Bisnis budidaya jamur

Apakah anda salah satu penggemar jamur? Saat ini ada banyak pilihan jamur yang beredar dipasaran. Ada jamur tiram yang berwarna putih, jamur kuping, jamur kancing dan masih banyak lagi. Jamur dapat menjadi salah satu sayuran pengganti daging bagi vegetarian. Tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih membuat jamur dapat diolah menjadi berbagai sajian makanan. Jamur juga mengandung banyak nutrisi. Didalam jamur terdapat protein, serat, vitamin C, vitamin D, vitamin B3, B12, folat dan masih banyak lagi. Jamur dapat menurunkan kolesterol karena kandungan protein non lemak yang dimiliki. Jamur juga baik bagi penderita diabetes karena dapat dijadikan makanan diet rendah energy dan masih banyak manfaat lain pada jamur. Selain rasanya yang enak, jamur juga bermanfaat bagi tubuh. Tidak heran bila jamur tak pernah kehabisan peminat. Dilihat dari peminat jamur yang tak pernah suruh membuat budidaya jamur cocok dijadikan usaha. Budidaya jamur juga memiliki beberapa keunggulan antara lain

Ulasan cara budidaya jamur tiram 1

Baca Juga:

Budidaya Jamur

1. Dari segi perawatan.

Perawatan jamur relatif mudah dan tidak sulit serta dapat dilakukan oleh siapa saja. Jamur juga dapat tumbuh dalam berbagai musim, karena budidaya jamur dilakukan didalam kumbung yang tertutup.

2. Dari segi biaya.

Biaya untuk perawatan relatif murah, anda dapat memulai budidaya jamur dari modal yang kecil. Bahan baku untuk budidaya jamur juga murah. Peralatan yang dibutuhkan juga tidak banyak bahkan tidak membutuhkan alat pertanian pada umumnya seperti cangkulanda juga tidak direpotkan untuk mengeluarkan biaya tambahan dengan usaha ini

3. Dari segi kebutuhan lahan.

Budidaya jamur juga tak membutuhkan lahan yang luas, anda dapat membudidayakan jamur dilahan yang sempit, tergantung bagaimana anda menyiasatinya.

4. Dari segi produksi.

Anda bisa memanen jamur tiap hari sehingga aka nada uang yang mengalir setiap hari. Selain itu anda bisa juga mengolah jamur menjadi makanan jadi, misalkan jamur krispi, nasi kepal isi jamur dan lain sebagainya sehingga anda dapat menjual jamur dalam kondisi mentah ataupun matang

5. Dari segi harga jual.

Harga jual jamur relatif stabil, berbeda dengan sayuran lain. Dilihat dari berbagai keunggulannya, budidaya jamur tentu dapat menjadi bisnis yang menjanjikan. Jika anda telah berpikir untuk menjadikan budidaya jamur sebagai usaha ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan

1. Tentukan jamur yang akan dibudidayakan

Tentukan jamur apa yang ingin anda budidayakan. Apakah anda ingin membudayakan jamur tiram, jamur kancing, jamur kuping atau berbagai jenis jamur lain. Jamur yang berbeda tentu memiliki perawatan yang berbeda.

2. Persiapan budidaya jamur

– Lahan atau area yang akan digunakan sebagai kumbung (tempat khusus untuk menyimpan jamur).

– Media tanam. Jamur merupakan salah satu tanaman heteotrof, dimana tanaman heteotrof tidak dapat membuat makanannya sendiri. Anda akan membutuhkan dedak halus atau bekatul untuk menjadi makanan jamur. Anda juga tentu memerlukan pupuk. Selain itu anda memerlukan serbuk gergaji, kapur dan air.

– Perlengkapan dan peralatan Peralatan yang dibutuhkan meliputi alat sterilisasi, sekop dan ayakan sementara perlengkapan yang dibutuhkan antara lain plastik, cicin, kertas dan karet gelang. Perlengkapan dapat berubah tergantung jenis jamur yang anda budidayakan.

3. Ikuti pelatihan budidaya jamur

Pelatihan tentu akan sangat berguna, anda akan mendapatkan informasi mengenai komposisi media tanam yang tepat dan informasi lain mengenai hama dan penyakit pada jamur. Dengan mengikuti pelatihan anda tidak hanya mendapatkan ilmu mengenai budidaya jamur namun juga mendapatkan informasi untuk mendapatkan alat dan perlengkapan yang anda butuhkan.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *