Berita Terkini Perusahaan di Indonesia (27 Mei 2014)

Rights Issue, Tjiwi Kimia Suntik OKI Rp 1,3 Triliun

Produsen kertas PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM) akan menerbitkan sebanyak 1,33 miliar (50%) saham baru melalui mekanisme Penawaran Umum Terbatas II dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD). Harga penawaran dipatok sebesar Rp 1.000 per saham. Sehingga, anggota usaha Grup Sinarmas itu ditargetkan memperoleh dana sebesar Rp 1,33 triliun.Manajemen Tjiwi Kimia mengungkapkan, dana akan digunakan sebagai suntikan modal kepada anak usaha perseroan, yakni PT Oki Pulp & Paper Mills. Dimana seluruh dana akan digunakan untuk penambahan modal disetor, guna mendukung proyek pembangunan pabrik kertas OKI. Perusahaanjuga akan menerbitkan 445,2 juta (14,29%) Waran Seri II untuk menyertai tiap tiga saham baru hasil HMETD. Waran diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi pemegang saham yang melaksanakan hak HMETD.Pemegang saham utama Tjiwi Kimia, PT Purinusa Ekapersada, telah menyatakan komitmen untuk mengeksekusi hak HMETD.

Tak Bagi Dividen, Erajaya Perkuat Struktur Modal

Para pemegang saham PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) sepakat tidak membagikan dividen untuk tahun buku yang berakhir tahun 2013.Emiten peritel merek sejumlah ponsel ternama tersebut memutuskan untuk menahan laba bersih guna memperkuat struktur permodalan.Manajemen menyatakan, perseroan akan memperkuat posisi permodalan untuk mendukung pengembangan usaha dan meningkatkan kinerja serta pertumbuhan Perseroan di masa mendatang.RUPS perusahaan yang bergerak di bisnis distribusi dan penjualan ritel alat-alat telekomunikasi ini menyetujui penggunaan laba bersih tahun buku 2013 yang tercatat sebesar Rp 348,651 miliar, sebesar Rp 1 miliar sebagai cadangan wajib. Adapun sisanya sebesar Rp 347,651 miliar sebagai laba ditahan untuk mendukung pengembangan usaha.

Bank QNB Rights Issue Rp 649,7 Miliar

PT Bank QNB Kesawan Tbk (BKSW) akan melakukanrights issuesenilai Rp 649,7 miliar. Perseroan bakal menerbitkan sebanyak 2,59 miliar (29,7%) saham baru. Penerbitan dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) akan dilakukan pada harga Rp 250 per saham.Manajemen QNB Kesawan mengungkapkan, pihaknya telah mengantongi sejumlah komitmen dari pemegang saham lama untuk mengeksekusi haknya.Saat ini, Qatar National Bank memiliki sebanyak 69,59% saham QNB Kesawan. Adapun PT Bosowa Kapital mengantongi 20,12% sedangkan investor publik sebanyak 10,29%.Jika seluruh pemegang saham QNB Kesawan lain tidak melaksanakan haknya, porsi kepemilikan induk usaha perseroan akan meningkat menjadi 78,62%. Kepemilikan Bosowa akan terdilusi menjadi 14,15% sementara saham masyarakat menjadi 7,24%.Jumlah kepemilikan ini terjadi setelah Qatar National Bank juga menyerap sisa saham yang tidak diambil oleh pemegang saham lama.Sesuai rencana, Manajemen QNB Kesawan akan meminta restu pemegang saham pada 2 Juni 2014 mendatang

Benakat Integra Siap Buyback Rp 370 Miliar

Emiten penyedia infrastruktur energi, PT Benakat Integra Tbk (BIPI), siap membeli kembali (buyback) sebanyak 10% atau setara 3,65 miliar saham. Untuk itu, perseroan menyiapkan US$ 32 juta atau sekitar Rp 370 miliar.Sesuai rencana, dana akan diambil dari akun laba ditahan. Adapun PT Danatama Makmur akan melakukan transaksi pembelian kembali dengan harga tidak melebihi Rp 300 per saham.Manajemen Benakat Integra menegaskan, buyback dilakukan dalam rangka meningkatkan nilai pemegang saham dengan cara mengembalikan arus kas bebas.

Pembangunan Green Airport Banyuwangi Dijadwalkan Mulai Juni

Pembangunangreen airportatau terminal bandara berkonsep hijau di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, rencananya dimulai pada Juni 2014 dan ditargetkan sudah bisa beroperasi melayani penumpang pada 2015.Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam keterangan tertulis kepada Antara di Surabaya, Senin (26/5), mengemukakan pembangunan terminal bandara di Blimbingsari itu merupakan pengembangan dari terminal yang sudah ada, untuk menunjang pengembangan pariwisata berkonsep ekowisata (ecotourism). terminal bandara ini didesain tanpa mesin pendingin ruangan (AC), kecuali pada sejumlah ruangan tertentu. Sirkulasi udara diatur dengan kisi-kisi dan lebih banyak ruang terbuka, termasuk aliran air juga ikut membantu menyejukkan udara.Selain itu, di sekeliling dan atas terminal ada tanaman hijau. Kemudian energi alami dimanfaatkan dengan mengatur pencahayaan matahari sebagai penerang ruangan di siang hari.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *