Beli Reksa Dana Online? Bisa!

Kehadiran teknologi Internet memang mengubah banyak hal dalam segala sendi kehidupan kita, salah satunya adalah soal transaksi. Internet membuat transaksi ekonomi meningkat di mana-mana karena memang mudah untuk dilakukan. Dulunya kita harus bergerak secara fisik ke suatu tempat untuk melakukan transaksi, kini dengan berbekal seperangkat komputer atau telepon pintar dan jaringan Internet kita bisa melakukan berbagai macam transaksi.

Dunia investasi adalah salah satu ranah yang sangat terbantu oleh teknologi ini. Informasi yang ada di belahan dunia lain dapat langsung tersampaikan oleh masyarakat kita hanya dalam hitungan detik saja. Salah satu yang kemudian menjadi memudahkan kita adalah soal berinvestasi produk reksa dana dengan cara online. Bagaimanakah caranya? Berikut ulasannya.

Menurut sumber yang ada, Commonwealth Bank adalah pihak pertama-tama di Indonesia yang memelopori transaksi reksa dana dengan cara online. Untuk memiliki produk reksa dana yang ditawarkan, anda harus membuka rekening terlebih dahulu di bank tersebut. Beberapa bank lain juga memiliki fitur dan pelayanan yang sama soal ini. Anda perlu memiliki rekening, kemudian membeli produk reksa dana, kemudian hasilnya akan didebet pada rekening anda tersebut.

Selain itu ada juga PT Danareksa yang juga menyediakan transaksi reksa dana online. Kendati begitu, perusahaan ini menawarkan pilihan produk reksa dana yang terbatas karena hanya menjual produk miliknya saja.

Nah, inilah yang kemudian perlu dibedakan pada transaksi reksa dana online, yaitu adanya ?upermarket reksa dana online?yang membedakan varian produk reksa dana yang ditawarkan. Commonwealth, PT Indo Premier Securities, PT Philip Securities Indonesia, dan beberapa perusahaan lainnya adalah pihak-pihak yang memelopori penjualan jenis ini. Mereka menawarkan sejumlah produk yang berasal dari beberapa perusahaan manajemen investasi.

Baca Juga:

Keputusan untuk menjual berbagai macam produk ini mendatangkan keuntungan bagi masyarakat karena kita jadi bisa lebih leluasa memilih produk yang sesuai kebutuhan kita sendiri. Kita bisa melihat, menimbang, dan semuanya itu bisa dilakukan dengan praktis, seperti halnya ketika kita berbelanja barang di sebuah supermarket. Kepraktisan ini juga akan dirasakan ketika kita perlu mencairkan reksa dana tersebut.

Meskipun ada dua jenis, tapi pada artikel ini kami akan menitikberatkan pada jenis supermarket reksa dana saja karena ada banyak keuntungan yang bisa anda peroleh. Untuk supermarket reksa dana online, mereka menawarkan dua hal penting yaitu fleksibilitas dan ragam investasi. Kita tidak hanya dimudahkan untuk mengetahui berbagai jenis produk reksa dana, tetapi juga dimungkinkan untuk mengganti manajer investasi. Selain itu kita juga bisa dengan lebih mudah untuk menanamkan dana kita di berbagai investasi. Tentu saja ini menggenapi salah satu nasihat penting dalam investasi: jangan meletakkan semua telur dalam satu keranjang saja.

Seperti yang sudah disinggung di atas, dua supermarket reksa dana online yang banyak diperbincangkan di Indonesia saat ini adalah Commonwealth Bank dan IPOTFUND. Menurut informasi yang ada, Commonwealth Bank saat ini menawarkan sebanyak 58 jenis reksa dana dari 9 perusahaan manajemen investasi yang ada. Kelebihan yang ada pada supermarket ini terletak pada kompetensi staffnya yang sudah bersertifikasi dan tersebar di 78 kantor cabang di Indonesia. Beberapa perusahaan manajemen investasi yang turut menjual produknya di perusahaan ini adalah Manulife Aset Manajemen Indonesia, Danareksa Investment Management, Mandiri Manajemen Investasi, dan sebagainya.

Kendati menawarkan transaksi produk reksa dana secara online, Commonwealth Bank tetap mewajibkan calon investor untuk datang kek kantor untuk membuka rekening bank dan menyelesaikan urusan administrasi untuk kepentingan reksa dana. Barangkali memang kontradiktif dan terkesan repot, tapi sebenarnya ada keuntungan yang bisa kita ambil dari sistem ini. Paling tidak bagi calon investor yang masih awam, cara ini akan memberikan kesempatan bagi mereka untuk berdiskusi dan meminta pendapat dengan stafnya yang memiliki sertifikasi resmi.

Kemudian untuk IPOTFUND, perusahaan ini memiliki jauh lebih banyak produk dan perusahaan manajemen investasi di dalamnya. Menurut informasi, mereka menjual sebanyak 102 jenis produk reksa dana dari 23 perusahaan manajemen investasi. Bisa dikatakan perusahaan ini menjual dua kali lebih banyak dari Commonwealth Bank. Beberapa perusahaan manajemen investasi yang menjual produknya di sini adalaha AXA Asset Management Indonesia, BNI Asset Management, Equity Securitites Indonesia, dan 20 perusahaan lainnya.

Ada dua hal yang diklaim menjadi kelebihan dari IPOT FUND. Pertama, berbeda dengan Commonwealth Bank, mereka tidak memerlukan tanda tangan dari investor ketika akan melakukan transaksi. Artinya, semua proses dilakukan secara online lewat situs yang mereka sediakan. Kelebihan ini tentu saja membuat investor tak perlu datang ke kantor ataupun kantor cabang. Kepraktisan ini akan sangat dirasakan oleh para investor yang berasal dari luar Jawa yang barangkali masih kesulitan untuk menemukan kantor cabang yang ada. Kedua, mereka menggratiskan biaya pembelian dan penjualan. Seperti yang kita tahu, biasanya memang ada biaya yang dibebankan kepada investor tiap kali dia membeli (dan menambah) ataupun mencairkan reksa dana. Biaya ini adalah salah satu yang perlu diperhitungkan dalam tips memilih reksa dana yang bagus.

Baca: Cara Memilih Reksa Dana yang Bagus

Nah, kesimpulan yang bisa kita tawarkan adalah memang supermarket reksa dana online ini memungkinkan investor lebih mudah untuk melakukan transaksi. Dengan kata lain, peluang masyarakat untuk berinvestasi melalui produk reksa dana akan lebih luas. Kita bisa memilih, baik produk reksa dana maupun perusahaan manajemen investasinya, tanpa harus berpindah dari ruangan kerja kita. Tetap ikuti berbagai macam tulisan tentang reksa dana di situs ini.