Belajar Dari Orang Terkaya Di Dunia

Siapa pebisnis di dunia ini yang tak ingin menjadi kaya raya. Kekayaan bisa dibilang salah satu bukti kesuksesan dari seorang pengusaha. Dengan berhasilnya sebuah bisnis maka kekayaan pemiliknyapun juga ikut bertambah. Setiap tahunnya beberapa instansi melakukan survey untuk mengumpulkan data orang terkaya di Indonesia maupun di dunia. Anda pasti penasaran dengan siapa sajakan daftar orang terkaya ini, nah untuk informasi lebih lanjut simak yuk selengkapnya berikut ini :

 Daftar Orang Terkaya Di Indonesia

Dari Indonesia sendiri beberapa orang terkaya di dominasi dari kalangan pengusaha rokok dan perbankan. Salah satunya pasti anda kenali dan mungkin menjadi salah satu inspirasi anda. Berikut 5 orang terkaya versi majalah Forbes di tahun 2017.

Sumber : https://colossus.malesbanget.com

5. Dato’ Sri Tahir

Peringkat kelima dari daftar orang terkaya versi Forbes di Indonesia jatuh kepada Dato’ Sri Tahir. Pria yang lahir pada 25 Maret 1952 ini menempati urutan ke 769 dalam daftar orang terkaya di Dunia. Jumlah asset yang dimilikinya digadang – gadang mencapai 39.1 triliun rupiah. Ialah pendiri Mayapada Group yang bergerak dalam bisnis perbankan, media cetak, property hingga rumah sakit. Orang tuanya berasal dari kalangan sederhana yang bekerja sebagai pembuat becak.

Baca Juga:

4. Chairul Tanjung

Peringkat keempat diduduki oleh Chairul Tanjung yang mungkin anda kenal sebagai pemilik stasiun TV nasional yakni Trans TV dan bank Mega. Dalam daftar internasional pria yang dianugerahi dua orang anak ini menempati urutan ke 397 sebagai pria terkaya di dunia. Chairul Tanjung dilahirkan di Jakarta pada 16 Juni 1962 yang juga pernah menggeluti pekerjaan sebagai wartawan di zaman orde lama. Ia merupakan lulusan Universitas Indonesia dan pernah meraih predikat mahasiswa teladan tingkat nasional periode 1984-1985. Jumlah kekayaannya diprediksi mencapai angka 62.4 triliun rupiah.

3. Sri Prakash Lohia

Dari namanya anda pasti mengetahui bahwa ia merupakan pria keturunan India. Sri Prakash Lohia lahir di Kalkuta sebuah kota di India pada 11 Juli 1952. Sejak 1974 ia bermigrasi ke Indonesia bersama ayahnya Mohan Lal Lohal. Indorama Synthetics merupakan salah satu perusahaan yang dirintisnya dan sangat sukses hingga sekarang. Perusahaan ini bergerak dibidang tekstil yakni memproduksi benang pintal. Jumlah kekayaan dari Sri Prakash Lohia sendiri adalah US$5.9 miliar dab menempatkan ia pada peringkat 284 secara global sebagai pria terkaya di dunia.

2. Michael Hartono

Inilah peringkat kedua orang terkaya di Indonesia yang dipegang oleh Michael Hartono. Ia menjabat sebagai direktur PT Djarum yang merupakan salah satu perusahaan rokok terbesar di tanah air. Selain bekerja di PT. Djarum ia juga memiliki bisnis kelapa sawit dan kilang pengolahan. Dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes ia menempati urutan ke 135. Jumlah kekayaannya mencapai 143.3 triliun rupiah yang sebelumnya hanya mampu mencapai 9.5 miliar dolar. Kakak dari Budi Hartono ini pernah menempuh pendidikan formal di Unpad sebelum terjun ke dunia bisnis.

1. Robert Budi Hartono

Hartono bersaudara memang dikenal mendominasi peringkat orang terkaya di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Ini artinya bisnis yang mereka geluti berjalan baik sehingga sukses diterima oleh masyarakat. Pria kelahiran Semarang pada 28 April 1941 ini masuk dalam peringkat 134 dalam daftar orang terkaya di dunia. Jumlah kekayaannya mencapai 11.2 miliar dolar atau setara dengan 145.6 miliar rupiah. PT.Djarum yang merupakan perusahaan warisan ayahnya yang bernama Oei Wie Gwan. Siapa sangka jika usaha kecil Djarum Gramophon mampu menjadi perusahaan rokok terbesar di dunia. Robert Budi Hartono juga berinvestasi di bidang bisnis perbankan seperti pada bank BCA.

Daftar Orang Terkaya Di Dunia

Selain orang terkaya di Indonesia anda juga perlu tahun tentang siapa saja yang termasuk dalam daftar orang terkaya di dunia. Berikut 5 orang terkaya di dunia versi majalah Forbes tahun ini :

1. Bill Gates

pria terkaya sedunia jatuh pada Bill Gates yang tidak lain merupakan pendiri Microsoft. Walaupun dikenal sebagai pria paling kaya di dunia ia juga dikenal dermawan dan kerap mendonasikan kekayaannya untuk kepentingan social. Tahukah anda bahwa sejak tahun 1996-2004 ia berturut – turut dinobatkan sebagai pria terkaya di dunia. Setiap detiknya Bill Gates bahkan mampu mengantongi US$250. Total kekayaan yang dimilikinya saat ini mencapai US$86 miliar atau setara dengan 1.143 triliun rupiah. Pria kelahiran 28 Oktober 1955 ini dikenal menyukai computer sejak kecil dan dikenal genius. Nilai SAT yang mampu didapatkannya meraih skor hampir sempurna yakni 1590 padahal nilai SAT tertinggi ialah 1600.

2. Warren Buffet

Posisi kedua orang terkaya di dunia dipegang oleh Warren Buffet dengan jumlah kekayaan mencapai 1.005 triliun rupiah. Sejak umurnya menginjak 11 tahun Warren Buffet telah berani membeli saham sendiri. Saat itu ia membeli saham Cities Services dengan nilai US$38.25 per lembarnya. Tak berhenti disitu saja saat ia berumur 14 tahun ia kemudian membeli 40 hektar tanah pertanian. Ia kemudian menyewakanya dan mendapatkan keuntungan pasif dari lahan tersebut. Walau dikenal kaya raya tak lantas membuatnya hidup berfoya – foya. Ia diketahui hanya memiliki 2 jet pribadi dan 1 yatch mewah untuk bersenang – senang. Pemiliki saham Berkshire Hathaway ini juga dikenal pekerja keras sehingga perusahaannya bisa sukses hingga sekarang.

3. Jeff Bezos

Anda gemar belanja online di Amazon? Jika iya patutnya anda mengenal pendirinya yang tidak lain ialah Jeff Bezos. Total kekayaannya mencapai 968 triliun rupiah yang merupakan lulusan teknik elektro dan ilmu computer Universitas Priceton. Setelah lulus pada tahun 1986 ia mulai berkarir sebagai ahli computer di Wall Street. Ia kemudian pindah bekerja pada di D.E.Shaw & Co dan keluar pada tahun 1994. Setelah pindah ke Seattle ia pun mulai merintis Amazon di garasi rumahnya.

4. Amancio Ortega

Merek fashion Zara memang sangat diminati pasar dan menjadi salah satu brand yang diperhitungkan. Faktanya pendiri dari Zara ini ternyata berasal dari keluarga yang tidak mampu yakni Amancio Ortega. Ibunya merupakan ibu rumah tangga sedangkan sang ayah bekerja di stasiun kereta api. Ia pun pernah putus sekolah saat menginjak umur 13 tahun yang kemudian menghantarkannya bekerja di tempat pembuatan pakaian mewah. Dari sinilah Zara berasal, melalui pengalamannya tersebut ia akhirnya mampu membuka toko Zara di Spanyol. Siapa sangka bahwa Zara bisa laris manis dan membuan Amancio menempati posisi ke empat dalam daftar pria terkaya di dunia. Kekayaannya mencapai 948 triliun rupiah.

5. Mark Zuckenberg

Posisi terakhir dalam daftar 5 orang terkaya di dunia kali ini jatuh pada bos Facebook yang tidak lain ialah Mark Zuckenberg. Kekayaannya saat ini tercatat mencapai 744.8 triliun rupiah padahal diawal masuknya facebook ke pasar saham Mark hanya mampu mengumpulkan 13.5 triliun rupiah saja. Bapak satu anak ini juga pernah berkunjung ke Indonesia yang notabenenya memiliki pengguna facebook terbesar di dunia. Walau dikenal kaya raya Mark selalu menerapkan hidup sederhana dan tampil kasula di setiap kesempatan.

Kebiasaan Orang Terkaya Yang Patut Anda Contoh

Bergelimang harta bukan berarti anda bebas untuk menghambur – hamburkan uang sesuka anda. Tidak adanya kontrol dalam pengeluaran akan membuat anda dengan mudah jatuh bangkrut. Sikap rendah hati dan kebiasaan positif yang dilakukan orang – orang terkaya ini mungkin bisa menjadi inspirasi anda. Kebiasaan mereka akan mampu memberikan contoh bagaimana menghadapi godaan kekayaan.

Bangun Pagi

Kebiasaan yang patut anda contoh dari orang – orang terkaya di dunia ini mungkin kebiasaan mereka dalam bangun pagi. Walau sudah kaya raya mereka tidak membiasakan diri untuk bangun siang dan bermalas – malasan. Bill Gates saja mengatakan bahwa ia perlu waktu tidur malam yang cukup paling tidak 7 jam agar mampu meningkatkan kreativitasnya. CEO Apple yakni Tim Cook , CEO Walt Disney yaitu Robert Allen Iger paling siang bangun pada pukul 5 pagi. Mereka kemudian berolahraga dan melanjutkan aktivitasnya.

Menurut penelitian yang pernah dilakukan pada tahun 2008 oleh Universitas Texas menyatakan bahwa mahasiswa yang sering bangun pagi cenderung memiliki nilai IPK tinggi. Bangun pagi juga bermanfaat bagi kesehatan anda lo. Salah satunya ialah membuat mental anda lebih positif, lebih bahagia dan tubuh lebih segar. Orang yang sering bangun pagi akan lebih energik sehingga lebih produktif. Bangun pagi juga mampu melancarkan peredaran darah, meningkatkan daya ingat, menyehatkan jantung dan paru – paru anda.

Membaca

Siapa bilang pendidikan itu tidak penting dalam dunia bisnis? Pendidikan tak harus melulu berasal dari sekolah atau institusi pendidikan. Anda juga dapat memperoleh pengetahuan melalui membaca buku sama halnya yang sering dilakukan Bill gates. Walau dikenal sebagai pria genius namun ia selalu menyempatkan diri untuk membaca buku. Bacaanya juga bervariasi mulai dari ensiklopedia hingga fiksi ilmiah. Selain Bill Gates ternyata Warren Buffet juga gemar membaca berita local dan nasional.

Walau umurnya tak mudah lagi namun ia tak pernah melewatkan informasi dunia untuk mengetahui infomasi pasar. Obama mantan presiden AS juga selalu menyempatkan waktu untuk membaca Koran local, majalah sampai laman online. Cheryl Bachelder yang merupakan pemilik gerai makanan Popeyes juga dikenal rajin mebaca buku khususnya yang bertemakan leadership. Apalagi CEO starbuks yakni Howard Schultz tidak pernah lepas membaca berita untuk mengikuti perkembangan zaman.

Berhemat

Menjadi kaya tak lantas membuat orang kaya ini hidup mewah dan berfoya – foya. Mereka tahu betul susahnya mencari uang sehingga selalu hidup sederhana dan berhemat. Warren Buffet tinggal di sebuah rumah kecil dan selalu mengingatkan untuk tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan. Tahukah anda jika Charlie Ergen saja yang merupakan pemilik Dish Network rajin membawa bekal makan siang. Menu makan siangnya juga sederhana yakni sandwich dan minuman ringan. Padahal disisi lain ia memiliki kekayaan bersih hingga US$18.2 miliar.

Rendah Hati

Inilah salah satu sifat yang wajib anda miliki yakni sikap rendah hati sehingga anda tidak mudah terlena dengan kesuksesan sesaat. Hal inipun juga ditunjukkan oleh pendiri Zara yakni Amancio Ortega. Ia tidak segan untuk bergabung dengan karyawannya saat makan siang di kafetaria. Penampilannya juga sederhana yakni memakai blazer biru, kemeja putih dan celana abu – abu.

Ia juga jarang memakai jet pribadinya yang memiliki harga hingga US$45 juta karena waktunya habis untuk bekerja. Hal ini juga ditunjukkan oleh Mark Zuckenberg selaku pendiri Facebook. Mark juga dikenal bergaya santai dengan kaos dan jeans dalam menghadiri berbagai event. Ia bahka hanya menghabiskan US$700 untuk kebutuhan pakaiannya. Gaya santainya ini menunjukkan bahwa menjadi orang kaya bukan waktunya untuk pamer malah anda harus lebih rendah hati. Masih banyak orang yang lebih kaya dari anda untuk disombongkan dan masih banyak orang miskin yang perlu anda pedulikan.

Beramal

Satu kebiasaan orang kaya yang patut anda tiru dari orang kaya ini ialah mereka suka beramal. Salah satu contohnya ialah Bill Gates yang menyumbangkan sekitar US$4.6 juta untuk kegiatan kemanusiaan. Selain Bill Gates ada juga Warren Buffet, Chuck Fenney dan George Soros yang suka sekali beramal. Warren menyumbangkan kekayaanya senilai 61 miliar dolar serta mendirikan organisasi The Giving Pledge. Goerge Soros menyumbangkan 54 persen dari seluruh kekayaannya untuk kepentingan kemanusiaan. Mark Zuckenberg bahkan menyumbangkan 35 miliar dolar pada yayasan. Ini artinya anda tidak akan miskisn hanya karena bersedekah malah sebaliknya. Setiap sen yang anda berikan akan dilipat gandakan dan menambah kekayaaan anda melalui jalan yang tak bisa diprediksi.

Berolahraga

Buat apa kaya raya jika anda sakit – sakitan tentu kerja keras anda selama ini akan terbuang sia – sia. Olahraga banyak dilakukan oleh orang ternama diatas apalagi golf. Menurut penelitian juga dikatakan bahwa orang yang lebih sering berolahraga akan memiliki kesempatan jauh lebih besar menjadi orang kaya dibanding yang tidak.

Tidak Manja dan peduli Lingkungan

Yang terakhir adalah mereka tidak dibiasakan untuk bersikap manja dan peduli akan lingkungan sekitarnya. Pendiri IKEA yakni Ingvar Kampard walau mampu membeli mobil mewah namun ia lebih memilih menggunakan transportasi umum untuk bepergian. Ia juga senang menaiki pesawat kelas ekonomi atau makan siang bersama karyawannya di kafetaria. Selain itupara orang kaya juga memiliki kepedulian akan lingkungannya. Sebut saja Azem Premji yakni pemilik Wipro Ltd yang gemar mendorong karyawannya untuk berhemat listrik.

Kata Motivasi Dari Mereka Yang Dikenal Kaya

Tidak hanya sering memberikan inspirasi bagi banyak orang melalui kebiasaan mereka ternyata para orang kaya ini gemar memberikan motivasi. Tidak harus memulai dari contoh yang besar melalui kata – kata mereka saja sudah banyak membuat orang – orang tergerak hatinya. Berikut kata motivasi dari orang kaya ini yang bisa jadi motivasi hidup anda:

“Resiko Terbesar Adalah Tidak Mengambil Resiko Sama Sekali “ Mark Zuckenberg

Anda tahu resiko paling besar yang dihadapi oleh pendiri Facebook tidak lain adalah tidak berani mengambil resiko. Setiap bisnis itu memiliki resiko namun resiko yang paling besar ialah berdiam diri karena anda bisa saja melewatkan jalan untuk menuju kesuksesanmu.

“ Hidup Memang Tidak Adil Jadi Biasakanlah” Bill Gates

Hidup itu memang tidak adil jadi anda harus membiasakannya. Membiasakan untuk menerima, membiasakan diri untuk jatuh lalu bangkit. Membiasakan diri untuk menerima perubahan yang ada dan menjadi pribadi yag lebih baik.

“ Ciptakan Investasi Untuk Sumber Kedua penghasilan Anda. Jangan Bergantung Pada Satu penghasilan “ Warren Buffet

Bisnis itu mudah berubah dan jatuh bangun untuk itu mulailah berinvestasi agar siap menghadapi resiko yang tak diharapkan di masa depan. Jangan tergantung pada satu sumber saja buatlah sumber pendapatan lainnya agar dana anda tak mudah habis. Lakukanlah selagi anda masih memiliki cukup kekayaan, buktinya banyak orang kaya diatas yang memiliki beragam bisnis.

Apapun pekerjaaan atau bisnis anda saat ini ingatlah bahwa kesuksesan itu bisa dimiliki oleh siapa saja. Tak berdasarkan pendidikannya, jenis kelaminnya bahkan kaya atau miskinnya. Jangan mudah terlena dengan kekayaan anda atau menyombongkan diri.

Loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *