Berani Memulai Bisnis dari Nol

Setiap bisnis yang besar biasanya diawal dengan keinginan yang kuat dan kecintaan yang besar terhadap bidang bisnis yang dijalani oleh pemiliknya. Hal ini juga dialami oleh hartawan besar macam Richard Branson, Oprah, Bill Gates and Warren Buffett. Bahkan, mereka-mereka ini memulai kerajaan bisnis mereka dari nol.

Seorang kontributor entrepreneur.com Levis Howes menuliskan dengan baik soal kegiatan bisnis yang mulai dari nol ini. Awalnya dia menggunakan gambaran pengalaman pribadinya untuk menjelaskan soal ini.

Dia menceritakan bahwa setelah dia mengalami cidera dalam permainan sepak bola profesional, mimpi besarnya untuk menjadi seorang atlet hancur seketika. Dalam keterpurukannya itu dia menghabiskan lebih dari satu setengah tahun untuk termenung di kursi malas kakaknya. Dia terdiam untuk menemukan apa yang akan dia lakukan dalam hidupnya kemudian.

Pada saat itu passion yang dia miliki adalah pada olah raga, dan hal itu pula yang menjadi fokus dari pergerakan dirinya sejauh dia dapat mengingat. Dia menginginkan fleksibililitas untuk untuk melakukan apa yang dia cintai, dan membentuk hidup yang dia inginkan hingga akhir hayatnya. Namun tetap saja, dia tak punya ide harus mulai dari mana.

Melalui ketekunan dan keberuntungan yang mendatangi dirinya, dia menceritakan kisahnya ketika bertemu dengan seorang mentor yang cerdas. Dia menjalani magang dengan mentor itu selama hampir setahun dan dia dibayar sebesar US$500 per bulannya. Dia benar-benar menguras ilmu dari mentornya itu. Selain itu dia juga melakukan apapun untuk memperoleh pendapatan dari pemasaran event pertunjukan dan pekerjaan-pekerjaan lain yang belum pernah dia kerjakan sebelumnya.

Seiring waktu berjalan, dia melihat bagaimana passion dan skillnya terhadap hal lain mulai tampak. Dia mulai menyukai bagaimana berhubungan dengan orang dan saling bertukar nilai dalam kehidupan mereka. dia menyukai memeberi pelayanan pada mereka yang membutuhkan penanganan persoalan yang mereka miliki. Seiring dengan meningkatnya minat-minat pada hal ini, dia mulai membangun jaringan-jaringan komunikasi dan mengadakan acara-acara terkait untuk meluaskan jaringan. Dia memulai untuk membentuk apa yang menjadi bisnis dan merek dia, yang menurutnya akan selalu berkembang di jalan yang dia pilih.

Jangan salah, bisnisnya ini bukanlah bisnis yang pada awalnya dipetakan dengan sempurna. Dia mengatakan ?anya?mengombinasikan passion, kekuatan, dan visi yang dia miliki untuk membentuk bisnis yang ideal bagi dirinya. Menurutnya, pengusaha yang paling memiliki passion sekalipun pasti dikendalikan oleh lebih dari sekadar uang. Mereka digerakkan oleh hidup yang harus menjadi penuh oleh sukacita.

Jika anda saat ini belum menemukan passion anda, Howes menyarankan kepada kita untuk segera menemukan passion ini. Langkah awal yang dia sarankan adalah anda menemukan dua hal dalam hidup anda: 1) hal yang membuat anda begitu terperangah bagai anak kecil; atau 2) hal yang ketika anda kehilangan waktu dan ruang untuk melakukannya, anda seakan kehilangan semuanya dalam waktu itu. Anda akan menjadi orang yang paling bahagia ketika anda bisa mengikuti passion anda. seperti yang Steve Jobs katakan:

Your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do. If you haven? found it yet, keep looking. Don? settle. As with all matters of the heart, you?l know when you find it.

Ketika anda sudah mulai menemukan apa yang akan anda lakukan, berikut ini beberapa hal penting yang perlu anda terapkan ketika memulai bisnis dari nol:

  1. Research your market.

Anda perlu meriset pasar potensial yang anda tuju dalam membentuk bisnis anda. Anda tidak cukup untuk sekadar mengetahui kompetisi yang sedang anda mainkan di dalamnya. Untuk itu anda harus menyelami pasar anda dan memelajarinya bagaikan ahli.

Langkah awal paling mudah yang bisa anda lakukan adalah cari kata kunci yang berkaitan dengan industri yang anda jalani ini di Google. Jangan merasa takut ketika pasar yang anda tuju seakan banjir; jumlahnya sangat besar. Pemainnya memang banyak, tetapi ini adalah keuntungan bagi anda. Berarti bisnis ini bekerja bagi banyak orang dan anda bisa turut berkecimpung di dalamnya. Ada sejumlah uang yang bisa anda raih dari permainan bisnis anda ini.

  1. Set a tangible financial goal.

Anda perlu membentuk sebuah tujuan finansial yang nyata. Howes mengatakan dirinya selalu membentuk goal yang baru setiap enam bulannya. Untuk mencapai goal itu dia memang harus mengencangkan ikat pinggangnya. Untuk mencapaiya, anda perlu untuk melihat semua tujuan anda dari belakang, persis sebelum anda mulai melakukan langkah pertama. Nilailah sampai mana langkah anda, sedekat apa anda dengan tujuan yang sudah anda buat dari awal. Buatlah goal yang nyata dan memungkinkan untuk anda raih. Setelah itu perhatikan langkah-langkah yang perlu anda lakukan setiap harinya untuk mencapai goal tersebut.

  1. When you create a website, make the content shareable.

Ketika anda membangun situs untuk mendukung kinerja bisnis anda, pastikan konten yang anda punya bisa dibagikan dalam media-media sosial. Adalah hal baik bagi kita untuk mengambil inspirasi dan menjadikan para pengusaha besar sebagai referensi kita dalam berbisnis. Namun ketika anda membangun merek anda sendiri, penting bagi anda untuk membuat konten yang unik.

  1. Build a list.

Bangunlah daftar email dari pengunjung situs anda ataupun orang-orang yang berpotensi untuk dijadikan partner pengembangan bisnis anda. Email dikatakan sebagai sebuah bentuk alat komunikasi paling baik dalam dunia maya, maka membangun daftar email adalah sebuah langkah awal yang bagus untuk meraih keseuksesan anda. Ketika daftar itu sudah terbentuk, maka anda perlu untuk melanjutkan dengan mengirimi mereka informasi yang bernilai. Ini akan diterjemahkan sebagai upaya anda untuk memperkenalkan para calon pembeli anda dengan produk-produk barang ataupun jasa yang akan anda tawarkan di masa depan.

Secara teknis anda perlu untuk menyediakan form di situs anda agar pengunjung dapat memasukkan alamat email mereka demi mendapatkan informasi-informasi yang penting bagi anda. Ada pula program yang dapat anda manfaatkan untuk mengumpulkan emali dari website anda, seperti HelloBar.com dan AppSumo.com.

  1. Launch a product or service you can sell.

Ketika anda sudah menentukan tujuan finansial selama enam bulan ke depan, maka anda perlu untuk segera menjual sesuatu. Untuk itu anda perlu mengambil waktu untuk menemukan peluang terbesar yang dihadapi oleh audiens anda dan membangun hubungan dengan mereka. Setelah itu bangunlah sesuatu yang dapat memcahkan permasalahan yang mereka hadapi. Ya, ini memang kedengaran mudah dikatakan daripada dilakukan, tetapi ini adalah hal kritis untuk anda lakukan. Secara singkat, anda perlu membangun daftar, buatlah mereka menjadi pelanggan anda, kemudian bangunlah hubungan dengan mereka.

  1. Start NOW and improve as you go.

Tunggu apa lagi, anda harus memulainya dari sekarang dan siapkan perkembangan seiring waktu berjalan. Banyak orang membuang-buang waktu untuk membuat sesuatu yang sempurna sebelum mereka meluncurkan bisnis mereka. Mulai dari logo, website, iklan?emuanya. Ini sungguh buang-buang wkatu. Anda bisa mulai menjual produk anda sebelum anda membuatnya, dengan menawarkan jalan pre-order. Untuk itu anda perlu fokus pada penjualan dan bahasa iklan yang menarik. Sebuah perusahaan yang sukses meluncurkan produk mereka setiap saat dan produknya tidak dikatakan sempurna.

Ingin bukti? Lihatlah Facebook dan semua perubahan dan perbaikan yang dilakukannya dari waktu ke waktu. Dia dimulai dari produk yang kecil dan selalu bertumbuh. Untuk itu anda juga perlu meluncurkan produk secara online dan tiada batasan lagi bagi anda.

Satu hal paling penting menurut Howes adalah menikmati proses dan mengetahui bahwa anda tidak perlu membuat segala hal menjadi sempurna.