Bagaimana Membangun Reputasi Bagi Online Shop Pemula

Menjamurnya bisnis online di Indonesia kadang membuat konsumen bingung untuk memilih online shop mana yang bagus dan tidak menipu. Reputasi merupakan hal yang paling penting bagi pebisnis yang menggunakan marketing online, karena dengan memiliki reputasi yang baik dapat memberikan nilai positif untuk calon pelanggan. Ketika anda memiliki reputasi yang bagus calon konsumen anda tidak akan ragu membeli produk yang anda tawarkan, untuk itu membangun reputasi merupakan poin penting dalam membangun online shop bagi pemula. Biasanya orang akan ragu untuk membeli barang dari online shop pemula.

Reputasi Online Shop Pemula

Mereka cenderung takut ketika uang sudah ditransfer barang tak kunjung dikirim atau bahkan barang tidak dikirim sama sekali. Bagaimana membangun reputasi yang bagi oline shop pemula? Berikut ini beberapa tips yang dapat anda contoh untuk membangun reputasi online shop pemula:

Sumber :https://savagessky.files.wordpress.com

Sumber :https://savagessky.files.wordpress.com

1. Jangan pernah menipu

Jangan pernah sekalipun menncoba untuk menipu dan berbohong kepada calon konsumen anda. Berikan informasi yang sebenarnya, dan lakukanlah apa yang semestinya anda lakukan. Termasuk dalam hal kecil yang bahkan kurang dianggappun anda harus tetap jujur, seperti keterangan produk, kualitas, foto dan yang lainnya. Untuk foto lebih baik anda menggambil dari hasil jepretan sendiri. Tulislah keterangan dan kualitas produk secara jujur, lengkap, dan mudah dimengerti. jika menjual produk kesehatan sebaiknya tidak menyertakan kekuranganya jika tidak ditanya, namun efek samping harus anda sertakan.

2. Membuat rubik testimoni

Mintalah testimoni dari pelanggan anda, hal ini dapat memberikan kepercayaan bagi calon pembeli anda dengan melihat kesaksian dari para pembeli. Usahakan untuk selalu jujur, jangan membuat testimoni palsu, itu akan berdampak buruk bagi online shop yang tengah anda jalankan.

3. Tidak mempromosikan secara berlebihan

Mempromosikan produk terlalu berlebihan merupakan suatu kesalahan yang masih banyak dilakukan oleh online shop lain. Melakukan promosi pada akun orang lain merupakan tindakan yang salah. Hal tersebut malah akan membuat kualitas online shop anda menurun. Melakukan promosi pada kolom komentar seorang artis biasanya malah dianggap online shop rendahan yang biasanya menjual produk yang kurang diminati. Sebaiknya jika anda ingin melakukan promosi promosikan pada akun anda sendiri atau membuat promosi pada iklan baris.

4. Berikan pelayanan terbaik

Memberikan respon yang cepat merupakan salah satu bentuk layanan yang baik. Usahakan jangan sampai pelanggan anda kecewa dengan respon yang anda berikan cenderung lambat. Lakukan pengiriman dengan segera agar pembeli anda merasa senang atas proses pengiriman yang cepat. Terkadang banyak calon pembeli yang banyak menanyakan berbagai hal tentang produk yang anda jual namun tidak jadi membeli, usahakan tetap menjawab pertanyaan yang telah diajukan oleh pembeli anda dengan jelas dan sopan. Jika anda tidak mau menjawab setiap orang yang bertanya anda bisa membuat daftar pertanyaan yang paling banyak ditanyakan beserta jawabannya.

5. Jadilah penjual yang baik

Jika ada pelanggan anda complain dengan produk ataupun layanan yang anda berikan, sebaiknya anda menerimanya dan meminta maaf untuk hal itu. Ada beberapa online shop yang menyertakan kalimat no refund, no complain atau yang lainnya. Kata-kata tersebut menggambarkan bahwa penjual bukan termasuk orang yang ramah dan baik, namun cenderung dinilai jahat. Anda bisa menerima setiap complain yang disampaikan oleh pembeli anda dan menawarkan beberapa solusi agar pembeli anda tidak kabur. Untuk menerima refund anda juga bisa melakukannya, namun tentu saja uang yang anda kembalikan tidak semuanya. Uang yang anda kembalikan bisa anda potong dengan biaya pengiriman dan beban lain agar anda terhindar dari rugi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *