Berapa Harga Software ERP ?

ERP atau Enterprise Resource Planning merupakan sebuah aplikasi manajemen bisnis yang sering digunakan untuk memudahkan pengelolaan bisnis secara terintergrasi meliputi sumberdaya manusia, dana, waktu, informasi, serta semua aktifitas yang sehingga dapat digunakan secara maksimal. Konsep ini selanjutnya juga bertujuan untuk mengoptimalkan aktivitas perusahaan supaya menjadi lebih responsive terhadap berbagai kebutuhan perusahaan, seperti penghapusan beberapa proses yang dianggap tidak perlu, penyederhanaan proses yang rumit, penyatuan proses yang redundan, serta mengoptimalisasi proses-proses manual.

Harga Software ERP 

Tujuan ERP

1. Optimatisasi dan integritas segala proses dalam berbisnis.

2. Membagi database yang umum dan praktik bisnis melalui interprise.

3. Menghasilkan informasi sebenar-benarnya.

4. Memungkinkan adanya perpaduan proses transaksi dan kegiatan perencanaan.

Sumber: http://www.adventdisty.com

Keuntungan Menggunakan ERP

1. Sistem integrasi dapat membuat proses pengambilan keputusan dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

2. ERP dapat memungkinkan terjadinya integrasi secara global. Permasalahan beruoa perbedaan valuta, perbedaan bahasa, dan perbedaan budaya, dapat diselesaikan secara otomatis, sehingga data dapat diintegrasikan secara mudah.

3. ERP tidak hanya memadukan data dan sumberdaya, tetapi juga menghilangkan kebutuhan pemutakhiran dan pembetulan dari sistem computer yang terpisah.

4. ERP memungkinkan terjadinya manajemen pengelola operasi.Menggunakan ERP manajemen tidak hanya mampu digunakan untuk menjawab pertanyaan “Bagaimana keadaan kita?”, melainkan “Apa yang harus kita lakukan untuk menjadi lebih baik?”

5. Terakhir, ERP dapat membantu melancarkan pelaksanaan manajemen supply chain dengan kemampuan memadukan semuanya.

Kelemahan ERP

1. Kustomisasi dari perangkat lunak ERP menjadi terbatas.

2. Rekayasa kembali proses bisnis untuk menyesuaikan dengan standar industry yang telah dideskripsikan oleh sistem ERP dapat membuat keuntungan kompetitif menjadi hilang.

3. ERP terkadang sulit digabungkan dengan alur kerja dan proses bisnis tertentu dalam beberapa organisasi.

4. Sistem terlalu kompleks jika dibandingkan dengan kebutuhan pelanggan.

5. Data menggunakan sistem ERP berada pada satu tempat, seperti data pelanggan dan keuangan. Hal ini dapat meningkatkan resiko kehilangan informasi sensitive, jika terjadi pembobolan sistem keamanan.

6. Harga ERP lumayan mahal.

Harga ERP

Jika sebuah perusahaan memutuskan menggunakan sistem ERP tentunya segala sesuatu yang menjadi kebutuhan sudah dipertimbangkan secara matang. Terlebih lagi soal dana atau keuangan. Keuntungan menggunakan sistem ERP berbanding lurus dengan biasa yang harus dikeluarkan. Biaya tersebut meliputi pengadaan computer untuk lisensi untuk kemudian dapat diinstal software ERP. Selain itu ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk menyelesaikan implementasi Software ERP. Hal ini karena software ERP dikembangkan sebagai suatu kebutuhan spesifik perusahaan, sehingga harganya pun sebenarnya bisa dinegosiasikan menurut kebutuhan masing-masing perusahaan. Rata-rata untuk proyek pembuatan satu set program meliputi GL accounting, sales, stock dan system report, membutuhkan biaya sekitar Rp 25 juta belum termasuk biaya lisensi perangkat lunak, namun biaya ini bisa saja lebih mahal ataupun lebih murah tergantung permintaan masing-masing perusahaan.

Tidak seperti software lainnya, ERP tidak bisa langsung diinstal dalam laptop atau komputer setelah didapat. Melaikan harus melalui beberapa studi dan penelitian. Kebutuhan masing-masing perusahaan inilah yang harus diteliti untuk kemudian disesuaikan. Mengingat manfaat dan kemudahan dari ERP sangat banyak, tidak heran jika harga yang ditawarkan pun tidak murah. Hal ini sangat sesuai dengan istilah “Ada harga ada rupa”. Terlebih lagi demi meningkatkan kualitas perusahaan tidak ada salahnya menggunakan software ini untuk memudahkan memantau segala aktifitas perusahaan. Demikian informasi mengenai software ERP. Semoga informasi ini dapat memberikan pemahanan lebih bagi anda.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *