Hebatnya Online Marketing

Teknologi yang canggih membantu manusia dalam bisnisnya agar mudah dikenal lebih cepat. Salah satu teknologi tersebut adalah dunia online yang unggul dalam hal komunikasi. Bila dahulunya untuk pemasaran produk saja diperlukan biaya yang besar karena harus beriklan di media televisi,radio atau media cetak kini dengan online marketing ongkos pemasaran menjadi lebih kecil. Bagi anda yang masih pemula dalam dunia pemasaran inilah solusi murah namun efektif dalam memperkenalkan produk baru ke publik.

Online Marketing

Kelebihan dari marketing online tentu saja tidak sedikit diantaranya adalah sebagai berikut:

Sumber:http://cdn2.business2community.com

Sumber:http://cdn2.business2community.com

1. Pemasaran atau promosi dilakukan 24 jam tanpa henti

Mempromosikan produk menggunakan online marketing tidak terbatas pada waktu dan dilakukan 24 jam dengan jangka waktu yang bisa anda atur. Hal ini berbeda bila anda menggunakan promosi melalui radio,koran ataupun TV yang ditentukan penayangannya. Anda juga bisa membagikan konten promosi dalam media sosial seperti instagram atau facebook yang memiliki banyak pengguna.

Baca Juga:

2. Mendapatkan feedback langsung dari konsumen

Bila anda memiliki website dilengkapi dengan blog yang berisi artikel informatif yang terkait dengan produk anda tentu saja membawa keuntungan tersendiri atas promosi produk baru. Kebanyakan masyarakat yang menggunakan fasilitas belanja online cenderung mencari produk kebutuhannya dengan melakukan pencarian di search engine. Website yang memiliki SEO yang baik akan menempatkan website anda pada posisi teratas dalam hasil pencarian. Tidak jarang anda juga akan menerima feedback langsung pada website atau toko online anda dari para konsumen yang telah membeli produk anda. Feedback ini akan membantu anda dalam mengembangkan produk baru yang lebih baik dari produk sebelumnya. Anda juga lebih responsif dalam menyelesaikan keluhan konsumen.

3. Pemasaran tidak terjangkau wilayah alias tanpa batas

Bila melakukan promosi melalui dunia maya keuntungan yang bisa anda miliki adalah tidak terbatas pada wilayah atau daerah. Berbeda bila kita mempromosikan melalui televisi yang tentunya hanya terjangkau beberapa daerah saja. Promosi online akan membuat pemasaran tidak fokus disatu wilayah anda sendiri namun secara nasional bahkan internasional. Lebih tepatnya bisa dikatakan bahwa produk anda dapat diketahui oleh siapapun dimanapun mereka berasal.

4. Mempermudah pemesanan dan keluhan

Promosi secara online mampu memberikan informasi lebih cepat tentang stok barang yang anda jual. Konsumen juga mudah dalam melakukan transaksi mulai dari order hingga pembayaran. Pelanggan juga bisa membuat pemesanan tertentu lebih cepat dengan pemesanan online. Bila ada keluhan pelangganpun akan mendapatkan penyelesaian atas keluhannya lebih cepat.

5. Membangun reputasi dan kredibilitas pada produk anda

Adanya online marketing akan membantu anda dalam membangun reputasi dan brand dari produk anda. Nama produk akan semakin kokoh di dunia maya bila benar-benar memuaskan pelanggan. Reputasi yang baik akan membangun kepercayaan customer dan membentuk media promosi baru berupa mouth to mouth.

Meskipun online marketing ini memiliki banyak keunggulan bukan berarti tanpa celak kelemahan. Salah satu kelemahannya adalah banyaknya persaingan dengan kompetitor yang memiliki produk serupa. Online marketing merupakan promosi online yang mudah dan sederhana sehingga dapat dilakukan oleh siapapun. Banyaknya keunggulan yang dimilikinya membuat pebisnis lain juga melakukan promosi dengan cara yang sama. Ide produk anda juga dengan mudah ditiru oleh orang lain dan memunculkan kompetitor baru. Disinilah anda dituntut untuk selalu berinovasi agar para pelanggan selalu setia dengan produk anda. Kepercayaan konsumen sangat sensitive bila dihubungkan dengan online marketing. Kesalahan kecil akan membuat produk anda tidak dipercayai lagi oleh pelanggan. Berhati-hatilah dalam hal kuaitas dan pengiriman barang anda.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *