Bisnis Agen JNE

Bisnis online saat ini sedang menjamur. Banyak pelaku bisnis yang mulai menggunakan media online untuk memasarkan produk mereka. Pebisnis online biasanya akan menggunakan jasa pengiriman untuk mengantarkan produk mereka sampai ditangan pembeli. Jasa pengiriman juga digunakan oleh pelaku bisnis offline. Mengirimkan barang jarak jauh dan tersebar ke berbagai daerah tentu akan menyulitkan sehinga banyak pelaku bisnis offline me Hal ini pun banyak dimanfaatkan oleh penyediaan jasa pengiriman untuk memperluas prospek bisnis mereka. Jika anda mulai tertarik dengan bisnis jasa pengiriman anda bisa memulainya dengan menjadi agen JNE.

JNE atau Jalur Nugraha Ekakurir adalah salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang didirikan oleh seorang pengusaha bernama Soeprapto Suparno pada tahun 1990. JNE merupakan salah satu jasa pengiriman besar di Indonesia. Gerai JNE juga telah banyak tersebar di Indonesia, sehingga sangat banyak masyarakat yang telah mengetahui dan menggunakan jasa JNE. Nama besar JNE akan menjadi keuntungan tersendiri jika anda menjadi agen.

kemitraan-jasa-pengiriman-JNE-e1438484050844

JNE

Jika anda belum memiliki bayangan dan belum memiliki keterampilan menjadi agen, anda tidak perlu khawatir. Semua agen akan diberikan pelatihan dalam menjalankan usaha pengiriman barang, anda juga dibekali tugas dan wewenang yang anda dapat sebagai agen. JNE juga akan memberi pengawasan serta arahan untuk memaksimalkan penghasilan dari keagenan yang anda kelola. JNE juga menetapkan omzet minimal selama tiga bulan pertama. Dari total omzet tersebut laba yang diterima oleh agen sebesar 22% hingga 27%. Persyaratan untuk menjadi mitra JNE tidak terlalu rumit. Berikut beberapa hal yang perlu anda persiapkan untuk menjalin kemitraan.

1. Modal usaha

Bisnis agen JNE berbentuk franchise, sehingga anda akan membutuhkan modal untuk memulai. Modal untuk dapat menjadi agen pun terbilang murah. Bermodal 7 juta rupiah anda sudah dapat menjalin kemitraan dengan JNE. Modal yang anda berikan akan digunakan untuk promosi, perijinan dan sebagainya. Lima juta dari modal yang anda berikan merupakan uang jaminan keagenan, dimana uang tersebut akan dikembalikan jika kontrak anda telah habis.

2. Tempat usaha dan kendaraan

Anda perlu memiliki properti yang akan dijadikan tempat usaha. Sebaiknya tempat usaha yang akan anda gunakan berlokasi strategis, misalkan dipusat bisnis atau lokasi lain yang ramai. Lokasi yang strategis tentu dapat memaksimalkan pendapatan anda. Anda juga akan memerlukan kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

3. Berkas administrasi

Berkas administrasi yang perlu anda siapkan untuk menjalin kemitraan adalah sebagai berikut

– Surat permohonan

– Badan hukum usaha

– Photocopy KTP

– Surat ijin usaha perusahaan

– NPWP perusahaan

– Pas foto pemilik atau agen

– Denah dan foto lokasi usaha

– Surat pernyataan tidak terikat kerjasama dengan pihak lain dengan usaha sejenis

4. Sumber Daya

Manusia Anda dapat mencari dua orang petugas dengan syarat minimal pendidikan setingkat SLTA. Petugas tersebut akan ditraining oleh JNE dan akan mendapatkan sertifikat kelulusan training dari JNE kantor pusat. Petugas juga dapat bertugas untuk melakukan penjemputan kiriman dari pelanggan. Sistem ini akan memudahkan pelanggan dalam menggunakan jasa pengiriman anda, tentu hal tersebut dapat meningkatkan pendapatan anda.

5. Perlengkapan lainnya

Kita ketahui bahwa tarif yang ditetapkan JNE berdasarkan berat barang kiriman, maka anda harus memiliki minimal satu buah timbangan. JNE menetapkan bahwa mitra usaha atau agen harus memiliki satu buah timbangan digital dengan kemampuan menimbang minimum 100 kilogram. Anda juga perlu memiliki satu memiliki satu set komputer berikut dengan printer yang terkoneksi ke internet, sebab transaksi anda lakukan akan bersifat online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *