah lulusan kelas dua sekolah rakyat mengadu nasib untuk bekerja apa saja di Jambi. Bustaman mengerjakan semua yang dapat dia kerjakan mulai dari bekerja di kebun karet, menjual koran hingga mencuci piring di sebuah rumah makan. Bustaman memulai usaha hanya sebagai pedagang asongan, kemudian sekitar tahun 1972 membuka warung makan padang. Awalnya warung Bustaman sepi pembeli, hingga suatu ketika Bustaman berkenalan dengan seorang pedagang masakan lain yang berasal dari Solok, Sumatera. Bustaman mencicipi masakan pedagang tersebut yang ternyata enak dan memberanikan diri untuk meminta resep. Bermodal resep yang telah ia dapatkan, warung makan yang didirikan Bustaman mulai ramai kedatangan pembeli.

Baca Juga:

rm-sederhana-di-padang

Rumah Makan

Cerita tersebut merupakan sekilas peristiwa saat Bustaman memulai bisnis rumah makan padang sederhana. Berbagai kendala dan halangan telah dialami oleh Bustaman, mulai dari kehilangan lapak, tempat tinggal terbakar dan banyak hal yang membuat usaha Bustaman pasang surut. Bustaman berkali kali telah melakukan inovasi resep sehingga kini tidak heran bila banyak sekali pelanggan yang berdatangan ke RM Sederhana karena ketagihan rasa masakan padang yang dihidangkan.

Kebiasaan melakukan inovasi berasal dari filosofi yang dianut Bustaman “pikirkan dan kerjakan, kerjakan dan terus pikirkan. ” Ada cerita menarik dibalik nama Rumah Makan Padang Sederhana, ternyata nama tersebut diambil dari nama restoran tempat Bustaman dulu bekerja sebagai pencuci piring di Jambi. Istrinya yang telah menyarankan nama tersebut, karena nama tersebut mudah diingat. Pada tahun 1997, Bustaman mematenkan RM Sederhana sebagai nama dagang logo rumah Gadang dengan tulisan SA.

Anda ternyata juga dapat memulai bisnis anda dengan membuka bisnis franchise rumah makan padang sederhana. Rasa yang telah terjamin serta nama rumah makan sederhana yang telah terkenal akan menguntungkan bagi anda. Sistem Franchise yang ditawarkan RM Sederhana adalah investor memberikan modal, sedangkan manajeman akan dilakukan oleh PT. Sederhana Citra Mandiri (SCM). Manajemen memang dilakukan pihak SCM namun dalam hal keuangan ada otoritas sendiri atau bersifat pribadi, termasuk dalam pembelian bahan baku. PT. Sederhana Citra Mandiri bertugas untuk mensuplai tenaga kerja, seperti juru masak yang terlatih.

Perhitungan pembagian hasil antara PT. Sederhana Citra Mandiri dengan investor akan dilakukan saat kontrak kerjasama dilakukan. Jika anda tertarik untuk memulai franchise RM Sederhana, anda perlu mempertimbangkan kembali lokasi usaha yang akan digunakan. Anda perlu memilih lokasi yang strategis sebab pihak SCM juga akan mempelajari lokasi usaha anda. Jika kurang sesuai ada kemungkinan PT. Sederhana Citra Mandiri akan meninjau kembali proposal anda. Kunci sukses RM Sederhana dapat dikatakan simple. Pemilik atau pengusaha rumah makan harus dapat memasak sehingga kalaupun juru masak dibajak oleh restoralan lain, pengusaha dapat mengajarkan masak kepada juru masak yang baru. Pemilik juga harus mengetahui segala seluk beluk rumah makan, mulai dari hal terkecil seperti cuci piring, berjualan dan lain sebagainya.

 

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *