Ampuh Mana Brosur, Katalog Dan Sticker ?

Informasi adalah hal yang kita butuhkan setiap harinya. Bukan hal baru jika manusia hidup pasti mengkonsumsi informasi agar kita tidak tertinggal oleh perkembangan yang terjadi disekitar kita. Jika kita memang tidak ingin ketinggalan oleh informasi tersebut tentu kita harus mengejar informasi yang kita butuhkan. Namun, mengejar informasi bukan hanya usaha keras bagi yang membutuhkan. Perlu juga adanya upaya dari penyedia informasi agar informasi tersebut sampai dengan cepat dan tepat kepada konsumennya. Penyampaian informasi yang cepat dan tepat tentu membutuhkan media yang tepat juga. Kita tentu mengenal beberapa media penyampai informasi misalnya media cetak dan media elektronik. Namun beberapa tahun belakangan media virtual seperti internet lebih diminati oleh pengguna informasi dengan alasan lebih mudah di dapat, cepat dan aktual.

Brosur, Katalog & Sticker

Jika dibandingkan dengan dua media sebelumnya (cetak dan elektronik) media yang ini juga unggul dalam bidang bentuk sehingga mudah didapat dimana saja. Tetapi, suatu barang yang memiliki keunggulan tentu memiliki kekurangan pula. Semakin banyak pengguna marketing online yang dapat diakses oleh siapapun membuat perlu kewaspadaan akan kebenaran sebuah informasi. Jika sudah demikian, kita tentu perlu melirik pada media lain sebagai perantara pemenuhan kebutuhan informasi. Salah satunya dengan menggunakan media cetak.

Sumber: http://3.bp.blogspot.com/

Sumber: http://3.bp.blogspot.com/

Media cetak mengandung informasi yang lebih jelas karena memiliki bentuk fisik yang nyata. Media cetak masih dibagi dalam beberapa jenis dan bentuk. Mungkin media cetak yang selama ini pasti tidak asing lagi antara lain seperti koran dan buletin yang terkesan kaku dan formal. Berita dan informasi yang disampaikan juga cenderung kurang menarik. Kurang menarik ini bukan berasal dari informasi yang disampaikan namun cara penyampaiannya. Semakin berkembangnya media informasi media cetak koran dan buletin mulai disaingi oleh majalah dan katalog. Katalog ini hampir memiliki kesamaan dengan majalah dimana isi informasi disusun dalam lebaran menyerupai buku.

Katalog biasanya berisi produk dari sebuah brand. Dalam katalog terdapat informasi spesifikasi produk serta harga yang ditawarkan. Bentuk katalog biasanya tebal hampir berisi lebih dari 50 halaman yang tentu mempermudah kita untuk mengetahui keseluruhan produk yang ditawarkan secara spesifik dan menyeluruh dengan mudah. Namun bentuknya yang tebal akan sulit dibawa karena berat. Jika anda ingin media yang lebih mudah dibawa dan cukup diminati contohnya adalah brosur. Brosur adalah salah satu media cetak yang dapat digunakan untuk menyebarkan info secara menarik.

Brosur biasa dibuat dalam satu lembar atau ddalam lembaran-lembaran kecil yang dilipat. Cara ini lebih praktis dan tentunya tetap bisa memuat banyak informasi. BrosurĀ  umumnya digunakan untuk mempromosikan sebuah produk atau event. Didalamnya terdiri atas deskripsi singkat informasi, waktu pelaksanaan dan nomor yang dapat dihubungi sehubungan dengan event atau produk serta yang terakhir adalah sponsorship dari berita tersebut. Bentuknya yang praktis dan dapat berupa lipatan kecil tentu memudahkan saat dibawa. Walaupun bentuknya kecil namun dalam lipatan-lipatan tetap memuat banyak info. Namun kekurangannya adalah bentuknya yang praktis ini akan membuatnya mudah terselip dan hilang. Bahkan beberapa orang akan langsung membuangnya ketika dibagikan. Oleh karena itu beberapa orang memilih menggunakan sticker.

Sticker merupakan alat penyampai informasi yang hampir sama dengan brosur hanya saja bentuknya lebih kecil dan dapat di tempel di sebuah permukaan. Biasanya sticker berisi nama event atau brand kemudian spesifikasi singkat benda atau pelaksanaan event diikuti contack person. Bentuknya yang bisa ditempel ini akan membuat sticker akan mudah dilihat dan tetap dilihat dengan waktu yang lama karena jika sudah ditempel tidak mudah terlepas. Namun bentuknya yang kecil hanya memberikan info yang sangat minim. Perbandingan antara tiga media menarik diatas (brosur, katalog dan sticker) bisa diumpamakan saling memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika ditanya mana yang lebih ampuh dalam penyampaian informasi, maka penentuannya adalah kebutuhan jenis informasi yang akan kita sebarkan. Kita bisa menentukan isi , tujuan dan sasaran informasi tersebut. Jadi kita bisa mempertimbangkan yang terbaik dari ketiga media tersebut. Bagaimana yang terbaik versi anda, silahkan anda tentukan !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *