Belajar Dari Bisnis Kuliner Artis

Belajar Dari Bisnis Kuliner Artis-Dunia bisnis bukan hanya digandrungi oleh kalangan investor atau anak muda saja namun juga dari kalangan artis. Jika anda melihat trend pasar saat ini banyak sekali bisnis kuliner yang didirikan oleh artis tanah air.  Dengan berbisnis anda mampu menambah pundi-pundi keuangan anda dan mengembangkan modal yang semula hanya seberapa menjadi lebih banyak lagi. Sama halnya dengan para artis yang pasti ada masa pasang surutnya sehingga untuk memenuhi kebutuhan hidup maka banyak pula yang mencoba berbisnis.

Keuntungan Berbisnis Kuliner

Belajar Dari Bisnis Kuliner Artis

Sumber: www.style.tribunnews.com

Bukan tanpa alasan banyak orang menggeluti bisnis kuliner sebab dijamin bisnis lainnya kuliner termasuk yang low modal namun bisa high profit. Gak percaya? Yuk simak keuntungan berbisnis berikut ini :

Baca Juga:

Siapapun Bisa Melakukannya Dengan Modal Berapapun

Kuliner memang menjadi salah satu bisnis yang paling difavoritkan masyarakat saat ini. Tidak hanya para pemilik modal besar saja yang giat membangun bisnis kuliner namun juga masyarakat kalangan menengah kebawah. Modalnya tak terbatas dan bisa dilakukan siapapun dan dimanapun. Ide bisnis makanan tak terbatas dan terus berkembang seiring perkembangan zaman. Tak hanya orang dewasa saja bahkan anak-anakpun kalau mau juga bisa mencicipi dunia kuliner ini.

Makanan Merupakan Kebutuhan Primer

Sebagai manusia kebutuhan akan makan tentu merupakan kewajiban. Semua orang pasti membutuhkan makanan untuk bertahan hidup begitu pula anda. Makanan pula yang bisa mempererat suatu hubungan misalnya saja saat meeting kerja tak jarang banyak dilakukan di café ataupun restaurant.

Bisnis Sepanjang Masa

Bisnis kuliner sering dikatakan sebagai bisnis yang tak ada matinya. Tak heran jika anda masih mudah mendapati restaurant yang masih ramai hingga kini walau didirikan sebelum anda dilahirkan. Bisnis kuliner juga terus berinovasi sehingga selalu ada yang baru untuk dicoba konsumen.

Target Pasar Luas

Keunggulan bisnis kuliner ini ketimbang bisnis lainnya ialah target pasarnya yang amatlah luas. Anda bisa membidik segala umur dari berbagai latar belakang.  Tidak hanya kalangan menengah keatas saja yang bisa anda bidik tetapi juga kalangan menegah kebawah. Apalagi kini banyak dibuka shopping online untuk varian makanan yang bekerja sama dengan driver online. Adanya media sosial juga mendukung bisnis anda mudah dikenal di berbagai tempat.

Kelemahan Bisnis Kuliner

Walaupun memiliki banyak keuntungan bukan berarti bisnis kuliner ini tanpa cacat. Ada pula kelemahan yang bisa anda temukan dalam bisnis kuliner. Kelemahan apa saja yang dimaksud, yuk simak selengkapnya berikut ini :

Persaingan Super Ketat

Kelemahan pertama yang anda temukan dalam bisnis kuliner ialah tingginya persaingan. Dikarenakan bisnis ini memiliki modal fleksibel maka banyak pula yang mencoba untuk terjun mendirikan usaha kuliner. Jika anda ingin bertahan dalam bisnis ini maka jangan berhenti untuk berinovasi dan mencoba resep-resep baru agar tidak mudah ditiru oleh competitor.

Rentan Kadaluarsa

Kerugian yang kedua ialah makanan anda rentan dengan kadaluarsa. Apalagi jika makanan yang anda tawarkan merupakan makanan berkuah atau tipikel prasmanan. Sisa makanan yang belum terjual tentu menjadi kerugian tersendiri khususnya yang memiliki kadaluarsa harian.

Jika Salah Perhitungan Bahan Baku Bisa Terbuang Percuma

Membuka usaha kuliner anda harus pintar-pintar memperhitungkan bahan makanan yang harus dibeli. Jika berlebihan tentu akan menyisakan makanan dan jika kurang anda melewatkan konsumen baru yang bisa menjadi pelanggan tetap warung atau restaurant yang anda bangun.

Belajar Dari Bisnis Kuliner Artis

Sebelumnya telah kita bahas tentang kekurangan dan kelebihan dari bisnis kuliner. Usaha kuliner ini telah menarik banyak kalangan masyarakat tanpa kecuali artis. Beberapa dari bisnis artis ini bahkan cukup sukses dan diminati masyarakat. Ada baiknya pula apabila anda mempelajari strategi-strategi yang dimiliki artis tanah air dalam usaha kulinernya terlebih jika anda masih pemula dibidang ini.

Belajar Dari Bisnis Kuliner ArtisKuliner Anda Harus Populer Dulu

Namanya juga artis tentu sudah bikin penasaran walau hanya mendengar namanya saja. Keunggulan bisnis kuliner yang dipegang para artis ini ialah mereka sudah punya strategi branding dari nama mereka sendiri. Untuk itu ada baiknya membuat nama kuliner anda beken dulu dikalangan masyarakat. Ada beberapa cara untuk membuat bisnis kuliner anda populer. Anda bisa mencoba strategi endorse yang membuat produk anda cepat dikenal. Jangan asal pilih endorse lo sebab tokoh yang mengendorse produk anda jua merupakan citra dari kuliner yang anda tawarkan.

Belajar Dari Bisnis Kuliner ArtisUnik

Strategi bisnis yang kedua ialah keunikan. Untuk menjadi pemimpin pasar kuliner anda harus berani berkreasi dan tak takut menjadi yang berbeda dalam segi resep dan inovasi. Biarpun banyak kue kekinian yang dianggap memiliki rasa dan bentuk yang sama namun produk mereka memiliki keunikan dari segi nama dan mascot yang digunakan.

Belajar Dari Bisnis Kuliner Artis  – Berkonsep Oleh-Oleh Khas Daerah

Ini dia salah satu strategi ampuh dari bisnis kuliner artis yang saat ini sedang tren banget. Mereka umumnya mengusung konsep oleh-oleh khas suatu daerah. Beberapa artis bahkan hanya membuka gerai di daerah kota tersebut sehingga kesan oleh-oleh daerahnya semakin kental. Mereka juga menggunakan bahasa lokal untuk tema maskot dan tagline promosinya. Belum lagi nama kota yang disematkan disamping nama produk seperti Bogor raincake, Palembang Lamington, Surabaya Snowflake dan masih banyakk lagi lainnya.

Belajar Dari Bisnis Kuliner ArtisKemasan Kuliner yang Wow

Selain itu kemasan produk para artis ini juga menarik jika anda simak dengan seksama. Bisa dibilang jika dijadikan oleh-oleh untuk saudara sangat layak dan terkesan prestise banget. Umumnya kemasan produk dirancang full color dengan background produk yang menggugah selera anda untuk  segera mencicipinya.

Belajar Dari Bisnis Kuliner ArtisPromosi Social Media Cukup Gencar

Produk para artis ini bila anda cermati banyak yang tak dipromosikan melalui TV atau media cetak. Mereka cenderung mengandalkan promosi online seperti media social. Instagram, twitter hingga facebook menjadi salah stau media sosial yang mutlak dimiliki oleh kuliner para artis tanah air.

Belajar Dari Bisnis Kuliner ArtisPunya Tim Yang Solid

Satu lagi strategi bisnis kuliner artis  yang patut anda contoh ialah memiliki tim yang amat solid. Walau tak bisa memasak kuliner yang ditawarkannya mereka punya peran sendiri dalam tim.  Untuk bisnis skala kecil disarankan untuk berkordinasi dengan teman atau keluarga yang bisa dipercaya begitu nasihat Teuku Wisnu yang juga sukses berbisnis kekinian.

Belajar Dari Bisnis Kuliner ArtisPantang Menyerah dan Niatkan Yang Baik

Terakhir, yang perlu anda terapkan dalam bisnis anda ialah jangan mudah menyerah. Selau niatkan yang baik agar hasil yang diperoleh juga baik. Jadikanlah komentar dan kritik konsumen anda sebagai jalan menuju kesuksesan. Dari segala saran yang diterima akan membuat kekurangan dari bisnis kuliner anda tertutupi jika mau memperbaikinya.

Artis-Artis Yang Sukses Dengan Kue Kekinian

Setelah dari tadi disebutkan pasti anda penasaran dengan siapa saja artis yang sukses berbisnis kuliner khususnya kue kekinian. Yuk simak sama-sama daftar artis sukses berbisnis kue kekinian berikut ini :

Belajar Dari Bisnis Kuliner Artis – Teuku Wisnu

Namanya sebagai actor dan presenter tak perlu anda ragukan lagi. Lama tak on air di layar televisi nasional ternyata Teuku Wisnu disibukkan dengan bisnis kue kekiniannya yaitu Malang Strudel. Seperti namanya kue satu ini sudah menjadi oleh-oleh khas yang wajib anda beli jika berkunjung ke kota Malang, Jawa Timur. Tak hanya membuka gerai sendiri ternyata Teuku Wisnu juga menyewa kios di tempat public seperti stasiun Kota Baru Malang. Teuku Wisnu ini merupakan artis pertama yang membuka usaha kue kekinian lo.

Belajar Dari Bisnis Kuliner Artis – Zaskia Adya Mecca

Istri sutradara Hanung Bramatyo ini ternyata juga melirik usaha kuliner terlebih kue kekinian yang lumayan booming. Ia membuka usaha kue yang diberi nama mamahke Jogja yang juga kerap berpromosi dengan bahasa Jawa kental. Mamahke ini juga kerap mengisi kegiatan sosial seperti donor darah agar rejekinya semakin lancar.

Belajar Dari Bisnis Kuliner Artis  – Laudya Cyntia Bella

Untuk kota Bandung ternyata artis cantik Laudya Cyntia Bella tak mau ketinggalan bisnis kue kekinian ini. Alhasil iapun meluncurkan Bandung makuta sebagai kue kekinian andalannya.  Harganya sekitar Rp.55.000 – Rp. 75.000 tergantung varian yang anda pilih. Walau tergolong masih baru namun minat pasar akan Bandung makuta benar-benar luar biasa. Instagramnya saja sudah memiliki followers lebih dari 150 ribu account.

Belajar Dari Bisnis Kuliner Artis  – Dude Herlino

Suami dari Alyssa Soebandono ini tak mau ketinggalan untuk mencicipi keuntungan dari bisnis kue kekinian. Dude herlino sukses dengan meluncurkan Jogja Scrummy yang cukup laris manis dipasaran. Ia bahkan telah memiliki 4 gerai atas bisnis kue yang digelutinya.

Belajar Dari Bisnis Kuliner ArtisVidi Aldiano

Penyanyi dnegan suara khas Vidi Aldiano juga memiliki bisnis kue kekinian yang diberi nama Vidi Vini Vici. Kue ini dibandrol dengan harga Rp.73.000 an dan dijamin mampu bertahan di kulkas selama 5 hari. Vidi vini vicii meruoakan salah satu kue kekinian khas Surabaya yang kaya akan varian pilihan. Anda bisa mencoba rasa emon mint, red velvet hingga kacang keju yang cukup laris manis.

Belajar Dari Bisnis Kuliner Artis  – Irwansyah

Irwansyah cukup sibuk dengan beragam bisnis yang dimilikinya termasuk kue kekinian ini. Ia memiliki beberapa brand kue kekinian seperti Palembang Lamington dan Medan Napoleon. Bukan hanya Irwansyah saja yang gemar berbisnis kue kekinian sang istri juga turut serta membuka kue kekinian sendiri yang diberi nama Surabaya Snowflake.

Belajar Dari Bisnis Kuliner Artis  – Irfan Hakim

Irfan Hakim ternyata juga ikut-ikutan untuk menjajal bisnis kue kekinian yang lagi ngetren saat ini. Bersama Ananda Omesh ia pun membuka Bandung Kunafe sebagai oleh-oleh khas Bandung. Lucunya untuk mendapatan follower yang banyak untuk kunafe mereka berdua membuat video kocak yang disebut dengan tantangan tataruncing. Alhasil berkat video ini banyak pula pengikut bandung Kunafe dan membuatnya dikenal walau umurnya masih beberapa bulan didirikan.

Bisnis Kuliner Artis Selain Kue Kekinian

Bisa dibilang bisnis kue kekinian memang lagi hits banget dikalangan artis yang ingin membuka usaha kuliner. Biarpun begitu beberapa artis tak lantas juga ikut-ikutan untuk menggeluti bisnis kue ini. Mereka malah mampu sukses dengan bisnis kuliner yang mengusung tema berbeda. Kira-kira siapa sajakah mereka ? Yuk simak ulasannya berikut ini:

Belajar Dari Bisnis Kuliner ArtisGeprek Bensu

Walau selalu disibukkan dengan jadwal on air sebagai MC di beberapa stasiun TV nasional namun Ruben Onsu tetap bisa meluangkan waktu untuk berbisnis kuliner. Ruben ternyata mampu sukses dengan mengusung sajian ayam geprek berlevel yang cukup laris manis dipasaran. Buktinya ia mampu memiliki 15 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Harganya juga relative terjangkau yakni Rp.20.000 – Rp.25.000 per porsi dan ada tambahan keju mozzarella di beberapa menunya.

Belajar Dari Bisnis Kuliner Artis  – MAM

MAM merupakan restaurant milik Dian Sastrowardoyo yang mengusung tema makanan sehat. Dibuka didalam Senayan City, Lower Ground MAM menjadi tempat yang asyik untuk makan siang maupun hang out bersama teman dan kerabat. Menu makanan di MAM bebas bahan pengawet dan dijamin sangat bergizi bagi anda yang hendak menjalani pola hidup sehat.

Belajar Dari Bisnis Kuliner Artis  – Filosofi Kopi

Berawal dari novel karya Dee atau Dewi Lestari, filosofi kopi menjadi coffee shop nyata di jalan Melawai 6 Blok M No.8 kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Setelah diangkat menjadi sebuah film, café inipun menjadi sangat laris manis. Apalagi menu kopi yang ditawarkannya juga sangat lengkap dan berasal dari berbagai wilayah propinsi di Indonesia. Nama besar Rio Dewanto dan Chico Jerrico sebagai owner juga ikut berperan penting dalam kesuksesan filosofi kopi.

Belajar Dari Bisnis Kuliner Artis  – Redbox Inc

Siapa yang tidak kenal dengan artis Agnes Monica. Sukses di dunia acting dan menyanyi tak lantas membuatnya lupa akan nusantara. Walau disibukkan dengan karirnya di luar negeri nyatanya agnes masih memiliki waktu luang untuk mendirikan bisnis khususnya di bidang kuliner. Ia membuka restaurant yang diberi nama Redbox Inc dengan mengusung tema masakan tradisional Manado. Berlokasi di jalan Puri Kembangan Raya No.10 A-B juga dikenal dengan menu sup ikan asinnya yang lezat banget.

Belajar Dari Bisnis Kuliner Artis  – Riung Sari

Istri Christian Sugiono yakni Titi Kamal juga meramaikan bisnis kuliner  artis berupa restoran khas sunda yang diberi nama Riung Sari. Selain Riung sari ternyata Titi Kamal juga mendirikan warung Teko Spesial Iga Sapi yang ia dirikan bersama para artis lainnya. Ia juga punya resto ayam jerit yang bisa order via online lo. Restoran yang dikelola juga cukup laris manis lo! Sudah cantik pintar berbisnis lagi.

Belajar Dari Bisnis Kuliner Artis  – Sissy Rice

Dari teman lalu menjadi teman bisnis begitulah awal mula didirikan oleh dua sekawan Natasha Rizki dan Ratna Galih. Dua wanita berhijab ini meluncurkan nasi bullet yang diberi nama dengan Sissy Rice.  Menu nasi buletnya sangat bervariasi mulai dari nasi bulet dengan udang balado, lidah cabe hingga ikan asin. Mereka menargetkan 100 kotak  pesanan setiap bulannya sebelum membuka restoran sendiri.

Belajar Dari Bisnis Kuliner Artis  – Koofee Jedar

Satu lagi usaha kuliner artis yang menarik perhatian public yakni Koofee Jedar. Koofee Jedar ini milik Jessica Iskandar yakni pemain sinetron dan presenter kenamaan tanah air.  Ada beragam varian yang ditawarkan Jedar Koofee yakni red velvet, premium cold brew dan hazelnut. Anda bahkan bisa memesannya melalui aplikasi chat. Ia juga membuka toko kue Elbarrack untuk menemani koofee jedar.

Itulah tadi beberapa pembelajaran yang bisa anda ambil dari bisnis artis masa kini. Apapun bisnis anda saat ini jatuh bangun tentu saja kerap anda temui saat berbisnis namun jika anda mampu belajar dari kegagalan tersebut maka kesuksesan bisa menghampiri anda. Walau artis tersebut merupakan tokoh yang cukup dikenal public namun mempertahankan produk mereka selalu eksis hingga kini bukanlah perkara mudah. Intinya kerja keraslah yang menjadi kunci anda mampu bertahan atau tidak dalam bidang kuliner ini.

Loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *