Bagaimana Facebook Group Dapat Membantu Bisnis Anda

Dunia maya menyediakan banyak sarana dan media untuk kita jelajahi dan membantu dalam kegiatan sehari-hari. Salah satu kegiatan yang dapat anda lakukan adalah berbisnis melalui internet yang kini banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Media sosial dapat menjadi sarana untuk kita dalam mempromosikan bisnis yang kita miliki. Terbukti, pelanggan di masa kini cenderung untuk mencari terlebih dahulu barang secara online daripada mencarinya berkeliling. Kenyataan ini menunjukkan bahwa dunia maya, terutama media sosial dapat membantu kita untuk mendapatkan pelanggan.

Cukup unggah gambar dan keterangan produk, pelanggan akan datang dan memilih barang yang mereka sukai. Setelah itu, mereka akan menghubungi untuk bertanya tentang barang yang diperjual belikan dan jika kesepakatan telah tercapai, mereka akan membelinya. Mudah sekali bukan? Sayangnya fakta berkata lain, sebab ada beberapa hal yang perlu anda cermati sebelum melakukan pemasaran secara online. Salah satu hal tersebut adalah anda perlu mempunyai jurus-jurus tertentu dalam memaksimalkan promosi lewat media sosial. Jejaring sosial seperti facebook merupakan salah satu media social yang banyak digunakan saat ini.

Facebook-Group

Baca Juga:

Facebook Group

Kepopuleran facebook menempatkan Indonesia sebagai Negara pengguna facebook terbesar di dunia. Facebook bukan hanya digunakan sebagai media untuk silahturahmi tetapi juga kegiatan bisnis seperti promosi. Salah satu fitur yang terdapat pada facebook adalah facebook group. Anda dapat membuat facebook group sendiri melalui akun facebook yang anda punya, atau mengunggah gambar di facebook group serupa yang memang bertujuan untuk menggabungkan banyak online shop di dalam satu grup. Lalu bagaimana caranya agar bisnis anda lancar dengan menggunakan facebook group?

1. Membuat facebook group pribadi

Membuat facebook group pribadi toko anda dapat membuat pelanggan mudah menemukan toko anda. Apalagi, jika anda sudah mempunyai pelanggan setia. Anda bisa mengirimkan update-update terkini mengenai produk anda. Pelanggan juga akan mendapatkan notifikasi berkala jika anda memposting. Facebook group mempunyai setting tertentu dimana pelanggan dapat mengatur grup yang mereka ikuti sebagai notifikasi berkala yang muncul. Di facebook group pribadi ini anda juga dapat mengatur peraturan sendiri bagi pelanggan anda, mem-pinned post anda sebagai pos teratas, sehingga semua pelanggan akan mengetahui update terbaru anda.

2. Masuk sebagai penjual ke facebook group lain yang bertema serupa

Banyak sekali facebook group bertema serupa, mulai dari kumpulan toko online yang campur-campur, toko online yang bertema sama, juga facebook group yang mempunyai peraturan tidak boleh berjualan. Anda tinggal menggunakan kata kunci tertentu, misalkan online shop, untuk mencari melalui fitur ‘Pencarian’. Lalu, anda dapat memilah-milah mana group yang anda ikuti untuk memposting barang dagangan anda. Gunakanlah kalimat dan promosi yang menarik perhatian, karena anda bersaing dengan online shop-online shop lainnya.

Rajin-rajinlah mengupdate barang anda, sebab reputasi anda bersaing. Jika anda tidak rajin, pos anda akan tenggelam karena seller lain sangat aktif dalam memposting produk mereka. Selain itu, jangan abaikan calon pembeli yang bertanya. Jika mereka bertanya, jawablah dengan ramah. Ingat, reputasi adalah segalanya.

3. Memaksimalkan promosi dengan menghubungi admin

Ada admin-admin tertentu di dalam grup yang bertugas menjaga grup dari spammers dan perusuh. Perhatikan pula peraturan di dalam grup, jika ada promosi-promosi berkala yang diadakan, atau endorsement ala admin, jangan segan untuk ikut dan menghubungi mereka. Biasanya, mereka akan membuat posting anda di bagian atas sendiri sehingga ketika ada akun yang membuka laman facebook group tersebut, posting anda akan langsung terlihat.

Loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *