Belajar Hidup Sederhana Meskipun Banyak Uang

Bagi sebagian orang yang sudah mempunyai uang banyak, mereka telah terhanyut untuk memboroskan uangnya. Tiba-tiba usaha kita maju dan menghasilkan keuntungan yang besar sehingga kita dijuluki sebagai orang kaya baru (OKB). Tak lantas memiliki banyak uang, membuat kebiasaan kita yang lama untuk hidup sederhana berganti menjadi hidup mewah. Memang dengan uang, kita dapat membeli segala sesuatu yang kita inginkan. Banyak uang juga merupakan sebuah anugerah dan keberuntungan. Namun jika memakai uang tersebut untuk sesuatu yang tidak penting, maka hidup kita selamanya tidak berarti dan sia-sia begitu saja.

Saya berikan contoh yang nyata yaitu seorang artis pemeran Harry Potter. Anda pasti pernah menonton film yang terkenal ini bukan? Ya, Film ini sudah membuat seorang remaja berusia 13 tahun menjadi terkenal hingga sekarang. Sejak memerankan tokoh Harry Potter, Daniel menjadi seorang remaja terkaya. Ketika Film tersebut laris manis ditayangkan di seluruh dunia, Daniel kecipratan untungnya dan mempunyai banyak uang. Sebenarnya dia berhak memilihuntuk merasakan hidup glamor dan mewah. Namun, bagidiahidupnya sekarang tetap sama alias masih suka hidup sederhana.

Hidup diumpamakan sebagai roda yang terus berputar. Terkadang roda dapat berada di atas dan terkadang di bawah. Jika saudara ingin menjamin hidup di masa depan nanti dengan berkecukupan, maka mulai sekarang saudara harus belajar hidup sederhana. Berikut cara-cara yang saya sampaikan untuk belajar hidup sederhana:

  1. Kerja mandiri

Jika saat ini saudara mempunyai usaha, pertahankanlah usaha tersebut dengan segala kemampuan yang saudara miliki. Jangan mudah sombong untuk kekayaan yang anda miliki sekarang. Tetap berusaha rendah hati dan pakailah seluruh kemampuan saudara dengan baik. Tunjukkan bahwa saudara adalah seseorang yang mandiri dan tidak bergantung dengan siapapun.

Jika anda belum mempunyai usaha namun mempunyai modal yang banyak (harta warisan, menang undian), maka pakailah modal tersebut untuk berusaha menghasilkan keuntungan lagi.

  1. Mengatur cash flow dan tabungan

Ya, saudara harus mengatur keuangan atau cash flow. Hitunglah pengeluaran saudara per bulan. Sebelumnya pastikan jumlah pemasukan saudara. Sampai disini anda harus bertahan supaya pengeluaran tidak melebihi pemasukan. Aturlah jumlah belanja saudara. Buatlah catatan-catatan keperluan yang penting. Bertahanlah untuk tidak berbelanja jika memang bukan keperluan penting.

Usahakan untuk menabung tiap bulan. Saudara dapat membuat rekening terpisah untuk tabungan. Tabungan yang kelak akan menjamin masa depan saudara.

  1. Sesuaikan Pergaulan

Pergaulan juga mempunyai peran penting untuk belajar hidup sederhana. Mungkin saudara adalah orang yang mempunyai banyak teman. Berteman dengan banyak orang bukanlah hal yang salah. Namun ketika bergaul, anda harus bijak mengetahui pergaulan mana yang baik atau pergaulan yang sekedar hanya nongkrong di klub dan menghabiskan banyak uang untuk berpesta.

Penting yang harus diingat bahwa saudara menggunakan uang saudara sendiri. Segala resiko atau keperluan, saudara sendiri yang menanggungnya. Mungkin saja teman-teman anda tidak peduli jika saudara akan kehabisan uang dan meminjam kepada mereka.

  1. Jangan mudah tergoda

Nah bagian yang satu ini saudara harus belajar bersabar menahan godaaan. Godaan misalnya disaat gadget keluaran terbaru sudah keluar atau diskon baju dan sepatu besar-besaran. Sebelumnya saya sudah infokan untuk tidak membelanjakan sesuatu yang tidak penting. Pakailah secara maksimal barang tersebut hingga tidak layak dipakai. Jika saudara tergoda terus menerus, uang akan tergerus dan barang-barang menjadi tertumpuk tak terpakai.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *