Apakah Website itu Penting untuk UKM?

Pada era sekarang ini jumlah pengguna internet makin hari makin bertambah, untuk itu sangat penting bagi para pelaku UKM untuk melakukan strategi pemasaran melalui internet. Membuat website untuk UKM merupakan cara yang efektif dalam mempopulerkan produk yang dihasilkan. Banyaknya pengguna internet tentu juga akan menunjang kemajuan berbagai macam UKM. Dengan memiliki website kita akan menghemat biaya dalam pemasaran dan promosi, tentu saja usaha yang kita jalankan membutukan berbagai macam promosi.

Website Untuk UKM

Promosi yang dilakukan melaluli website akan jauh lebih mudah dan efektif jika dibanding melalui media cetak ataupun iklan lainnya. Selain itu waktu yang dibutuhkan juga sangat singkat, tidak seperti media lain yang bisa memakan wakti berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Berikut ini beberapa gambaran tentang pentingnya website untuk UKM:

Sumber:http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com

Sumber:http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com

1. Memudahkan dalam mencari konsumen baru

Baca Juga:

Mengingat banyaknya pengguna internet memungkinkan untuk mendapatkan konsumen baru lebih banyak. Penggunaan internet yang sudah meluas diseluruh dunia hal ini memberi kesempatan lebih besar untuk UKM semakin berkembang. Dengan membuka website kesempatan untuk mendapat konsumen lebih banyak dengan jangkauan yang luas bahkan diberbagai belahan dunia.

2. Media pemasaran yang mudah

Pemasaran melalui website jauh lebih efektif dari pada dengan media lain. Selain itu membuat website juga akan menghemat biaya dan waktu dalam hal pemasaran produk. Pelanggan hanya tinggal melihat pada website kemudian membeli, tidak perlu menanggapi banyak pertanyaan. Pertanyaan yang umum ditanyakan bisa diposting dalam website tersebut.

3. Buka 24 jam

Jika dibandingkan dengan toko atau usaha konvensional tentu saja berbeda. Toko atau usaha konvesional memiliki jadwal buka dan tutup, namun ini tidak berlaku jika anda membuka website yang bisa buka 24 jam. Meskipun anda sedang menikmati liburan ataupun istirahat, website tetap bisa mendatangkan pembeli. Anda tidak perlu selalu ada ditemmpat karena website dapat diakses dimanapun dan kapanpun dengan mudah

4. Lebih mudah dan murah jika melakukan pembaharuan

Ketika menjalankan usaha tentu kita memerlukan pembaharuan produk ataupun mengadakan promo-promo pada hari tertentu. Melalui website pembaharuan tersebut akan lebih mudah dan murah jika dibandingkan dengan media cetak. Tak perlu mengeluarkan uang yang banyak guna mencetak promosi baru ataupun informasi produk baru, kita tinggal mempostingnya pada halaman website tersebut.

5. Memberikan informasi lengkap untuk pelanggan

Website dapat memberikan informasi secara lengkap dan fleksibel, hal ini tentu akan berbeda usahan konvensional yang harus menggunakan dokumen atau bertanya untuk informasi lebih lengkap. Kita bisa memberikan segala informasi yang dibutuhkan pelanggan dengan mencantumkan bebagai informasi mengenai spesifikasi produk melalui tulisan, gambar, bahkah video. Selain beberapa penggambaran diatas jika anda memiliki website untuk UKM, anda akan berkuasa penuh atas web yang anda miliki baik itu hosting, kode, konten, jumlah halaman, plug-in dan lain sebagainya.

Tanpa harus melibatkan orang lain anda bisa merubah, menghapus atau membuat penyesuaian lain pada website anda. Jika ingin website anda menghasilkan dengan optimal anda bisa memanfaatkan stategi Search Engine Optimization (SEO) agar produk anda selalu tampil pada halaman pertama pada pencarian di Google. Dengan produk yang selalu tampil pada halaman pertama pencarian Google dan jangkauan website yang begitu luas tidak menuntut kemungkinan UKM yang tengah anda jalankan akan mudah berkembang. Jika anda belum memiliki website untuk usaha anda maka jangan lagi berfikir dan segeralah buat website tersebut.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *