Apa Itu Nigerian Scam?

Apakah anda pernah mendengar Nigerian Scam? Jika belum, apakah anda pernah mendapatkan email dengan isi seperti ini “Dear Child, I’m Mr. XXX, a billionaire old man who have lonely all of the time. I think you are bla..bla..bla”. Saya pikir semua orang yang memiliki email pasti pernah mendapatkan email semacam itu. Nah email seperti inilah yang disebut dengan Nigerian Scam. Dimana hal ini mengarah pada penipuan (fraud). Seringkali email seperti ini masuk ke folder spam anda. nigerian-scam4 Banyak dari anda mungkin menyepelekan email seperti ini dengan mencoba mengikuti alur yang diminta dalam email. Alasan untuk mencoba adalah karena siapa tahu anda akan benar-benar mendapatkan uang. Sekilas memang Nigerian Scam ini tidak terlihat berbahaya, namun ketika anda sudah masuk ke dalamnya dan anda terlambat sadar maka kerugian akan menghantam anda.

Baca Juga:

Jadi dapat disimpulkan bahwa Nigerian Scam adalah tipikal penipuan yang menargetkan kerahasiaan pribadi dimana korban ditipu demi keuntungan si penipu. Nigerian Scam biasanya juga disebut dengan Nigerian 419 scam, dimana angka 419 tersebut mengacu pada pasal dari hukum pidana yang memiliki kaitan dengan tindakan penipuan. Biasanya alur tipikal dari email tersebut (Nigerian Scam) adalah sebagai berikut :

1. Si pengirim surat akan mengaku sebagai orang kaya yang kesulitan mencairkan uangnya dengan alasan menghindari pajak atau orang kaya yang hidup sendiri dan tidak memiliki siapa-siapa untuk diwariskan kekayaan.

2. Si pengirim akan meminta anda agar bersedia menerima sebagian uangnya atau warisan darinya.

3. Biasanya si pengirim akan menawarkan nominal yang fantastis agar anda tergiur.

4. Nah step terakhir adalah si pengirim meminta anda untuk mengirimkan identitas pribadi seperti nama, no identitas, alamat dan no rekening dengan alasan permintaan prosedural untuk mengirimkan dana yang dijanjikan.

Bayangkan dengan 4 step diatas mereka dengan mudahnya akan menipu anda tanpa terasa. Kenapa bisa dibilang tidak terasa? Karena dengan iming-iming diberikan imbalan dengan nominal yang fantastis anda akan lupa tentang segala kemungkinan anda telah ditipu.

Sebagai contoh pada tanggal 22 Desember 2015 lalu ada seorang wanita WNI yang tertipu hingga 120 juta karena Nigerian Scam ini. Jika biasanya Nigerian Scam yang didapat melalui email, maka kasus wanita ini bermula dengan perkenalan via media sosial facebook. Wanita tersebut diiming-imingi akan mendapatkan komisi dari dana investasi yang akan ditanamkan si penipu di Indonesia. Untuk mencairkan dana investasi tersebut, si penipu meminta wanita ini untuk mentransfer uang sebesar 120 juta sebagai pelicin agar paket uang sebesar USD 800 ribu tersebut cair di bea cukai. Yang perlu anda ingat adalah Nigerian Scam bisa terjadi karena ada kerjasama antara orang luar dengan orang Indonesia asli. Jadi untuk selanjutnya bentengi diri anda dari hal-hal berbau penipuan seperti ini. Waspadalah..

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *