Bisnis Agensi Penyedia Pekerja Rumah Tangga

Terdengar tidak asing, namun tidak terdengan populer juga. Maka dari itu, bisnis agensi yang menyediakan jasa pekerja rumah tangga ini merupakan bisnis yang memiliki peluang lebih besar dibanding bisnis agensi lain seperti misalnya agensi pariwisata, agensi makanan, agensi rumah dan agensi lainnya yang sudah tersebar dimana-mana. Namun juga, bisnis ini tidak segampang yang dibayangkan karena jika bisnis ini ilegal, maka akan disangka sebagai praktik penjualan manusia. Hmmm… menyeramkan bukan?

Dizaman sekarang ini, kejahatan yang bermunculan membuat konsumen terkadang mengurungkan niat atau ragu-ragu ketika ingin merekrut pekerja rumah tangga yang baru dan sangat diragukan asal-usulnya. Dengan adanya bisnis ini, maka akan memberikan konsumen ketenangan karena jika terjadi sesuatu, ada tempat untuk mengeluh yaitu perusahaan penyedia pekerja rumah tangga tersebut. Sehingga bisnis ini bisa dikatakan sangat prospektif untuk dijalankan karena mahalnya kepercayaan yang bisa didapat di zaman ini. Maka dari itu, perhatikan beberapa tips berikuti ini :

Zaman sekarang, dimana tidak ada perbedaan antara pria dan wanita dalam menjalani pekerjaan atau dengan kata lain zaman emansipasi, wanita boleh memilih untuk tidak sekedar diam di rumah dan bertindak layaknya pria yang juga ingin mencari nafkah untuk keluarga. Baik untuk sekedar nambah penghasilan ataupun memang mengejar passion dan mimpinya. Maka dari itu, bisnis ini bisa memiliki progres yang baik. Sekedar tambahan, dengan sibuknya para wanita yang memilih untuk berkarir dan tidak sempat mengurus rumah tangga juga anak Anda bisa mempersempit target pasar Anda yaitu para ibu yang sibuk. Karena pada dasarnya melakukan segmenting pasar, positioning pasar hingga mendapat target pasar yang tepat adalah bukan perkara mudah. Dengan telah terpilihnya target pasar yang akan Anda bidik, maka akan mempermudah langkah Anda dalam menentukan langkah selanjutnya seperti bagaimana cara beriklan, menentukan harga, menentukan siapa Pekerja yang cocok ditempatkan di tempat tersebut, dll.

Daftarkanlah usaha Anda kepada dinas-dinas terkait yang berhubungan dengan ini. Seperti yang telah dikatakan tadi, jika bisnis ini ilegal akan sangat mungkin jika usaha ini disebut sebagai usaha perdagangan manusia yang sangat dilarang di berbagai penjuru dunia. Hubungi Dinas Sosial Tenaga Kerja atau dinas lain, minta dan ikuti petunjuk sejelas-jelasnya agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan di kemudian hari.

Carilah calon karyawan yang memiliki latar belakang pendidikan, minimal (sangat minimal) adalah tingkat SMP dan disertai dengan kemampuan dasar yang sesuai kriteria. Anda bisa melakukan beberapa test psikologi sebelum Anda benar-benar merekrut dan melatih karyawan tersebut. Karena penting bagi PRT untuk mengetahui hal-hal dasar yang terjadi di kehidupan sehari-hari agar pekerja tersebut tidak mudah tertipu oleh para penipu yang berkeliaran. Misalnya, tidak sembarangan menerima tamu atau menandatangai surat-surat yang tidak semestinya karena pekerja tersebut tidak bisa membaca, dlsb.

Setelah calon karyawan terkumpul dan lolos beberapa test yang Anda ajukan, lakukan pendataan yang detail dan konfirmasi data tersebut. Karena jika terjadi sesuatu, Anda tahu kemana harus menuju. Setelah itu, latihlah sebaik mungkin hingga karyawan Anda siap untuk dipekerjakan di rumah konsumen Anda. Seperti, melakukan pekerjaan rumah seperti biasanya hingga mengurus anak/bayi. Hingga Anda bisa memastikan bahwa karyawan Anda akan bersifat jujur dan bekerja sebaik mungkin sesuai dengan apa yang diajarkan oleh perusahaan.

Selain keamanan bagi konsumen, Anda juga tentu harus memikirkan keamanan bagi karyawan Anda. Sebelum Anda bisa mengirimkan karyawan Anda ke rumah konsumen, sebaiknya periksa riwayat konsumen Anda, jika perlu menolak, tolak saja jika memang konsumen tersebut sangat berbahaya jika karyawan Anda dikirim ke tempat tersebut. Beresiko memang, tetapi jika Anda memiliki alasan dan bukti yang kuat, mengapa harus takut? Akan lebih beresiko jika terjadi sesuatu terhadap karyawan Anda, karena Anda yang mengirimnya ke tempat tersebut. Tapi inilah pekerjaan, penuh dengan resiko. Intinya adalah tentang bagaimana sebagai pengusaha, Kita bisa meminimalisir resiko tersebut dan menghadapinya sebaik mungkin, jika memang terjadi.

Buatlah sistem yang seadil mungkin tentang penggajiannya. Jangan sampai, Anda kehilangan karyawan karena gaji yang didapat mereka terlalu tidak wajar atau juga tidak disukai konsumen karena harganya juga terlalu melambung.

Jangan lupa untuk mengiklankan usaha Anda di berbagai media periklanan agar masyarakat dapat melihat usaha Anda dan buat mereka percaya karena adanya kantor resmi, nomor telepon, hingga alamat email yang bisa dihubungi kapan saja. Selamat berusaha 😉

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *