Belanja Hemat Untuk Gaji Kecil

Belanja adalah hal yang dilakukan setiap orang hampir setiap hari. Entah itu membeli sebotol air mineral tetaplah namanya belanja. Kata –kata belanja jika dibaca bagi sebagian orang menjadi momok menakutkan bagaimana tidak biasanya ini berkaitan dengan pemborosan dan hal lain sebagainya. Bagi anda para wanita belanja adalah kewajiban apalagi jika didepan toko tertulis kata SALE atau DISKON. Bukankah anda akan berlari kesana. Banyak hal yang terjadi ketika berbelanja tanpa sadar anda membeli barang – barang yang sebenarnya tidak terlalu anda butuhkan.

Belanja Hemat

Ketika sampai rumah anda memandangi kantong – kantong belanja anda dan terpaku dengan betapa banyaknya anda mengeluarkan uang dalam sehari. Meski saat itu anda menyesal dan bertekad tak akan melakukan lagi tetap saja kejadian seperti itu akan terulang lagi, lagi dan lagi bukan. Semua yang saya beli berarti saya membutuhkannya. Inilah dalih para orang yang doyan berbelanja. Anda tidak bisa menyalahkannya karena kemampuan setiap orang berbeda.

Sumber: http://1.bp.blogspot.com/

Sumber: http://1.bp.blogspot.com/

Ya, kemampuan membeli seseorang didapatkan dari seberapa penghasilan yang mereka dapatkan. Tentu kita tidak dapat meniru gaya para sosialita yang berbelanja tas mewah seharga dua mobil keluarga yang sangat terkenal. Bayangkan satu tas itu seharga dua mobil. Untuk anda yang bekerja dikantor sebagai karyawan membeli mobil seharga 500 juta sudah pasti anda akan memilih pembayaran dengan cara mengangsur. Tidak bagi para sosialita tas yang mereka bawa kemana – mana seharga miliaran itu dibeli dengan cash. Rumah mode di Paris tidak mungkin menerima pembayaran secara mengangsur kecuali menggunakan kartu kredit.

Menggunakan kartu kredit pun mereka akan melunasi tas tersebut kurang dari setahun. Mengapa? Karena tahun depan rumah mode itu sudah meluncurkan produk baru yang tak kalah cantik, mahal dan limited edition. Semakin limited barang itu maka semakin dicari oleh sosialita. Prestige. Mari kita tinggalkan mereka para sosialita yang tak akan habis dibahas. Anda tahu jika terus mendongakkan kepala anda keatas , kepala anda akan sakit. Jika menundukkan kepala terus menerus juga akan sakit. Maka lihatlah lurus kedepan. Jangan risaukan orang lain yang mempunyai banyak mobil mewah digarasi rumah mereka. Fokuslah pada diri anda sendiri.

Dimana anda berpijak saat ini dan berapakah penghasilan yang masuk ke dalam kantong anda setiap bulannya. Tak perlu sedih tak bisa membeli merk fashion kelas atas. Ingatlah masih banyak orang dibawah anda yang bahkan tidak bisa makan nasi setiap hari. Berapapun penghasilan anda, anda masih dapat berbelanja. Berbelanja sesuai dengan kemampuan anda tentunya. Bagaimana bisa belanja tagihan saya sangat banyak. Awal bulan saja saya harus membayar tagihan telpon, internet, listrik, dll. Belum lagi tagihan kredit motor. Belum lagi menabung untuk menikah. Ups. Anda masih bisa belanja.

Prioritaskan apa yang harus anda bayar terlebih dahulu dan tabung penghasilan anda secukupnya. Setelah semuanya selesai bukankah masih ada sisa dari penghasilan anda. Anda pasti akan membelanjakan uang anda untuk membeli bahan makanan. Semua orang membutuhkan makan untuk hidup dan beraktifitas. Ingatlah prioritas, saat membeli bahan makanan pun anda harus memprioritaskan mana yang sangat dibutuhkan mana yang tidak begitu dibutuhkan. Ingat kalap mata tidak diizinkan disini. Masih banyak yang harus anda penuhi. Setelah bertahun – tahun bekerja karena penghasilan kecil anda melupakan pakaian, celana / rok, dan sepatu yang anda pakai sudah usang. Penampilan juga tetap diperlukan dalam bekerja. Jangan sampai rekan kerja anda terganggu karena penampilan anda yang lusuh dan sepatu yang bau.

Tenang, anda tidak memerlukan pakaian baru satu bulan sekali. Banyak tempat yang menjual keperluan mode, fashion atau gaya. Mall bukanlah tujuan yang tepat jika anda memiliki penghasilan yang kecil. Pasar – pasar tradisional atau toko – toko pinggir jalan biasanya akan memberikan harga yang jauh lebih murah daripada mall dengan kualitas yang tidak kalah bagus jika anda teliti memilih. Jadi penghasilan kecil tidak membatasi anda untuk tidak berbelanja. Anda masih bisa belanja untuk orang – orang yang anda sayangi misal memberi kado saat mereka sedang merayakan ulang tahun. Membeli kado untuk seseorang yang anda sayangi bukanlah pemborosan karena ini hanya 1 hari dari 365 hari dalam satu tahun. Juga ingatlah beli sesuai dengan kemampuan anda dan ingat masih ada hari esok yang panjang. Selamat berbelanja.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *