Berbisnis di Daerah Pedesaan

Penghuni kota-kota besar, tidak jarang adalah para penduduk yang sebenarnya berasal dari daerah pedesaan. Dengan harapan ingin mengubah nasib yang mungkin tidak bisa didapat dengan cepat seperti yang ditawarkan kota-kota besar di Indonesia. Jika Anda adalah salah satunya, dan keberuntungan kemudian ternyata berpihak pada Anda dimana segalanya telah Anda dapatkan termasuk sejumlah uang yang kemudian terpikir untuk menginvestasikannya ketika pulang ke daerah asal. Namun masalahnya adalah, Anda kurang yakin dengan jenis usaha apa yang cocok untuk dikembangkan dan mendapat keuntungan.

Pertama-tama, sebelum Anda menjadi lebih bingung, lebih baik jika Anda memiliki hobi/ketertarikan terhadap suatu hal yang dapat dijadikan bisnis di daerah Anda. Misalnya, jika Anda menyukai dunia pariwisata, maka Anda bisa mengelola objek wisata di daerah Anda yang memungkinkan untuk dapat menjadi sebuah objek wisata yang prospektif dan jenis hobi Anda lainnya. Namun, jangan memaksakan untuk menjadikan hobi sebagai usaha Anda jika memang setelah diperhitungkan, tidak cocok dengan daerah yang akan Anda jadikan lokasi bisnis Anda.

Kemudian, Anda juga bisa membangun bisnis yang sesuai dengan kondisi di daerah tersebut. Misalnya, jika di daerah Anda adalah daerah pertanian, maka Anda bisa mengelola bisnis yang berhubungan dengan pertanian seperti menjual alat-alat tani (cangkul, cerulit, dlsb) atau jika alat yang besar seperti traktor, Anda bisa menyewakannya. Anda bisa juga berbisnis memperjual belikan pupuk. Intinya adalah, Anda bisa menyesuaikan seperti apa bisnis Anda nantinya dengan menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan oleh penduduk desa tersebut.

Anda bisa menentukan tujuan awal Anda untuk membuka usaha tersebut yaitu sebagai usaha yang dapat mendatangkan keuntungan finansial bagi Anda juga sebagai alat membantu penduduk di daerah Anda tersebut. Maka, selain diri Anda sendiri, masyarakat sekitar Anda pun akan merasa mendapat keuntungan dari produk yang Anda tawarkan.

Setelah gambaran tersebut, jika masih merasa kebingungan, berikut beberapa bisnis yang biasanya dibuka di daerah pedesaan yang mana kebutuhannya sedikit berbeda dengan kebutuhan masyarakat perkotaan.

  • Anda bisa membuka usaha warnet. Menjaringnya kebutuhan internet, akan dirasakan juga oleh masyarakat pedesaan. Untuk daerah tertentu, koneksi internet merupakan salah satu hal yang sulit didapat. Bisnis ini akan menjadi prospektif ketika masyarkat pedesaan juga merasa membutuhkan pemanfaatan koneksi internet untuk dapat berkomunikasi dengan yang lainnya. Selain berbisnis, Anda juga bisa lebih mendekatkan masyarkat pedesaan terhadap manfaat internet yang memiliki banyak manfaat ketika dipergunakan sebaik mungkin. Sisipkan pula usaha menjual berbagai pulsa agar penduduk di desa tersebut tidak jauh-jauh ketika memerlukan pengisian ulang pulsa yang mereka butuhkan.
  • Membuka usaha gas elpiji akan menjadi prospektif. Apalagi ketika di desa tersebut belum terlalu banyak masyarakat yang menggunakan gas elpiji beserta peralatan dan perlengkapan gas lainnya.
  • Toko/warung kelontong adalah usaha favorit di pedesaan. Selain kebutuhan manajemennya yang tidak terlalu rumit, usaha ini juga dapat dilakukan dari mulai modal kecil hingga modal yang besar, tergantung seberapa besar Anda akan membuka warung/toko Anda.
  • Adapun bisnis yang perlu kehati-hatian ketika akan dilakukan adalah bisnis berupa pelatihan untuk menjadi pekerja rumah tangga baik untuk dalam negeri maupun untuk luar negeri. Biasanya, masyarakat pedesaan akan memiliki kemauan untuk bekerja apa saja demi mendapat perubahan. Hanya saja, Anda harus bisa menjamin, bagaimanapun caranya agar mereka aman ketika bekerja. Dan mengurus legalisasinya sedetail mungkin.
  • Menjadi perantara penyedia ujian paket utuk mendapat ijazah pun akan sangat membantu jika daerah Anda adalah daerah dengan tingkat pendidikan yang relatif rendah.
  • Selain hal-hal tersebut di atas, bisnis seperti kursus berbagai bahasa, bisnis menjahit, bisnis fotokopi, dan bisnis-bisnis lainnya bisa Anda jadikan pilihan.

Banyaknya bisnis yang bisa Anda jalankan hingga tidak bisa dijelaskan satu persatu, karena kemudian Andalah yang harus melakukan berbagai riset tentang usaha apa yang cocok bagi Anda dan bagi daerah tempat Anda tinggal.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *