Apa Itu Rider dalam Asuransi

Asuransi merupakan suatu tunjangan bagi anda yang berkecukupan atau memerlukan kebutuhan dimasa yang akan datang. Asuransi  sendiri dibagi dalam berbagai macam, antara lain asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi lainnya. Kali ini kita akan membahas tentang Rider Asuran (Asuransi Jiwa/ Asuransi Tambahan). Rider Asuran dapat disebut juga dengan asuransi tambahan (dimana asuransi tersebut baru bisa didapatkan apabila pemegang asuran membeli asuransi dasarnya).

Rider asuran biasanya, memiliki jangka waktu yang disesuaikan dengan kemampuan ataupun dengan beban masalah yang dibebankan oleh keluarga pihak pemakai asuran secara signifikan. Pemakaian Rider asuran bertujuan sebagai pelindung keluarga secara finansial ketika terjadi suatu kejadian situasional (Adanya kebutuhan untuk tetap melakukan investasi meski mengalami kondisi yang kritis seperti kecelakaan mendadak dan sebaginya, oleh sebab itu Rider bukanlah asuransi dasar). Keadaan tersebut mengakibatkan Rider asuran tidak akan berfungsi dalam keadaan biasa saja, sehingga secara otomatis rider tidak akan dicantumkan dalam polis utama.

image

Asuransi

Macam Rider tergantung pada spesifikasi masing-masig perusahaan asuransi jiwa yang ada, karena tiap perusahaan jiwa memiliki spesifikasi yang berbeda. Dalam penggolongan pemakaian Rider dibagi menjadi 2 yaitu Tertanggung dan Pemegang Polis/keluarga sedangkan untuk Rider biasanya secara umum, dibagi menjadi 3 jenis seperti berikut:

– Jiwa/kematian

– Kesehatan khususnya pada kesehatan yang terganggu

– Kecelakaan fatal yang mengakibatkan cacat

Pada Asuransi jiwa dasar memiliki fungsi perlindungan terhadap kematian yang tertanggung, penggolangan berdasarkan fungsinya Rider jiwa ada empat, yaitu: – Bertujuan untuk menambahkan perlindungan dalam jangka waktu tertentu/tak terduga kepada pemegang Asuransi.

– Bertujuan untuk menambahkan tingkat perlindungan atas kesehatan nasabah.

– Bertujuan untuk menambahkan tingkat perlindungan atas terjadinya kecelakaan.

– Menambahkan tingkat perlindungan akan hilangnya biaya pendapatan yang disebabkan oleh sakit maupun cacat yang disebabkan oleh kecelakaan.

Apabila dijabarkan lebih jelasnya lagi maka penggolongan diatas dapat dijabarkan sebagai berikut:

– Golongan 1

Fungsi daripada penambahan jangka waktu atau biasanya disebut dengan Term Additional benefit ialah menanggulangi resiko perjalanan yang dilakukan bagi tertanggung Rider. Selain itu juga pemegang polis dapat memiliki perlindungan terhadap premi etika meninggal, sehingga ketika pemegang meninggal yang akan menanggung premi adalah perusahaan asuransi sampai dengan pada jangka waktu yang belum pasti.

– Golongan 2

Untuk Hospital Cash Income Benefit (Tambahan Rumah Sakit), bermanfaat sebagai penutup biaya pengobatan dalam batas tertentu. Juga memberikan perlindungan terhadap penyakit yang sangat kritis. Untuk kecelakaan yang menyebabkan cacat total, akan memberikan manfaat perlindungan untuk pemegang polis seperti tidak membayar premi dalam jangka waktu tertentu (Premi akan ditanggungkan oleh perusahaan asuran).

– Golongan 3

Dalam kejadian kematian yang disebabkan kecelakaan maka pihak keluarga akan mendapatkan biaya pertangungan tambahan dari perusahaan asuran (Sekali lagi apabila pemegang polis benar-benar meninggal akibat kecelakaan maka akan diberikan uang pertanggungan tambahan). Apabila mendapatkan cacat permanen dalam kecelakaan maka dalam hal ini pemegang polis akan mendapatkan uang pertanggungan juga sesuai dengan seberapa besar kondisi yang dialami.

– Golongan 4

Dalam penggolongan ke-4 ialah tentang manfaat bebas premi, diberikan apabila pemegang mengalami cacat permanen/skit kritis. Manfaat tambahan lainnya juga mempengaruhi pada suami, istri maupun anak, apabila pasangan suami istri ini mengalami suatu kejadian yang mendesak maka perusahaan akan memberikan uang pertanggungan.

Penjelasan penggolongan diatas merupakan definisi secara garis besar dan umum, karena tiap perusahaan memiliki penggolongan ataupun aturan yang berbeda-beda. Semoga penjelasan yang telah dijabarkan dapat memenuhi keingintahuan anda perihal rider dalam asuransi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *