Bagaimana Cara Mencari Pekerjaan?

Mencari pekerjaan bukan perkara mudah. Di zaman sekarang, ada begitu banyak tenaga kerja, tetapi jumlah pekerjaan yang ada seringkali terbatas. Maka, karena sedikitnya serapan tenaga kerja, tak jarang dijumpai banyak sarjana yang menjadi pengangguran. Sangat disayangkan bukan? Padahal, kebutuhan hidup tidak bisa ditunda. Oleh karena itu, tips berikut bisa jadi bermanfaat bagi Anda yang mungkin sekarang sedang kebingungan mencari pekerjaan.

Jika Anda sedang mencari pekerjaan, kuncinya satu: buka mata dan telinga Anda lebar-lebar. Ada banyak tempat untuk mencari pekerjaan, dan tersedia pula tempat-tempat yang mampu memberikan penawaran menarik mengenai lowongan kerja yang mungkin sesuai dengan yang Anda cari.

Mencari Iklan Lowongan Pekerjaan di Surat Kabar

Mencari informasi lowongan pekerjaan di surat kabar mungkin masih menjadi cara terpopuler untuk mendapat pekerjaan. Biasanya di akhir pekan, ada peningkatan jumlah iklan lowongan pekerjaan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu membeli surat kabar setiap hari, cukup di hari Sabtu dan Minggu. Jika Anda menginginkan pekerjaan di ibukota, belilah surat kabar nasional. Sebab lowongan pekerjaan yang tersedia kebanyakan berlokasi di Jakarta. Tetapi jika Anda ingin bekerja di daerah Anda, belilah surat kabar lokal sebab banyak memuat lowongan pekerjaan yang berlokasi di sekitar daerah tersebut.

Baca Juga:

Mencari Pekerjaan Lewat Internet

Saat ini banyak pencari kerja yang menggunakan internet sebagai sarana untuk mencari kerja. Internet memungkinkan Anda untuk meringkas informasi lowongan kerja. Carilah situs-situs yang menyajikan informasi mengenai lowongan kerja, dan pelajari bagaimana cara untuk melamar pekerjaan yang Anda sasar lewat situs tersebut, seperti bagaimana cara mendaftar, data apa saja yang Anda butuhkan, serta syarat apa saja yang harus Anda penuhi ketika mencari pekerjaan lewat situs tersebut.

Menggunakan Jasa Agen Perekrutan

Saat ini ada banyak perusahaan yang meminta bantuan agen perekrutan untuk melakukan perekrutan karyawan. Agar Anda bisa melamar di perusahaan yang memanfaatkan jasa agen perekrutan, Anda harus mendaftar terlebih dahulu di agen perekrutan tersebut. Nanti, agen rekrutmen akan mengontak dan memberi informasi mengenai lowongan pekerjaan yang mereka pikir sesuai dengan profil dan jenis pekerjaan yang Anda inginkan. Cara ini cukup efektif, sebab biasanya lowongan pekerjaan tersebut tidak diiklankan secara terbuka, sehingga tingkat persaingan yang harus Anda hadapi untuk menembus masuk dan mendapatkan pekerjaan yang Anda incar tidak setinggi apabila lowongan tersebut diumumkan secara terbuka.

Mencari Pekerjaan di AcaraJob Fair

Job fairatau pameran pekerjaan merupakan sebuah acara yang memungkinkan terjadinya pertemuan langsung antara pihak perusahaan dan para pencari kerja. Saat ini, banyak agen rekrutmen, universitas, dan perusahaan-perusahaan yang menggelar acara-acara pameran pekerjaan seperti ini. Manfaatkan lowongan yang tersedia di perusahaan yang mengikutijob fair, dengan cara mendaftar langsung pada saat pameran diselenggarkan. Oleh karena itu, bawalah sebanyak mungkin salinan CV dan surat lamaran Anda, dan bersiaplah untuk langsung menghadapi wawancara yang biasanya juga digelar saat itu juga.

Menghubungi Pihak Perusahaan Secara Langsung

Hal ini cukup lazim dilakukan di luar negeri, yang disebut dengan istilahcold-calling. Cara ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi mengenai pekerjaan yang tidak diiklankan. Mendekati perusahaan secara langsung tidak hanya membuat Anda mendapat pemahaman mengenai pekerjaan atau bidang industri yang Anda minati, tetapi juga memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan.

Apa yang harus dipersiapkan?

Sebelum mengontak perusahaan yang Anda sasar, Anda harus mengetahui sebanyak mungkin informasi mengenai perusahaan tersebut. Untuk perusahaan-perusahaan besar, cara terbaik untuk memulainya adalah dengan membuka website mereka. Anda juga dapat melakukan pengecekan di brosur-brosur iklan, publikasi perusahaan, atau jika memungkinkan Anda dapat berkunjung ke sana untuk mencari tahu tipe karyawan seperti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan yang Anda sasar.

Menghubungi Perusahaan

Jika perusahaan tersebut berskala besar, temuilah divisi SDM atau divisi rekrutmen, yang biasanya bertanggung jawab atas perekrutan karyawan. Anda juga dapat meminta bertemu dengan siapapun yang harus Anda ajak bicara mengenai hal ini. Mintalah waktu barang 15 ?20 menit untuk melakukan wawancara. Di saat inilah terjadi pertukaran informasi. Selain menyampaikan maksud Anda, Anda juga dapat menanyakan seputar perusahaan tersebut, dan kebutuhan tenaga kerja di sana. Andaikan pada saat itu tidak ada lowongan, pihak perusahaan akan mengingat nama Anda dan kemungkinan besar akan menghubungi Anda ketika suatu saat tersedia lowongan.

Jika pada saat itu tidak ada siapapun yang bertanggung jawab yang dapat Anda ajak bicara, Anda dapat menitipkan surat lamaran dan CV Anda divisi tersebut, dan sampaikan pekerjaan yang Anda maui dan sampaikan pula bahwa Anda memiliki kualifikasi untuk melakukan pekerjaan tersebut. Anda juga dapat meminta mereka untuk mengatur pertemuan dengan orang yang bertanggung jawab atas perekrutan.

Jujur saja, di Indonesia tidak semua orang memiliki nyali untuk melakukan hal di atas, meski di luar negeri hal tersebut sudah lazim dilakukan. Sayangnya, harus diakui bahwa ada banyak informasi lowongan pekerjaan di sebuah perusahaan yang memang tidak diiklankan secara terbuka. Jadi, jika Anda memang ingin bekerja di suatu perusahaan tertentu, tidak perlu menunggu mereka membuka lowongan, langsung saja kirimkan surat lamaran kerja lengkap dengan CV Anda pada divisi HRD di sana. Namun, kemungkinan Anda memperoleh pekerjaan tersebut memang lebih kecil jika dibandingkan dengan cara di atas.

Manfaatkan Jaringan Anda Untuk Mendapat Informasi Lowongan Pekerjaan

Salah satu cara terbaik untuk mencari pekerjaan adalah mencari informasi lowongan yang tersebar dari mulut ke mulut. Jadi, mintalah pada orang-orang yang ada dalam jaringan Anda untuk menginformasikan lowongan, seperti keluarga, teman, mantan bos Anda, kolega, dan kenalan-kenalan Anda di pekerjaan sebelumnya. Orang-orang ini kemungkinan besar memiliki banyak informasi mengenai lowongan pekerjaan yang sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Tips Khusus untukFresh Graduates

Berpindah haluan dari ?eorang pelajar?ke ?eorang karyawan?bukan perkara mudah. Meskipun Anda memiliki kemampuan dan keterampilan, pihak perusahaan biasanya lebih tertarik pada para pelamar yang sudah memiliki pengalaman bekerja.

Tapi jangan berkecil hati, cara-cara ini mungkin dapat Anda lakukan untuk mengantisipasi kendala tersebut.

– Lihatlah orang lain yang Anda kenal yang memiliki tingkat pendidikan yang sama dengan Anda. Pekerjaan apa yang mereka lakukan?

– Bicaralah dengan orang-orang yang bekerja di bidang pekerjaan yang Anda minati. Mereka dapat memberi informasi seputar pekerjaan yang Anda minati, dan cara yang dapat dilakukan untuk meraih pekerjaan tersebut.

– Berpikirlah realistis mengenai jenis pekerjaan yang bisa Anda dapat di awal karir Anda. Mungkin saat ini Anda tidak mendapat posisi yang Anda incar, tetapi jika Anda berprestasi maka Anda lambat laun juga akan sampai pada posisi yang Anda minati. Gaji di awal mungkin tidak sebesar yang Anda bayangkan, tetapi setelah setahun dua tahun gaji Anda akan meningkat juga sejalan dengan karir Anda.

Nah, itu tadi cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mencari pekerjaan. Anda dapat mencoba mulai dari cara yang paling mungkin dan paling mudah untuk dilakukan terlebih dahulu. Jangan mudah menyerah, asahlah mental Anda menjadi mental juara. Sukses terus untuk Anda!