Bentuklah Diri sebagai Pemimpin Besar!

Seorang pemimpin yang besar punya kemampuan menyelesaikan masalah dan visi yang baik, tetapi mereka selalu rendah hati soal itu. Mereka memiliki minat individu yang besar, tetapi mereka lebih fokus kepada ambisi perusahaan, ambisi bersama, yang ada di dalam kekpala mereka.

Sebagian besar pemimpin perusahaan tidak menerima suatu kondisi yang ?iasa-biasa saja? Artinya, mereka tidak akan menerima ide bahwa sesuatu yang baik itu cukup baik saja dan tidak akan membiarkan diri mengadopsi keyakinan tersebut.

Pada artikel ini kami akan membagikan perspektif bagaimana seorang pemimpin yang baik ketika bekerja. Paling tidak ada 15 macam peilaku yang menahbiskan diri mereka menjadi pemimpin besar. Apa saja? Mari kita simak.

1. Belajar terus-menerus

Seorang pemimpin tidak pernah merasa cukup dengan hal yang mereka ketahui. Mereka akan menggunakan tenaga dan waktu untuk menjadi familiar dengan aspek-aspek bisnis baru yang mereka hadapi. Mereka memahami bahwa belajar adalah cara yang paling tepat untuk menghindari jebakan. Melalui proses belajar yang konsisten, mereka jadi percaya diri untuk mencoba banyak hal yang baru. Dengan itu mereka akan cepat memilah mana yang lebih mengembangkan bisnis, dan segera membuang mana yang tidak.

2. Pandai mendengarkan

Baca Juga:

Selain belajar, seorang pemimpin juga memiliki kemampuan mendengarkan yang baik. Mereka tahu pertanyaan apa yang harus diajukan dan memahami bagaimana cara menerapkan apa yang mereka pelajari itu dalam kehidupan mereka sehari-hari. Mereka juga dikenal sering berkawan dengan orang-orang yang bisa melakukan hal-hal yang tidak bisa mereka lakukan.

3. Cerdik dalam menggunakan ?acamata?/strong>

Seorang pemimpin biasanya memiliki kemampuan yang baik untuk melihat sesuatu menggunakan perspektif milik orang lain. Hal ini bukan hal sepele, karena dengan kemampuan itu mereka bisa melihat sesuatu di balik kepentingan mereka dan dapat memecahkan kebuntuan dari setiap sudut yang mungkin dilakukan. Dengan kemampuan itu mereka bisa memahami kondisi yang sulit tanpa harus menghakimi pihak-pihak yang barangkali bersalah.

4. Melihat dari gambaran yang besar

Dengan memahami tujuan yang menyeluruh pada perusahaan, seorang pemimpin mampu membagikan waktu mereka untuk aktivitas-aktivitas yang memajukan perusahaan. Mereka mampu memilih dan mengeliminasi pekerjaan-pekerjaan penting yang harus segera diselesaikan, menentukan prioritas, dan secara efektif mampu mendelegasikan pekerjaan kepada mereka yang memiliki kemampuan yang sesuai.

5. Pemimpin belajar dari setiap pengalaman

Ketika melakukan kesalahan, seorang pemimpin tidak berhenti dengan mengatakan, ?amanya juga masih belajar.?Mereka gemar mencoba hal baru, mengambil banyak kesempatan-kesempatan yang ada dan selalu mengambil waktu untuk memelajari setiap pengalaman entah itu keterpurukan atau kemenangan.

6. Memperluas dunia mereka secara konsisten

Ketika sebagian besar orang memilih untuk merasa nyaman pada status quo (misalnya: cukup dengan hal kecil dan main aman), para pemimpin justru secara konsisten mencari hal baru, hal yang dapat mengembangkan bisnis mereka secara inovatif.

7. Memiliki pikiran yang fokus

Dengan menghindari gangguan dan pengalih perhatian, seorang pemimpin punya kemampuan untuk berkonsentrasi pada waktu tertentu, dan dengan itu mereka bisa menggarap satu isu dengan penuh pertimbangan yang mantap. Seorang pemimpin bisnis yang efektif biasanya fokus pada kontribusi. Mereka juga fokus pada hasil yang baik daripada mengeluh pada kerasnya jalan yang harus mereka tempuh.

8. Meyakini ?adai pasti berlalu?/strong>

Seorang pemimpin meyakini bahwa setiap masalah yang mendatangi mereka adalah sementara dan pasti dapat diatasi. Daripada mengeluh kepada bencana masalah yang selalu datang bergantian, mereka justru melihat itu sebagai tantangan untuk mempersiapkan diri jadi yang terbaik, dan mereka benar-benar berjuang keras untuk itu.

9. Pandai berurusan soal penolakan

Penolakan, dalam hal apapun, kadang memang menyakitkan. Namun seorang pemimpin yang baik tidak akan membiarkan penolakan itu memengaruhi kinerja mereka. Ketika mereka menghadapi penolakan, mereka akan memaknai penolakan itu sebagai opini dari orang lain yang tidak tahu tentang apa yang mereka katakan. Dengan makna itu, mereka lalu bisa berdiri gagah di atas penolakan.

10. Setia mengembangkan tim kerja

Seorang pemimpin setia mengembangkan tim, menggunakan setiap kesempatan untuk mengevaluasi, dan mengajari serta membangkitkan rasa percaya diri pada setiap anggota tim yang dipimpinnya. Bagi pemimpin yang seorang manajer, urusan dia setiap hari adalah menumbuhkan orang. Seorang pemimpin terbaik sangat memerhatikan orang-orang di bawah kepemimpinannya.

11. Punya visi

Ini penting sekali. Seorang pemimpin harus punya ide yang jelas mengenai apa yang dia inginkan, baik dalam hal profesional maupun personal. Selain itu mereka juga cukup tangguh untuk menghadapi kenyataan pahit dan kegagalan yang berrisiko menimpa mereka.

12. Percaya diri

Rasa percaya diri dan keyakinan harus dimiliki oleh pemimpin. Kedua hal ini akan membuat manajer punya kemampuan memutuskan masalah, yang seringkali dibutuhkan dalam waktu genting dan harus dilakukan dengan cepat. Pemimpin yang besar akan merasa nyaman dengan kondisi-kondisi yang membuat mereka perlu memutuskan dengan tepat dan cepat.

13. Mampu memotivasi orang lain

Pemimpin tidak menyimpan energi untuk diri sendiri. Mereka membagikan dan menumbuhkan energi tersebut pada diri orang lain di sekitarnya. Mereka memahami bahwa orang yang membagikan energi bisa memotivasi tim untuk mengambil hal-hal yang selama ini dianggap tidak mungkin dapat dilakukan.

14. Punya daya tahan yang tak diragukan

Daya tahan ini adalah soal stamina untuk terus berlari bahkan setelah terjatuh. Setiap pemimpin pernah membuat kesalahan dan terjerembab jatuh. Pertanyaannya adalah apakah setelah itu mereka bisa kembali membentuk tim, mempercepat laju bisnis, dan tetap berjalan dengan kepala tegak atau tidak.

15. Memiliki passion pada pekerjaan dan hidup mereka

Seorang pemimpin sejati mengetahui bahwa goal yang mereka tentukan di awal tidak akan tercapai apabila mereka tidak menikmati perjalanan menuju ke sana. Mereka mencintai apa yang mereka lakukan.

Itu tadi beberapa perilaku pemimpin yang barangkali menginspirasi anda. Satu hasil terbaik yang bisa anda dapatkan dari menerapkan perilaku ini adalah anda menjadi lebih baik dari hari-hari ke hari, dalam setiap aspek hidup anda. Selalulah tantang diri anda untuk menjadi pemimpin yang efektif untuk meningkatkan karir anda.