Bagaimana Agar Gaji Naik?

Tags:

Gaji merupakan imbalan yang diberikan kepada karyawan atas kerja kerasnya. Besarnya gaji tentu tentu diukur dari lama bekerja, prestasi, dan kedisplinan. Kenaikan gaji umumnya diberikan setiap setahun sekali. Jika dalam kurun waktu tersebut belum ada kenaikan gaji, jangan sungkan untuk bertanya kepada atasan. Namun, cobalah untuk berfikir sejenak kontribusi apa saja yang sudah anda berikan kepada perusahaan? Tentunya besarnya gaji seseorang juga diukur atas prestasi dan kontribusinya kepada perusahaan.

Naik Gaji

Ingin tahu bagaimana agar gaji kecil anda bisa dinaikkan? Berikut ini tips yang bisa anda jadikan referensi;

Sumber: https://uangteman.com

Sumber: https://uangteman.com

1. Sampaikan Keinginan Secara Baik-Baik

Atasan bukanlah musuh yang harus ditakuti, jadi jangan pernah takut untuk mengungkapkan keinginan jika memang dirasa sudah benar-benar pantas mendapatkannya. Berbasa-basi terlebih dahulu sangat dianjurkan sebelum sampai kepada maksud dan tujuan kedatangan. Bicarakan tentang proyek proyek yang telah berhasil anda kerjakan, setelah perbincangan dirasa cukup nyaman barulah sampaikan niatan anda yaitu ingin kenaikan gaji.

2. Tingkatkan Kualitas Kerja

Kualitas kerja merupakan salah satu hal yang dinilai oleh perusahaan untun memberikan kenaikan gaji kepada karyawannya. Jika kualitas kerja anda sudah baik, peluang untuk naik gaji tentu akan semakin besar. Kalaupun tidak, hal tersebut bisa dijadikan “senjata” untuk meminta kenaikan gaji. Merasa peforma kerja masih pas-pasan? Segera tingkatkan kualitas kerja anda mulai sekarang juga. Ikuti langkah-langkah berikut untuk bisa meningkatkan kualitas kerja;

a. Jadilah orang yang berintegritas tinggi, artinya anda harus menjadi orang bisa dipercaya.

b. Berikan kinerja terbaik. Lampauilah karyawan lain dengan memberikan produktivitas yang lebih kepada perusahaan.

c. Jika ada masalah datang menghampiri, jadilah orang yang berinsiatif untuk menyelesaikannya sendiri. Jangan menunggu disuruh atasan dan jangan pernah menyalahkan orang lain atas situasi tersebut.

d. Jaga sikap dengan berperilaku baik, sopan, disiplin, dan jadilah pribadi yang ramah. Pintar dalam pekerjaan tetapi tidak diimbangi dengan kepribadian yang baik maka sama halnya kinerja yang anda lakukan tidak maksimal.

e. Capailah prestasi berulang kali. Semakin banyak prestasi, semakin besar pula peluang tawaran naik gaji yang akan disampaikan oleh atasan. Tidak hanya atasan, perusahaan lain juga akan mulai mengincar dan memberikan tawaran-tawaran yang lebih menggiurkan kepada anda.

3. Jangan Merasa Paling Tahu

Datang ke atasan dan lansung bicara tentang kenaikan gaji dengan alasan perusahaan telah mengalami untung besar? Coba pikirkan lagi sebelum bertindak demikian. Besar sedikitnya untung perusahaan tidak akan bocor semudah itu ke telinga karyawan. Jadi, jangan menjadi orang sok tahu dan berujar bahwa perusahaan telah mendapatkan untung yang besar. Jika masih nekat membicarakan hal ini pada atasan, bukan tidak mungkin jika atasan anda akan geram dan naik gajipun hanya menjadi sebatas impian.

4. Lakukanlah Riset

Tidak ada salahnya untuk sedikit “bermain” detective-detectivan di tempat anda bekerja. Carilah informasi mengenai bagaimana kondisi keuangan perusahaan saat ini. Saat merasa kondisi keuangan dalam kondisi yang baik, maka saat itulah waktu yang tepat untuk meminta kenaikan gaji. Selain itu, bandingkan antara gaji anda dan rekan kerja. Besarnya selisih gaji bisa dijadikan perkiraan jumlah gaji yang akan anda minta ke perusahaan.

Itulah beberapa tips bagaimana agar gaji naik. Tips diatas tentu tidak akan pernah berguna tanpa diterapkan. Karenanya, niat dan ketulusan untuk bekerja sangat penting agar seberat apapun pekerjaan yang dilakukan, selalu bermanfaat baik untuk diri sendiri, perusahaan, dan sekitar kita. Semoga dapat membantu dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *