Berpikir ‘Beyond’ untuk Memulai Bisnis W.O.

Pernikahan sekali dalam seumur hidup. Itu harapan semua orang yang memutuskan untuk menikahi pasangan jiwanya. Tentunya dengan harapan sebesar ini, Anda membutuhkan jasa profesional seperti wedding organizer (W.O). Bagi Anda yang sedang ingin memulai menjadi W.O. dibutuhkan panduan yang tepat dalam mewujudkan ide dan impian para klien yang berbahagia di hari perayaan pernikahan. Berikut adalah panduannya.

WO1

Bisnis W.O.

Semakin kreatif, semakin ‘diburu’

Serunya berbisnis WO adalah bisa memberikan ide tanpa batas. Sekarang ini banyak pasangan yang pemikirannya sudah sangat modern dan ingin membuat tema hari pernikahan mereka dengan unik dan romantis disaat bersamaan. Terlebih lagi kalau calon klien masih bingung dengan tema resepsi, disitulah Anda bisa memberikan impresi baik dengan memberikan ide yang kreatif dan inovatif.

Baca Juga:

Jika ide unik Anda diterima dan berhasil diwujudkan dengan sempurna, maka klien happy dan menyebarluaskannya kepada rekan dan keluarga. Para undangan pun yang berminat menikah dalam waktu dekat, setelah melihat ide W.O yang Anda buat kreatif, kemungkinan besar mereka akan langsung menghubungi Anda.

Jadi ‘psikolog’ dalam W.O.

Maksudnya, Anda sebagai W.O. harus memahami karakter calon klien. Tidak hanya tahu apa mau mereka namun juga mempelajari konsep pernikahan seperti apa yang bisa mewakili karakter kedua mempelai. Proses ini membutuhkan pemahaman psikologis.

Mau dikenal sebagai spesialis W.O. apa?

Tahap berikutnya adalah pembentukan imej untuk bisnis W.O. Anda. Semakin banyak pasangan muda yang berminat dengan konsep pernikahan modern seperti garden party, beach party, outdoor party. Jadikan minat mereka sebagai salah satu keahlian bisnis W.O. Anda. Misalkan W.O. Anda dikenal sebagai W.O. spesialis beach party, dari sini Anda masih bisa bereksplorasi lagi dengan sub tema konsep beach party yang seperti apa. Jadi ada beragam elemen untuk membedakan antara konsep beach party resepsi yang satu dengan lain.

Tentukan target market

Tahap selanjutnya yaitu menentukan target untuk bisnis W.O. Anda. Dengan membentuk imej dan spesifikasi bisnis W.O. maka memudahkan Anda dalam menentukan target pasar. Kalau memang target market pasangan yang lebih menyukai liburan ke pantai daripada ke pegunungan, maka bisnis W.O. dengan spesialisasi beach party sangat cocok untuk mereka.

Jenis fee untuk W.O.

W.O. yang membantu klien dari sebelum hari pernikahan sampai hari H berbeda fee nya dengan W.O. yang hanya mengurus hari H. Bahkan ada W.O. yang menentukan fee sebesar 10% – 20% dari total biaya pernikahan. Semua ini kembali pada kebutuhan klien.

Perias dan komisi

Kedua hal ini sama pentingnya. Jangan hanya berfokus pada tema dan dekorasi, namun bekerjasama lah dengan perias pengantin yang sangat rekomen. Jangan buat klien happy dengan dekorasi tapi kecewa dengan make up. Setiap mempelia ingin tampil sempurna di hari yang tak terlupakan. Terutama mempelai wanita. Mereka ingin menjadi putri (princess) dalam sehari.

Anda juga bisa mengajukan kerjasama berupa komisi pada perias yang berhasil mendatangkan klien untuk W.O. Bentuk kerjasama ini sangat fair karena klien pasti akan mencari penata rias yang rekomen dan butuh W.O. yang rekomen juga.

Supplier dan vendor

Jalin kerjasama dengan para supplier dan vendor seperti katering, penjahit atau penyewa baju pengantin, tempat penyewaan gedung resepsi pernikahan, pre wed photo, jasa dokumentasi khusus wedding, sound system dan wedding band / singer, percetakan undangan atau desainer grafis untuk membuat konsep undangan sesuai dengan kebutuhan klien.

Promosi online dan offline

Promosikan W.O. Anda di akun socmed seperti Facebook Fanspage, Twitter, Instagram dan gunakan akun pribadi untuk promosi seperti Path, Line. Bisa juga dengan melakukan promosi secara offline seperti di pameran wedding, Anda bisa membagikan brosur atau ikut serta di pameran tersebut.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *