Benarkah Micin Bikin Bodoh?

Tags:

Apa anda pernah mendengar kalau micin bikin bodoh? Atau ada juga yang bilang kalau micin itu bahaya untuk kesehatan?.Banyak orang pasti menyangka kalau makan micin adalah faktor utama penyebab kebodohan seseorang. Mereka yang mengatakan hal tersebut mungkin saja orang tua yang tidak tahu kandungan sebenarnya yang ada di dalam MSG.

Benarkah Micin Bikin Bodoh ?

Seperti yang diketahui, micin atau MSG merupakan suatu bahan yang biasa digunakan untuk memasak. Micin biasanya bisa membuat makanan yang kita masak menjadi lebih sedap. Namun beberapa orang menghindari menggunakan micin karena dipercaya bisa membawa pengaruh buruk untuk tubuh. Selain itu ada juga anggapan bahwa micin atau MSG bisa membuat seseorang khususnya anak-anak menjadi bodoh. Tapi benarkah jika micin memang bisa berdampak buruk untuk otak kita? Dirangkum dari banyak sumber, berikut fakta-fakta yang sebenarnya tentang opini micin bikin bodoh.

Sumber: http://blog.hohero.com

Jika memang micin berbahaya mengapa, tak seperti narkoba yang jelas dilarang, micin justru  bisa dengan mudah dibeli diwarung-warung dekat rumah. Selain itu jika memang berbahaya mengapa orang jepang memiliki kebiasaan untuk menggunakan micin dalam masakan mereka. Padahal, kita tahu sendiri jika orang jepang adalah orang-orang yang cerdas. Nah, sepertinya memang ada fakta soal micin yang jarang menjadi sorotan selama ini.

Sering disebut berbahaya. Lalu apa kandungan yang ada dalam sebungkus micin?.anda perlu tahu bahwa micin sebenarnya mengandung zat yang sering disebut glutamate. Glutamate adalah asam amino yang dibutukan oleh tubuh karena perannya dalam membentuk protein. Selain membantu pengirimkan sinyal-sinyal dalam otak, glutamate juga membantu focus, ingatan, serta konsentrasi. Glutamate ternyata juga bisa memudahkan ketika kita mempelajari hal-hal baru. Selain itu, glutamate sendiri memang zat yang bisa membuat makanan menjadi lebih lezat.

Merupakan salah satu penyedap rasa alami, terdapat pada bahan makanan yang biasa mengandung glutamate seperti misalnya tomat, jamur, keju, daging dan kecap. Selain itu, glutamat juga diproduksi oleh tubuh kita sendiri, contohnya saja dalam asi. Memang, glutamate dalam kemasan micin bukan dihasilkan secara alami, melainkan menggunakan mesin pabrik.

Tapi jangan salah sangka dulu, penyedap rasa micin dalam kemasan, biasanya diproduksi dari tetes tebu atau tepung tapioca, yang diproduksi sendiri dijalankan melalui fermentasi mikroba.Fermentasi dengan mikroba adalah metode yang umum digunakan untuk mengolah makanan seperti tempe, keju dan tape. Jadi dari segi bahan baku dan proses pembuatannya micin aman untuk dimakan.

Batas Konsumsi Micin Bagi Manusia

Meski terdengar tidak berbahaya, tapi tetap saja akan menjadi berbeda jika dikonsumsi secara berlebihan. Oleh karena itu, WHO sudah menetapkan batas aman konsumsi micin perharinya. Menurut WHO, micin akan aman dikonsumsi jika tak melebihi 6 gram per hari. Sementara, menkes RI merekomendasikan batas aman micin sebanyak 5 gram.

Lalu berapakah rata-rata orang Indonesia dalam mengkonsumsi micin? Ternyata, per harinya orang Indonesia hanya mengkonsumsi 0,65 gram. Jauh di bawah dari batas maksimal yang ditentukan. Jadi sebenarnya peluang kita untuk mengkonsumsi micin berlebihan kecil sekali. Lebih lanjut lagi, Zulfikar Hermawan dari Zenius juga pernah mengadakan penelitian yang menemukan bahwa kandungan MSG dalam semangkuk bakso kaki lima (bandung) rata-rata hanya sekitar 0,5 gram.

Selain itu dalam sebuah wawancara , ahli gizi dari University of Sidney, Leona Victoria Djajadi, mengungkapkan hal yang sama. Ia mengatakan jika mengkonsumsi micin tak akan membuat seseorang menjadi bodoh.

Sebenarnya anggapan ini karena ada beberapa penelitian yang keabsahannya kurang bisa dipeertanggung jawabkan. Contohnya, ada penelitian di tahun 2002 dimana tikus-tikus percobaannya menjadi buta setelah disuntik MSG. sebenarnya hal ini bukan karena MSG namun karena dosis yang disuntikan ketikus-tikus itu terlalu tinggi. Yaitu sekitar 20 gram/100 gram makanan tikus. Ada juga penelitian yang dilakukan pada tahun 1969 namun pada tahun ini MSG yang disuntikan juga sama banyaknya yaitu sekitar 4 gram/kg berat badan.

Sebagai perbandingan, jika batas amn konsumsi MSG untuk manusia aedalah 6 gram, dan jika didasarkan pada asumsi bahwa manusia tersebut memiliki berat badan 50 kilogram, maka batas aman MSG per kg berat badannya adalah 0,12 gram/kg. kalau tikus itu dapat 4 gram/kg berat badan. Tentunya hal ini wajar saja jika otak mereka menjadi abnormal atau bodoh. Hal ini karena MSG yang diberikan pada mereka overdosis atau berlebihan.

Jadi mulai sekarang anda tidak perlu takut lagi untuk mengkonsumsi MSG. Hal ini karena MSG memang hanya garam penyedap rasa, bukan racun yang menyebabkan penyakit mematikan atau kebodohan yang selama ini banyak dipercaya oleh orang. Namun yang perlu diingat saat mengkonsumsi MSG anda tidak boleh berlebihan, karena apapun itu kalau berlebihan tidak baik

Loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *