Bagaimana Membuat CV Kerja Yang Baik

Curriculum Vitae yang biasa disingkat CV atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang berisikan tentang biodata dan pengalaman seseorang serta kualifikasi lainnya yang biasa digunakan untuk mencari kerja. CV merupakan salah satu dokumen utama dalam melamar pekerjaan selain surat lamaran kerja karena biasanya CV akan dilihat pertama kali oleh perusahaan dalam menilai pelamar. Untuk itu CV haruslah berisikan data diri yang sebenarnya dan juga ditulis dengan baik. CV yang baik dapat meningkatkan kesempatan dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. CV berfungsi untuk mengenalkan diri kepada perusahaan secara tidak langsung mengenai data diri potensial dan juga latar belakang pendidikan yang anda miliki.

Curriculum Vitae

Kegunaan CV untuk perusahaan adalah memudahkan perusahaan dalam mengevaluasi kemampuan dan bakat para pelamar yang mempunyai relevansi sama dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kegunaan CV untuk pelamar adalah menjabarkan kemampuan yang dimiliki secara realistis yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan yang memiliki lowongan pekerjaan yang dituju. CV sendiri memiliki dua jenis yaitu, CV yang berdasar urutan kronologis dan CV berdasar ketrampilan yang dimiliki.

Sumber: http://www.jobsandcareersmag.com

Sumber: http://www.jobsandcareersmag.com

CV berdasar urutan kronologis mengedepankan pendidikan yang anda jalani dan juga pengalaman kerja yang telah anda lakukan dalam urutan kronologis. Untuk CV berdasar ketrampilan lebih fokus pada ketrampilan yang anda miliki dibandingkan dengan pengalaman kerja anda. CV ini nantinya digunakan untuk menyakinkan perusahaan yang akan anda lamar serta sebagai gambaran diri anda. Hal-hal yang harus ada dalam CV biasanya meliputi poin-poin ini :

1. Data Pribadi

Pada bagian ini berisikan nama, alamat, jenis kelamin, agama, email, nomor telepon dan data pribadi lainnya. Nomor telepon atau email sangat penting untuk selalu dicantumkan, karena jika perusahaan tertarik dengan anda bisa langsung menghubungi anda dengan telepon ataupun mengirim email.

2. Pendidikan

Pada bagian pendidikan ini menjelaskan latar belakang atau riwayat pendidikan yang anda miliki berkaitan dengan pekerjaan yang anda lamar. Cantumkan pendidikan yang telah anda jalani pada pendidikan formal. Jika anda menjalankan pendidikan non formal jangan lupa untuk mencantumkan juga.

3. Pengalaman Kerja

Bagian pengalaman kerja merupakan bagian yang selalu diperhatikan perusahaan ketika merekut calon pegawai. Pengalaman kerja menggambarkan apakah calon pegawai sudah memiliki pengalaman kerja yang banyak atau belum. Pengalaman kerja juga dapat menentukan cara penyesuaian diri calon pegawai, apakah mereka bisa menyesuaikan diri atau tidak. Tulislah detail pengalaman kerja yang anda miliki mulai dari nama perusahaan sampai pekerjaan yang anda lakukan dalam perusahaan lama anda. Informasi ini akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan yang anda lamar.

4. Ketrampilan

Ketrampilan merupakan poin yang sangat penting ketika melamar pekerjaan sebab ketrampilanlah yang anda jual ke perusahaan. Sertakan segala ketrampilan yang anda miliki seperti penguasaan bahasa, ketrampilan komputer yang anda kuasai atau ketrampilan yang lainnya. Usahakan jangan menulis mampu bekerja baik dengan tim atau dapat berkomunikasi dengan baik, karena hal itu tidak memberikan nilai lebih untuk anda.

Bagaimana Membuat CV kerja yang baik? Berikut ini poin-poin penting yang harus diperhatikan dalam membuat CV kerja yang baik:

 a. Tulislah CV dengan rapi dan mudah untuk dibaca

Sebaiknya menggunakan huruf ukuran normal dengan format standar yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan menggunakan spasi yang terlalu rapat. Gunakan margin yang konsisten, usahakan jangan ada kesalahan dalam menulis. Tulisan CV juga akan digunakan untuk menilai karakteristik anda.

b. Berikan informasi selengkap mungkin

c. Sajikan CV anda dengan ringkas tidak bertele-tele, mudah dipahami dan juga jelas.

d.Tulislah pengalaman penting saja, pengalaman yang tidak penting anda sebaiknya tidak usah dicantumkan

d. Buatlah CV dengan sebenar-benarnya yang akan menunjukkan integritas anda. Jangan sampai memalsukan karena akan berdampak negative.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *