Alternatif Mengatasi Kejenuhan dalam Bekerja

Sebagai seorang pekerja pernahkah anda mengalami kejenuhan dalam bekerja? Ya, hampir setiap pekerja tentunya pernah mengalaminya. Kejenuhan dalam bekerja atau dikenal pula dengan istilah burnout merupakan salah satu problem pada pekerja yang dapat dirasakan baik secara fisik, mental, maupun emosional. Burnout atau kejenuhan tersebut dapat menyebabkan performa kerja seseorang menjadi menurun. Jika tidak diatasi tentu kejenuhan tersebut akan semakin merugikan diri sendiri seperti membuat stress atau menganggu hubungan baik dengan lingkungan sekitar. Berikut ini merupakan beberapa pilihan kegiatan yang dapat dilakukan oleh para pekerja untuk membantu mengatasi kejenuhan atau burnout yang dialami :

Jenuh

Mengatasi Kejenuhan

1. Istirahat Cukup

Tanpa disadari rutinitas pekerjaan yang sering kali padat dengan deadline yang tiada henti membuat anda menjadi kurang tidur dan memiliki pola makan yang tidak teratur, karena itu kejenuhan dalam bekerja kerap kali menghampiri. Coba atur kembali waktu tidur dan makan anda. Luangkan waktu yang cukup untuk tidur seperti normalnya 8 jam sehari, dengan begitu saat anda terbangun akan merasa lebih fresh. Begitu pula dengan makan yang teratur. Jika anda makan dengan teratur, disamping membantu menjaga kesehatan agar tetap prima maka anda juga akan mendapatkan tambahan energi sehingga lebih bersemangat dan fokus dalam bekerja.

2. Melakukan Aktifitas yang Disukai

Setiap orang tentunya memiliki aktifitas yang disukai atau seringnya dikenal dengan hobi. Hobi pada setiap orang tentunya bervariasi, bias berupa mendengarkan musik, membaca buku, berolah raga, atau dalam bidang seni seperti menggambar maupun fotografi. Saat kejenuhan dalam bekerja menghampiri, anda dapat memanfaat hobi tersebut. Luangkan waktu beberapa menit, jam, atau sehari saat sedang libur untuk melakukan hobi tersebut. Hal tersebut akan membantu anda untuk menjadi lebih rileks.

3. Berlibur

Pergi berlibur mengunjungi tempat favorit atau tempat baru yang belum pernah dikunjungi dapat menjadi salah satu alternatif mengatasi kejenuhan atau burnout dalam bekerja. Meskipun alternatif pilihan ini cukup merogoh keuangan anda, namun apa salahnya jika menyisihkan sedikit penghasilan untuk berlibur dimana akan membuat diri jadi lebih santai dan bahagia. Mengunjungi tempat berbau alam dan merasakan aroma kesejukannya dapat anda pilih sebagai salah satu alternatif. Saat weekend atau ada waktu libur kerja anda dapat merealisasikan alternatif ini.

4. Bersantai Bersama Keluarga atau Sahabat

Ketika anda tidak memiliki waktu untuk libur, alternatif ini dapat dilakukan untuk mengatasi kejenuhan yang melanda. Sepulang bekerja anda dapat meluangkan waktu beberapa jam untuk bersantai dengan keluarga atau sahabat, entah di rumah maupun pergi ke luar. Pada saat bertemu dan menghabiskan waktu dengan keluarga maupun sahabat anda bisa bersenda gurau atau bercerita tentang segala permasalahan atau beban yang dialami. Tidak dapat dipungkiri bahwa kejenuhan dalam bekerja tentu ada sebabnya, anda bisa mencoba untuk bercerita atau bertukar pikiran dengan keluarga maupun sahabat tentang penyebab kejenuhan tersebut. Maka dengan begitu anda akan merasa lebih tenang dan siapa tahu akan mendapat solusi atas permasalahan yang membuat jenuh dalam bekerja tersebut.

5. Atur Kembali Jadwal dan Waktu

Sebagai seorang manusia tentunya anda tidak hanya disibukkan dengan aktifitas bekerja. Bisa saja kejenuhan yang anda alami dalam bekerja tersebut tidak murni disebabkan karena hal-hal berbau pekerjaan di kantor, bisa jadi kehidupan pribadi anda menjadi salah satu penyebab. Anda merasa jenuh melakukan pekerjaan di kantor karena anda juga mengalami masalah atau kejenuhan terkait kegiatan di kehidupan pribadi. Coba buat jadwal beserta urutan atau waktu dalam melakukannya untuk setiap kegiatan anda, baik kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan maupun kehidupan pribadi. Dengan begitu anda akan lebih mudah untuk melakukannya tanpa harus bingung memulai yang mana terlebih dahulu.

6. Konsultasi dengan Ahli

Anda sudah mencoba beberapa alternatif diatas namun masih tetap tidak dapat mengatasi kejenuhan yang dialami? Jika jawabannya ya, maka bisa jadi anda mengalami kejenuhan yang teramat sangat berat. Ketika sudah merasakan seperti itu maka tidak ada salahnya jika anda berkonsultasi kepada seorang ahli seperti konselor atau psikolog. Itu dia beberapa alternatif yang dapat anda pilih untuk mengatasi kejenuhan atau burnout yang dialami dalam bekerja. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *