Belajar Wirausaha dengan Modal Kecil

Di tengah padatnya penduduk, tidaklah mudah mencari pekerjaan sekarang ini atau bagi anda para karyawan yang gajinya tidaklah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Inilah saatnya anda memulai usaha baru. Bagi anda yang ingin memulai usaha baru tetapi anda tidak mempunyai modal yang cukup besar. Anda tidak perlu takut karena memulai usaha dengan modal kecil tidaklah sulit. Mengapa saya berkata demikian? Dengan banyaknya kebutuhan setiap penduduk, disinilah celah untuk mencari peluang usaha. Berikut tips untuk belajar wirausaha dengan modal kecil.

Pertama tentukan jenis usaha apa yang ingin mulai. Mulailah jeli melihat jenis usaha yang diperlukan di sekitar lingkungan kita. Contohnya manusia mempunyai kebutuhan pokok untuk melangsungkan kehidupan mereka seperti pangan, sandang dan tempat tinggal. Dari kebutuhan pangan saja, anda dapat membuka usaha makanan dari kue, bahan-bahan pokok seperti beras, gula, dll. Dari kebutuhan sandang, anda dapat memulai usaha jualan baju anak-anak, baju orang dewasa. Modal yang diperlukan juga tidak banyak. Jika anda hanya mempunyai modal sedikitnya 5 juta, anda sudah dapat memulai usaha.

Anda tidak perlu memerlukan tempat atau lahan yang besar. Anda dapat memulai usaha anda dengan menggunakan tempat tinggal anda sendiri. Anda dapat menggunakan kreatifitas anda sendiri dengan menggunakan bahan yang sangat murah. Lebih baik lagi anda membuat kreatifitas yang baru atau barang yang unik, yang orang lain belum buat misalnya kerajinan tangan.

Kedua, Anda perlu mencari tahu sasaran usahamu. Mengapa anda perlu menentukan sasaran usahamu? Pembeli perlu mengenali dimana barang yang akan dicarinya misalnya pembeli perempuan mencari pakaian tidur. Berarti sasaran usahamu adalah perempuan dan pakain tidur wanita. Dengan mengenali sasaran usaha, anda dapat lebih fokus dan dapat menentukan strategi usaha anda dengan lebih baik.

Ketiga, Anda tidak perlu ragu untuk memulai usaha dengan modal kecil. Saat ini sudah banyak pengusaha besar yang memulai usahanya dengan modal yang kecil. Apalagi saat ini teknologi sudah canggih. Kita dapat memanfaatkan internet sebagai tempat kita berjualan. Banyaknya sosial media, dapat kita gunakan untuk dapat mempromosikan usaha kita. Belajarlah membangun jaringan di sosial media. Disinilah kesempatan besar anda untuk dapat memperkenalkan jaringan bisnis anda. Dengan menggunakan fasilitas internet, anda dapat menjalankan usaha kapanpun dan dimanapun anda berada, Anda harus dapat pintar membagi waktu jika anda menjalankan usaha ini sebagai sampingan.

Untuk mempromosikan usaha anda di sosial media, anda tidak perlu setiap saat menampilkan produk usaha anda. Mulailah dengan membagikan tips sesuai dengan usaha anda. Misalnya jika usaha berhubungan dengan produk perempuan, anda dapat membagikan artikel atau tips seputar perempuan. Semakin anda sering eksis di sosial media, semakin banyak orang yang akan melihat barang anda.

Keempat, Jelaskan secara detail data produk anda. Pembeli harus mengetahui dengan jelas produk yang anda jual. Setiap data terutama foto haruslah jelas. Yakinlah pembeli agar tertarik dengan produk usaha anda. Berikan foto atau gambar semenarik mungkin. Cantumkan juga data kontak yang jelas. Berikanlah kepercayaan kepada pembeli bahwa barang yang dibeli adalah barang yang berkualitas baik. Demikian tips yang saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi anda sekalian.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *