Apakah Perlu Ikut Asuransi Ketika Masih Muda

Asuransi merupakan perlindungan atas aset dan jiwa atas resiko yang terjadi di masa depan. Perlindungan ini bisa berupa pelayanan atau jasa dan penggantian secara material terhadap peserta asuransi. Untuk Resiko yang terjadi di masa depan juga beragam tergantung jenis asuransi yang dipakai. Ada yang mengalami resiko berupa pencurian mobil, kebakaran rumah, kerusakan maupun kehilangan atas aset yang disebabkan oleh bencana alam hingga kematian. Untuk mengikuti asuransi peserta diwajibkan membayar premi dengan nominal tertentu setiap bulannya. Premi ini nantinya bisa diklaim ketika anda mengalami kerugian material yang ditimbulkan oleh resiko di masa depan.

Asuransi Di Masa Muda

Sayangnya peserta asuransi cenderung diikuti oleh orang – orang yang berusia lanjut dan kurang diminati anak muda. Padahal menjadi peserta asuransi di usia muda malah lebih menguntungkan ketimbang pada usia lanjut karena banyaknya kesempatan dan resiko yang akan dihadapi di masa depan. Bila anda merasa besaran premi yang harus dibayarkan nominalnya lumayan besar maka anda juga bisa berinvestasi di asuransi dengan nominal yang lebih kecil seperti asuransi pendidikan.

Sumber: http://tango.image-static.hipwee.com/

Untuk menambah wawasan anda terutama pada topik asuransi, berikut manfaat yang bisa anda dapatkan jika menjadi peserta asuransi pada usia muda seperti dibawah ini:

Baca Juga:

a. Menjaga Anda Di Masa Depan

Mengikuti asuransi saat muda membuat anda siap untuk menghadapi segala resiko yang akan anda alami di masa depan.Salah satunya ialah dengan mengikuti asuransi kesehatan yang siap membantu dikala kesehatan anda kurang optimal. Ikut serta dalam asuransi kendaraan juga membuat anda merasa aman atas resiko pencurian atau resiko kecelakaan yang mungkin anda hadapi di masa depan.

b. Asuransi Dapat Anda Andalkan Untuk Kebutuhan Pendidikan

Asuransi juga bisa anda andalkan untuk dana pendidikan yang sedang atau kelak dienyam. Asuransi bisa dibilang mirip tabungan sehingga dengan mengikuti asuransi pendidikan anda bisa belajar mengatur keuangan, disiplin serta menjaga kebutuhan ekonomi atas pendidikan anda agar selalu tersedia. Jenjang pendidikan yang diinginkanpun bisa dimulai dari SMA hingga Sarjana bahkan S3.

c. Premi Yang Dibayarkan Tidak Mahal

Jika anda mengikuti asuransi saat usia anda masih tergolong belia maka anda tidak akan melewatan biaya premi yang masih dibilang murah. Apabila umumnya besaran premi bisa mencapai Rp. 500.000 per bulan maka anda bisa ikut asuransi dengan biaya premi mulai dari Rp.300.000 – Rp.500.000 dengan manfaat yang sama.

d. Usia Pensiun Yang Tak Perlu Dikhawatirkan

Manfaat lainnya ikut asuransi di masa muda yakni uang pensiun yang didapat tentunya lebih besar jumlahnya daripada mengikuti asuransi saat lanjut usia. Anda bisa mendapatkan pembebas premi dan manfaat investasi yang besar dikala anda berada pada usia pensiun nanti.

e. Belajar Berinvestasi

Masih belum cukup dengan manfaat diatas? Ikut serta asuransi di masa muda akan mendorong anda berani berinvestasi dan mendirikan bisnis. Asuransi ada juga yang diterapkan untuk usaha sehingga resiko kebangkrutan juga bisa tertangani dengan asuransi.

Untuk memilih asuransi yang tepat anda bisa melakukan survey atau mengajukan pertanyaan langsung kepada agen asuransi. Anda juga bisa melihat review dari klien mereka untuk menilai kinerja perusahaan penyedia asurasi tersebut. Jangan malu untuk bertanya dan cermati jasa asuransi yang anda pilih sehingga terhindar dari tindak kriminal penipuan. Persyaratan mengikuti program asuransi umumnya meliputi formulir pendaftaran, dokumen dat diri dan terkait jenis asuransi yang dipilih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *