Belajar hemat dari orang kaya

Banyak orang kaya yang walaupun mempunyai banyak uang dan sanggup membeli apapun, namun mereka tetap hidup sederhana. Mereka tidak perlu membuktikan kepada dunia bahwa mereka punya uang. Kadangkala kita membeli hal-hal yang tidak kita gunakan atau perlukan hanya demi gengsi agar terlihat baik atau hebat dari orang lain. Terkadang ada pula pekerjaan yang menuntut kita agar dapat berpenampilan bagus untuk mendapatkan klien baru atau maintain klien. Jika sudah mempunyai reputasi dan orang telah mengetahui track record kita dengan bersikap sederhana, hal tersebut dapat memberi nilai tambah. Ketika melakukan hal itu sesungguhnya kita menukar apa masa depan dengan masa sekarang. Uang untuk pensiun dihabiskan untuk saat ini. Berikut contoh hemat ala orang-orang kaya dunia:

  • Warren Buffett salah satu orang terkaya didunia masih tinggal di rumah yang ia beli tahun 1958 di Omaha seharga $31.500. Selain itu Mark Zuckerberg (pendiri Facebook), Tim Cook (CEO Apple) juga tinggal di rumah yang sederhana. Karena rumah merupakan salah satu pengeluaran besar maka dengan tinggal dirumah yang sederhana akan menghemat ratusan juta dari pembelian dan pemeliharaan rumah. Tentunya semakin mahal rumah dibutuhkan biaya pemeliharaan yang sebanding juga.

luxury.holiday.houses

  • Mark Zuckerberg memiliki mobil sederhana Acura TSX seharga $30.000, yang kalau dirupiahkan kurang dari 0.5 milliar. Bandingkan dengam mobil lain yang harganya dapat diatas 1 milliar. Bagi orang kaya yang memilih mobil sederhana yang penting adalah memiliki suatu kendaraan yang dapat memindahkan mereka dari satu tempat ke tempat lainnya. Untuk Indonesia sekarang hadir Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Datsun GO. Penghematan dari mobil yang sederhana bisa mencapai puluhan juta rupiah.
Mobil Ferrari

Mobil Ferrari

  • Pendiri Google Sergey Brin, Larry Page dan Mark Zuckerberg hanya mengenakan jeans dan a t-shirt sehari-harinya dan tidak membeli pakaian branded. Ketika mengunjungi Indonesia Mark Zuckerberg tampil menggunakan kaos berwarna abu-abu hampir disetiap acara. Bagi Mark, ia tidak ingin meluangkan banyak waktu berpikir tentang pakaian apa yang akan digunakan karena waktunya lebih baik digunakan untuk melayani masyarakat. Penghematan dari pakaian ini bisa mencapai jutaan tiap tahunnya.
Mark di Borobudur - tempo.co

Mark dengan pakaian sederhananya di Borobudur – tempo.co

  • Carlos Slim yang pernah menjadi orang terkaya didunia tidak memiliki ‘mainan’ mahal seperti kapal pesiar atau pesawat jet. Bagi kita masyarakat umum, ‘mainan’ mahal ini contohnya perhiasan, jam dan gadget yang mahal, TV layar besar, dan sepeda motor besar. Penghematan dari ‘mainan’ ini bisa mencapai puluhan juta tiap tahunnya.
Pesawat jet - indo-aviation.com

Pesawat jet – indo-aviation.com

Kita dapat belajar dari miliarder dunia bagaimana mereka dapat menghindari pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu dan menggunakan uangnya ke hal yang lebih penting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *