Belajar Dari Merry Riana

Merry Riana adalah seorang pengusaha, penulis dan motivator yang lahir di Jakarta pada tahun 1980. Banyak yang telah dicapai oleh Merry Riana bahkan disaat umurnya belum mencapai 30 tahun, hal itu membuat banyak orang menganggap Merry sebagai seorang perempuan yang sangat luar biasa. Disaat Merry Riana masih berusia 26 tahun dia sudah berpenghasilan mencapai 1 juta dollar dan diliput oleh berbagai media massa.

Merry Riana

Tidak hanya media massa dalam negeri, tapi juga luar negeri seperti Negara tetangga yakni Singapura, Malaysia, dan Vietnam pun turut serta meliput kesuksesan yang telah dicapai Merry Riana saat itu. Semua kesuksesan yang telah diraih Merry Riana tidak datang begitu saja. Dia berjuang dengan keras untuk mencapai semua itu. Pada tahun 1998 Merry pergi ke Singapura untuk melanjutkan pendidikannya di Nanyang Technological University dimana pada tahun tersebut Indonesia sedang dilanda krisis moneter dan kerusuhan.

Ketika itu Merry pergi ke Singapura juga bermaksud untuk mengungsi dari kerusuhan yang terjadi di tanah air. Kehidupan Merry di Singapura begitu sederhana, karena dia hanya berbekal uang saku yang terbatas. Demi memenuhi kebutuhan hidup dan kuliahnya Merry terpaksa harus melakukan pinjaman kepada pemerintah Singapura. Meskipun telah berhutang, untuk memenuhi kebutuhan dan kuliahnya pun masih belum mencukupi. Merry berjuang melalui masa kuliah yang begitu sulit dan harus membiasakan dirinya makan hanya dengan mi instan atau roti tawar dan bahkan terkadang harus rela tidak makan sama sekali.

Sumber: http://www.satuharapan.com/

Sumber: http://www.satuharapan.com/

Disela kesibukan kuliahnya yang mengharuskan untuk selalu disiplin, Merry Riana harus melakukan pekerjaan part time untuk membantu memenuhi kebutuhannya. Segala pekerjaan part time dia kerjakan, mulai dari staf di toko bunga, membagi brosur dijalan hingga pelayan restoran di sebuah hotel. Ketika lulus kuliah Merry sadar hutangnya pada pemerintah Singapura telah mencapai 40 ribu dolar dan dia harus segera melunasinya. Untuk melunasi hutang tersebut Merry Riana memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha meski tidak memiliki modal, koneksi ataupun keahlian.

Dia hanya bermodalkan attitude, kerja keras dan ketekunan dimana akhirnya dia berhasil melunasi hutang hanya dalam waktu 6 bulan. Merry Riana saat ini fokus dalam memberikan motivasi dan inspirasi untuk semua masyarakat untuk membantu keberhasilan mereka. Merry Riana ingin membangun generasi baru yang sukses, dimana bisa bertanggung jawab untuk kehidupan mereka yang pada akhirnya akan memberikan kontribusi kembali kapada masyarakat. Merry Riana yakin dengan membagi pengalaman sukses yang telah dia peroleh akan memberikan perubahan positif untuk masa depan bangsa.

Dalam sebuah seminar yang dihadirinya, Merry Riana mengungkapkan tips-tips yang membuatnya sukses, tips tersebut sebagai berikut:

1. Berani Bermimpi

Salah satu kunci sukses adalah mereka yang berani bermimpi setinggi mungkin. Ketika seseorang telah bermimpi mereka akan berfikir bagaimana untuk mewujudkannya. Wujudkan mimpi tersebut dengan terus berusaha untuk melakukan tindakan dan tidak takut jika gagal. Semakin banyak kegagalan diperoleh makan semakin dekat mimpi tersebut.

2. Memiliki Pemikiran Yang Terbuka

Sangat penting memiliki pemikiran yang terbuka. Ketika membuka pemikiran kita, kita secara tidak langsung membuka masa depan kita.

3. Bertindak

Disaat sudah memiliki mimpi, namun tidak ada tindakan yang dilakukan itu akan menjadi percuma, mimpi tersebut hanya akan menjadi mimpi. Segeralah lakukan sesuatu agar mimpi tersebut segera tercapai. Jangan pernah takut akan kegagalan, lebih baik gagal dalam meraih mimpi dari pada gagal tanpa tau bagaimana rasanya berjuang. Merry Riana juga bilang jika “ There is no grow in comfort zone, there is no comfort in grow zone”. Jadi jika ingin sukses jangan hanya bertahan dalam zona nyaman saja.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *