Beli rumah atau mobil dulu?

Beli rumah atau mobil dulu? Pertanyaan ini bisa jadi menghingapi Anda yang saat ini sedang bekerja dan berencana untuk menyisihkan gajinya untuk keperluan tersebut.
Rumah atau mobil? Dua-dua nya dirasa perlu dan sama-sama membutuhkan dana yang tidak sedikit. So, bagaimana menentukannya? Well, setiap orang memiliki kondisi dan kebutuhan yang berbeda-beda. Untuk itu tentukan skala prioritas sesuai dengan kondisi Anda saat ini , seperti:

1. Jika Anda single
Jika saat ini Anda masih single dan memiliki pekerjaan yang sudah mapan, maka membeli mobil bisa jadi Anda wujudkan. Mobil akan membantu Anda dalam mobilitas sehari-hari, baik itu terkait dengan pekerjaan atau hal lainnya. Saat ini periode kredit mobil juga relatif singkat, sekitar 3 tahunan. Jika kredit mobil Anda sudah lunas, maka Anda bisa merencanakan untuk langkah selanjutnya, apakah membeli rumah atau lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai investasi.

2. Single tapi sudah memiliki calon pasangan

Kasusnya akan berbeda jika Anda single tapi sudah memiliki calon pasangan. Tentu saja Anda harus mempertimbangkan dengan matang terkait dengan apa yang menjadi tujuan Anda selanjutnya. Jika Anda berencana untuk menikah, maka sebaiknya rumah lah yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Anda harus memiliki anggaran yang terinci, misal untuk persiapan dana menikah apakah dari Anda sendiri dan pasangan saja atau dengan orang tua.. Setelah itu baru Anda putuskan untuk membeli rumah atau mobil.

3. Berkeluarga
Bagi yang sudah berkeluarga, maka membeli rumah terlebih dahulu adalah keputusan yang paling tepat. Seseorang yang sudah menikah hendaknya mampu mengatur hidupnya sendiri dan hidup mandiri. Alih-alih menumpang di rumah orang tua atau mengontrak, lebih baik tinggal di rumah sendiri. Namun jika memang suami-istri sama-sama bekerja, maka dapat berbagi tugas, misal suami mencicil rumah, istri mencicil mobil.

Apapun pilihan Anda, mau beli mobil atau rumah dulu, yang terpenting adalah menentukan prioritas. Apakah untuk keluarga atau aktifitas sehari-hari?. Dan yang harus diingat adalah kemampuan Anda untuk membayar cicilan serta biaya perawatannya sehingga mobil atau rumah bisa menjadi nilai tambah bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *