Begini Cara Orang Kaya Tetap Jadi Kaya

Selalu ada banyak pertanyaan ketika orang melihat orang kaya. Biasanya orang akan bertanya, bagaimana caranya supaya jadi kaya? Jawaban ini sudah dapat ditemukan pada berbagai forum di Internet (baca: 10 Tips Cara Jadi Kaya). Tetapi ada juga pertanyaan penting yang selayaknya kita tanyakan, bagaimana cara agar orang kaya tetap jadi kaya? Hal ini tentu berangkat dari pandangan bahwa ketika kita melihat orang kaya, seakan harta mereka tidak pernah ada habisnya. Mereka memang melakukan banyak hal.

Pada artikel ini kami akan menyajikan artikel panjang, jadi duduklah dengan santai dan selamat menyimak artikel ini 🙂

Ketika banyak dari kita memiliki sedikit uang tunai untuk berinvestasi , kita biasanya lalu membeli saham atau reksa dana. Atau justru sebagian dari kita tidak melakukan investasi dan malah membeli gawai terbaru agar tidak ketinggalan jaman. Namun, hal tersebut tidak dilakukan oleh kalangan orang kaya. Mereka sering menempatkan dananya di properti, benda-benda seni, bisnis, dan investasi lainnya yang selama ini barangkali hanya ada dalam impian kita. Barangkali kita juga ingin melakukan hal tersebut, tetapi nyatanya kita menyerah kepada keadaan sedangkan mereka tidak. Keputusan kelompok orang kaya untuk menggunakan uang mereka inilah yang sebenarnya lebih tepat untuk digunakan membedakan antara mereka dengan orang yang dari kalangan menengah.

Misalnya, kita mengambil contoh Joshua Coleman. Pada tahun 2004 lalu keluarganya menjual perusahaan berbasis telekomunikasi di Chicago seharga $400 juta. Jika dirupiahkan, tentu saja jumlah ini sangat besar dan tidak bisa kita bayangkan. Lantas apa yang dilakukan oleh keluarga itu? Mereka tidak lalu hidup bermewah-mewah dengan uang tersebut, tetapi justru menghubungi penasihat keuangan. Melalui penasihat keuangan tersebut mereka meminta bantuan untuk menemukan cara baru untuk mempertahankan, bahkan memperbanyak harta mereka.

Baca Juga:

Mereka lalu mencari berbagai macam ide bisnis yang sesuai dan potensial untuk mereka kembangkan. Pada tahun 2011 akhirnya mereka meluncurkan Momentum Advanced Planning. Ini adalah sebuah perusahaan yang menghubungkan orang dengan pajak, para ahli hukum, dan ahli keuangan. Ketika suatu hari bisnis itu menjual, mereka akan mendapat keuntungan yang sangat besar, seperti halnya dengan bisnis telekomunikasi yang disebut di paragraf sebelumnya.

Jika anda termasuk orang yang berpikir bahwa memulai sebuah bisnis adalah cara yang aneh untuk menginvestasikan uang anda, barangkali anda bukan termasuk dari mereka yang berada pada kelompok super kaya (ultra-wealthy). Ketika orang memiliki aset seharga $30 juta, atau yang disebut sebagai golongan super kaya tadi, mereka biasa berinvestasi dalam saham dan obligasi. Namun tidak hanya itu, mereka juga mengembangkan uang mereka dengan membeli dan berinvestasi pada perusahaan eefek yang tidak biasa, seperti misalnya pembiayaan dari perusahaan penerbangan. Mereka juga memilih untuk membeli barang-barang seni dan kendaraan yang sekiranya memiliki nilai apresiasi yang baik. Artinya harga akan meningkat seiring waktu berjalan.

?ni dinamakan dengan dengan risiko alfa,?kata Coleman. ?ni adalah jenis di mana ada banyak hal baik yang dapat kita dapat.?r

Untuk sisi negatifnya, banyak dari jenis investasi ini lebih berisiko dari pada investasi yang tradisional. Artinya, ada lebih besar peluang untuk kehilangan harta yang kita investasikan. Dan memang diakui, kemampuan likuiditas dari jenis investasi ini jauh lebih rendah dari pada saham. Selain itu memang butuh berbulan-bulan atau bertahun-tahun dari orang-orang kaya ini mendapatkan uang mereka dari investasi ini.

Ketika anda tidak memiliki uang miliran untuk berinvestasi, anda tetap bisa belajar beberapa hal dari artikel ini mengenai bagaimana orang-orang kaya bertindak. Dari belajar itu anda tentu diharapkan dapat menerapkannya agar menuai keuntungan dalam portofolio investasi anda sendiri.

Investasi hanya untuk orang kaya? Mungkin saja.

Orang kaya memang memiliki akses ke petak dari investasi yang kebanyakan orang bahkan tidak tahu kalau hal itu ada.

Investasi jangka panjang, yang memang biasanya uang anda diinvestasikan selama lebih dari lima tahun, seringkali hanya ditawarkan oleh orang kaya. Mereka memiliki akses yang tinggi untuk kesempatan itu, yang bahkan mampu menghasilkan keuntungan yang besar.

Misalnya, bisnis penyewaan pesawat adalah salah satu contoh dari investasi ini. Hal ini ditekankan oleh Ian Marsh, seorang CEO Asset Management pada London-based Fleming Family and Partners. Ini adalah sebuah perusahaan manajemen yang pada awalnya dibuat untuk mempertahankan kekayaan Ian Fleming, pemilik cerita James Bond.

Kliennya bekerja dengan sebuah perusahaan bernama Doric. Perusahaan itu menggunakan uang para investor untuk membeli pesawat yang kemudian disewakan kepada maskapai penerbangan yang besar, seperti Emirates Airlines yang berbais di Dubai.

Para investor tersebut sebenarnya bisa mendapatkan uang tunai yang lumayan banyak ketika akhirnya pesawat tersebut dijual. Namun dari sewa saja, mereka sudah bisa mendapatkan kentungan sebesar 9% setiap tahunnya. Padahal di Amerika Serikat, rata-rata investasi yang dilakukan oleh kelas menengah hanya sebesar 3% saja.

Beberapa investasi lain barangkali membutuhkan ratusan ribu dolar untuk membelinya. Tetapi penyewaan pesawat Doric ini menawarkan pembiayaan yang lebih masuk akal bagi perusahaan penerbangan. Mereka menyebutnya dengan seri dana SKY CLOUD, yang menginvestasikan 13.822 ribu euro atau sekitar 5 persen dan satu kali pembebanan biaya yang didasarkan pada seberapa banyak yang bisa dimasukkan oleh investor.

Para investor super kaya di Inggris dan negara-negara lain juga membeli aset berupa lahan pertanian. Seiring populasi global yang tumbuh dengan cepat, kebutuhan akan makanan juga akan meningkat pesat. Hal ini membuat mereka yang memiliki lahan pertanian akan mendapatkan return dengan baik. Tanah pertanian barangkali adalah sebuah sumber daya yang terbatas. Artinya, sesuatu yang sulit untuk ditangani biasanya memang menghasilkan return yang lebih besar.

Menurut yang diceritakan Marsh, tanah yang baik akan memberikan pendapatan sekitar 4% per tahun kepada investor, dengan memberikan nilai tambah pada waktu. Beberapa investor yang regular biasanya bisa berinvestasi dengan membeli pesawat atau membeli tanah pertanian yang kaya, tetapi ada juga sebagian dari mereka yang mengatakan bahwa lebih baik untuk menginvestasikan pada infrastruktur global, seperti anggur. Ada juga dari mereka yang sengaja membeli perusahaan yang terdaftar di bursa saham. Contohnya adalah Gladstone Land yang berada dalam daftar perusahaan Amerika Serikat yang membeli tanah-tanah pertanian.

Harus membeli lebih banyak bisnis

Adalah sebuah yang alamiah bagi orang kaya ketika mereka memiliki uang dari sebuah perusahaan yang mereka miliki, mereka gunakan lagi untuk membeli bidang usaha yang lain. Seperti halnya Coleman yang melakukan sejumlah investasi pada beberapa perusahaan lain, terutama pada bidang teknologi dan pelayanan profesional. Dia dikabarkan memiliki saham pada bentuk-bentuk operasi yang saking banyaknya hingga dia tidak bisa menyebutkan dengan tepat berapa angkanya.

?anyak sekali,?katanya.

Dia biasanya melakukan investasi dengan kelompok investor dan sebuah perusahaan ekuitas swasta, dan dia akan menginvestasikan lebih dari $1 juta untuk mendapatkan secuil operasinya.

Adalah hal yang menarik ketika melihat perusahaan bergerak dari ?othing?menjadi ?omething? Hal itu rupanya juga disenangi oleh investor karena mereka juga menjadi memiliki pengalaman dan jaringan untuk membantu sebuah bisnis bisa berhasil dari bawah. Hal tersebut diungkapkan oleh David Rose, seorang entrepreneur super kaya dari New York, yang juga menulis buku ?ngel Investing: The Gust Guide to Making Money and Having Fun in Startups.?r

?ayangkanlah ketika anda melakukan investasi di Google ketika mereka sedang berada pada awal jalurnya,?kata Rose. ?nda dapat bertemu pemilik perusahaan pada pertemuan mingguan, mendapatkan laoran tangan terbaru mengenai apa yang terjadi dan melihat perusahaan itu tumbuh. Akan ada banyak kesenangan di sana.?r

Hal ini juga dapat menguntungkan. Meskipun investor menempatkan risiko pada uang mereka, seorang investor yang kaya biasanya membuat investasi 20 hingga 50 kali investasi pada satu atay dua perusahaan yang memang sangat berhasil.

Biasanya Rose meletakkan dana antara $50.000 and $100.000 ke dalam sebuah perusahaan, dan dia mengatakan sudah mendapatkan jutaan dolar dari investasi tersebut.

Saat ini menjadi sulit bagi investor kebanyakan untuk langsung menginvestasikan dana mereka secara langsung pada sebuah bisnis, kecuali mereka meletakkan dana itu kepada teman atau anggota keluarga.

Berinvestasi pada passion

Investasi pada passion, misalnya pada kesenian, mobil, film, angguran, bahkan pada alat musik adalah hal biasanya yang dilakukan oleh orang-orang kaya. Hal tersebut diungkapkan oleh Guy Hudson, seorang direktuf eksekutif dan head of business development di Stonehage Investment Partner di London, sebuah perusahaan manageman keuangan global.

Sementara orang ingin melihat nilai aset mereka tumbuh, mereka juga membeli aset itu untuk digunakan atau sekadar dipajang saja.

?nvestasi jenis ini selalu hadir dari passion investor pada sebuah objek tertentu,?kata Hudson.

Untuk para investor yang membeli dengan tepat investasi passion mereka, mereka dapat melihat return yang cukup bagus. Berdasarkan riset yang dilakukan perusahaan, nilai dari investasi passion meningkat hingga mendekati 15% pada tahun 2013, kata Hudson.

Masih menurut Hudson, ada beberapa cara bagi investor biasa untuk membeli investasi yang sesuai dengan passion mereka. Sebuah saham perusahaan anggur dijual oleh The Wine Investment Fund dengan harga minimal 1000 Euro investasi. Sedangkan yang lainnya fokus pada investasi barang seni dan beberapa mobil. Sekadar catatan, beberapa perusahaan mensyaratkan adanya akeditasi dari investor, jadi meskipun dana awalnya renda, anda belum tentu bisa membeli saham tersebut.

Anda juga bisa membeli harga yang terjangkau pada lelang barang-barang seni. ?eniman pendatang baru akan menjual barang kerajinan mereka dalam rentang harga yang terjangkau,?ungkap Hudson.

Selalu merasa ?apar?pada bidang properti

Begitu banyak orang seringkali senang menanamkan dana mereka pada bidang properti. Hal ini disampaikan oleh Paul Patterson, kepala deputi dari RBC Wealth Management di Toronto. Bahkan, katanya, jumlah properti yang mereka miliki rata-rata tujuh atau delapan buah.

Sebagian yang lain meletakkan dana mereka untuk membeli properti komersial; sedangkan yang lainnya lagi membeli kondominium yang sangat mahal di London, New York, dan kota-kota besar di negara lainnya.

Harapannya tentu saja mereka suatu saat dapat menjualnya dengan mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Namun yang seringkali terjadi adalah mereka menggunakannya untuk menginap ketika mereka sedang berlibur atau dalam perjalanan. ?ereka biasanya membeli dua atau tiga tempat tinggal di tempat-tempat yang berbeda di seluruh dunia,?jelas Patterson. ?isnis ini memiliki nilai jangka panjang yang sangat baik, terutama di dalam pasar utama.?r

Sedangkan orang kebanyakan tidak akan membeli sebuah kondominium yang sangat mahal di daerah New York, mereka biasanya akan membeli rumah di dekat rumah mereka untuk disewakan atau dijual ketika harganya sedang mengalami kenaikan yang maksimal.

Ada banyak juga perusahaan-perusahaan yang membeli real estate untuk komersil atau tempat tinggal yang memungkinkan dibeli oleh investor pasar. Hal ini sering dinamakan dengan Real Estate Investment Trusts. Ketika meeka menjadi sensitif pada naik turunnya pasar, stok harga pada sewa dan properti akan terus saja naik.

Nah, itu tadi adalah penjelasan dan cerita-cerita bagaimana orang kaya tetap menjaga kekayaan mereka. Lebih dari itu, mereka menambah kekayaan mereka. Sumber yang lain barangkali menyebutkan hal yang berbeda, meski pada beberapa poin masihlah sama. Berikut kami sajikan juga tips dari sumber lain yang barangkali menginspirasi anda. Beberapa tips untuk tetap menjadi kaya adalah:

Diversifikasi keuangan anda dalam semua bagian kehidupan anda. Keputusan ini perlu untuk anda terapkan, mengingat bahwa seringkali terjadi bangkrut besar-besaran pada satu bidang investasi saja. Bagaimana bila kebetulan anda semua menginvestasikan uang anda pada satu bidang itu? Maka buatlah antisipasi dengan meletakkan kekayaan anda pada banyak bidang. Untuk itu anda perlu memahami bagaimana cara kerja pasar. Dengan pemahaman tersebut anda tidak akan mengambil risiko terlalu besar hanya karena anda memiliki banyak uang. Ketika anda sembrono melakukan investasi, ditakutkan akan membuat kondisi finansial anda melorot, bahkan menjadi miskin. Anda barangkali tetap perlu untuk berinvestasi pada properti ataupun emas. Dengan menyebarkan kekayaan anda pada berbagai bentuk, anda akan merasa aman ketika tiba-tiba terjadi kondisi krisis ekonomi yang parah. Anda tidak akan kehilangan segalanya ketika saat yang tidak diharapkan itu tiba.

Baca: Investasi Emas Batangan

Utamakan untuk terus membangun aset. Ya, sebisa mungkin anda harus tetap membelanjakan uang tunai anda dalam bentuk aset. Para pakar keuangan bersepakat bahwa kesejahteraan diri anda sesungguhnya ditandai dengan kepemilikan aset yang lebih besar daripada memiliki uang tunai. Seperti yang kita ketahui, nilai aset selalu bertumbuh seiring waktu berjalanan. Anda bisa memulai dari hal kecil seperti memutuskan untuk memulai investasi jangka panjang seperti membeli properti. Atau dari hal yang lebih kecil lagi, seperti ketika anda memberikan hadiah-hadiah kecil untuk keluarga anda. Para pakar keuangan menyarankan anda untuk membeli hadiah-hadiah yang berupa aset dengan nilai yang terus bertambah seperti perhiasan dan barang bernilai seni tinggi. Selain nilai yang terus bertambah, barang-barang tersebut akan memiliki daya tahan yang relatif lama.

Baca: Investasi Properti

Uang anda bisa ludes jika digunakan. Seringkali orang dengan kekayaan bermiliar-miliar telanjur percaya bahwa uang mereka tidak akan habis digunakan untuk kehidupan sehari-hari, saking banyaknya uang yang mereka miliki. Jika anda adalah salah satu di antara mereka, cobalah ubah pemikiran tersebut. Kenyataannya, seorang yang mendapat hadiah berjuta-juta dari lotere pun bisa kehilangan itu semua karena keyakinan yang seperti diungkapkan di atas. Meskipun anda memiliki banyak uang dan menjadi golongan elite atas, anda tetap perlu mengatur anggaran pengeluaran layaknya keluarga di kelas menengah. Namun tetap pastikan bahwa pengeluaran yang anda lakukan itu adalah tetap dalam rangka menjaga atau bahkan membangun aset kekayaan anda. Teruslah memikirkan tujuan tersebut. Waspadalah ketika anda harus memecah tabungan anda untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Ketika itu terjadi anda harus berhenti sejenak untuk melakukan evaluasi dan menghitung ulang mana anggaran yang lebih bisa anda pergunakan, mana yang tidak.

Jangan pernah mencairkan aset anda untuk hidup ketika anda masih memiliki pendapatan. Ini adalah soal tujuan investasi dan pengendalian hasrat anda untuk berbelanja. Belanja yang dimaksud di sini adalah membelanjakan keuangan anda untuk memenuhi kebutuhan hidup anda sehari-hari. Jika anda sudah menginvestasikan uang anda, ?eramat?anlah produk investasi anda itu. Artinya, jangan pernah mencairkannya hanya untuk kebutuhan sehari-hari yang sebetulnya masih bisa anda penuhi dari pendapatan anda. Peganglah teguh apa tujuan investasi anda, berapa banyak, dan berapa lama anda akan dapat mencapainya. Ingatlah terus tujuan tertulis anda dalam rencana-rencana investasi. Dan ketika hasrat berbelanja sedang begitu besarnya, segera kendalikan dan potong hasrat tersebut. Kemampuan anda untuk fokus pada tujuan itulah yang akan membuat anda tetap kaya.

Membuat pajak bekerja untuk anda. Orang kaya membayar pajak dalam jumlah yang paling banyak. Untuk itu anda perlu memelajari bagaimana melakukan penghitungan untuk pajak anda sendiri. Anda juga bisa menyewa jasa seseorang yang anda percaya untuk mencari nomor, sehingga anda membayar jumlah yang anda butuhkan dan tidak lebih. Jika anda ingin memberikan uang untuk membantu orang lain, lakukanlah melalui sumbangan amal pribadi dan tidak melalui uang pajak. Dengan cara ini anda dapat memilih mana uang anda digunakan. Anda ingin mengambil keuntungan dari pemotongan dan peraturan perpajakan yang menguntungkan anda sehingga anda membayar paling sedikit pajak mungkin jika anda ingin tinggal kaya. Namun ingat, pastikan anda tetap dalam jalur hukum yang sudah ditentukan.

Meminta bantuan penasihat keuangan. Jangan ragu untuk menyewa penasihat keuangan untuk memberi pertimbangan kepada anda mengenai bagaimana menginvestasikan dan menggunakan uang anda. Sekali lagi, meskipun anda teramat kaya, anda tetap harus mengerti bagaimana sebuah sistem keuangan bekerja. Mempertahankan supaya tetap kaya adalah mengerti segala lini kebutuhan, investasi, dan pos pengeluaran yang perlu anda perhitungkan. Untuk penasihat keuangan tadi anda bisa menyewa mereka yang bekerja secara independen ataupun yang bekerja dalam sebuah perusahaan manajemen keuangan. Pastikan seorang penasihat keuangan tersebut memiliki kredibiltas yang profesional, sertifikat, dan rekam jejak yang baik. Jangan sampai tujuan anda agar tetap kaya justru tertipu oleh nasihat-nasihat yang menjerumuskan kondisi finansial anda.

Tingkatkan terus pengetahuan anda mengenai manajemen keuangan. Meski anda sudah menyewa seorang penasihat keuangan untuk membantu anda mengelola kekayaan, anda tetap harus terus memelajari manajemen keuangan jangan jadikan diri anda sebagai sebuah tujuan. Tentukan tujuan yang jelas dari keuangan anda tersebut. Intinya jika anda ingin mempertahankan kekayaan anda, maka pelajarilah bagaimana caranya. Belajarlah dari berbagai sumber yang dapat anda percaya. Jadilah penasihat keuangan bagi diri anda sendiri untuk menghindari risiko menjadi korban ?enipuan?yang tidak anda harapkan. Menjadi cerdas tentang pilihan keuangan Anda dan belajar bagaimana untuk mengembangkan kekayaan Anda adalah cara terbaik untuk tetap kaya.

So, siapkah anda untuk menjalankan tips ini?