Baikkah Investasi Perhiasan Emas?

Uang bukanlah investasi yang baik dilakukan dalam jangka waktu panjang sebab bila hanya menyimpannya di bank tentunya tidak akan mengalami kenaikkan yang signifikan. Bagi beberapa orang investasi sangat diperlukan terlebih bila orang tersebut tidak memiliki pekerjaan tetap atau hampir mencapai waktu pensiun. Investasi bisa dijadikan lahan bisnis yang tepat untuk hari tua atau sebagai dana darurat ketika terdapat kepentingan penting yang mendadak.

Perhiasan Emas

Beberapa ibu rumah tangga misalnya gemar sekali mengkoleksi perhiasan emas bahkan ada pula yang mengadakan arisan emas dengan ibu rumah tangga lainnya. Emas memang dikenal sebagai investasi yang baik dan aman sebab harganya yang stabil. Bila anda hendak membeli perhiasan emas sebagai barang investasi anda perlu mengetahui bahwa perhiasan emas juga dikenakan biaya pembuatan perhiasan itu sendiri juga biaya kadar emasnya. Inilah yang membuat harga perhiasan emas lebih tinggi.

Sumber :http://g01.a.alicdn.com

Sumber :http://g01.a.alicdn.com

Untuk pembuatan emas bagi kalangan atas saja biaya pembuatannya bisa mencakup 30 persen. Harga perhiasan sendiri akan cenderung turun karena menyusutnya kadar emas sehingga ketika dijual harganya kebanyakan tidak lebih tinggi dari harga belinya. Umumnya harga perhiasan emas dinilai lebih tinggi bila memiliki desain yang rumit. Anda bisa menggunakan emas sebagai tabungan fisik dan dapat dicairkan bila sangat darurat. Sebenarnya bila ingin berinvestasi gunakan saja emas batangan sebab lebih menguntungkan.

Biarpun tidak dapat digunakan sebagai aksesoris emas batangan cenderung memiliki harga yang lebih tinggi dari perhiasan emas. Untuk investai jangka panjang emas batangan memiliki keuntungan yang menggiurkan bila dijual di waktu yang tepat. Sayangnya tidak semua toko bisa menjual emas batangan ini. harga dari emas batangan juga tidak dikenakan pajak pertambahan nilai yang dikenakan pada perhiasan emas. Kadar emasnya bahkan mencapai 100% dengan berat 1-1000 gram.

Bagi emas batangan yang asli terdapt nomor id,ukuran,berat dan kadarnya serta dilengkapi sertifikat asli yang menyertainya. Bila dibandingkan dengan perhiasan emas memang dari segi keuntungan akan lebih unggul emas batangan. Hal ini bukan berarti perhiasan emas tidak memiliki untung sebab kelebihan lain dari perhiasan emas adalah mudah dijual belikan sehingga dapat dengan cepat memperoleh pencairan uang.

Bila anda hendak berinvestasi perhiasan emas namun masih pemula ada baiknya menyimak beberapa tips berikut ini agar terhindar dari penipuan.

1. Hindari pembelian secara online untuk perhiasan emas.

Teknologi memang semakin canggih sehingga hampir semua transaksi keungan dapat dilakukan begitu pula dengan pembelian emas. Sayangnya hal ini sangatlah beresiko sehingga akan lebih baik jika anda membeli langsung ke toko emasnya. Ditakutkan bila anda terkena penipuan emas berbasis jual beli online.

2. Hindari pembelian secara kredit

Membeli secara kredit tentu saja perlu dihindari terlebih bila digunakan untuk investasi. Anda akan dibebankan biaya utang sebelum anda bisa berinvestasi. Bila memungkinkan ikuti saja arisan emas yang biasa diadakan oleh para ibu rumah tangga. Arisan emas lebih menguntungkan dan biasa dikenal dengan sistem tabungannya.

3. Lihat dokumennya

Ketika membeli ems biasanya disertai surat pembelian asli yang diberikan kepada konsumennya. Bukti ini jangan sampai dihilangkan dan sertakan kembali ketika hendak menjual perhiasan anda. Hal ini dapat membuktikan kepemilikan anda dan lebih mudah dijual.

4. Jual di waktu yang tepat

Tentu saja waktu yang tepat ketika menjual menentukan berapa pendapatan yang akan anda dapat. Jual perhiasan emas anda ketika harga emas sedang naik dan beli ketika harga emas sedang turun.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *