Alasan Terbaik Jika Ditanya Mengapa Pindah dari Perusahaan Sebelumnya

Kadang memang hidup ini tak ada puasnya, disaat orang lain lagi susah mencari pekerjaan, sebagian diantara kita malah ingin meninggalkan pekerjaannya dan berganti dengan pekerjaan atau perusahaan baru. Bekerja memang bukan soal uang atau gaji semata, ada beberapa faktor yang membuat diantara kita, walaupun dengan berat hati, harus memilih keluar dari pekerjaannya. Meskipun sifatnya subyektif, setidaknya menurut sebuah studi faktor manajemen perusahaan merupakan alasan utama kenapa seseorang berpindah pekerjaan. Selain masalah gaji dan manajemen perusahaan, terkadang niat pindah pekerjaan disebabkan oleh pekerjaannya itu sendiri.

Gaji

Coba bayangkan bila anda yang sudah bertahun-tahun bekerja ternyata menerima jumlah gaji yang sama dengan karyawan baru di perusahaan anda?. Di zamanoutsourcingseperti sekarang ini jangan harap anda dapat bertahan lebih lama di perusahaan, kalaupun bisa mungkin hanya sekedarsurvivalsaja. Istilahnya dari pada nganggur, nyangkul pun tak apalah. Walaupun kisaran jumlah gaji tidak pernah cukup untuk menutupi pengeluaran anda , yang penting status bukan pengangguran tidak melekat pada diri anda. Bila merasa yakin akan kemampuan dan keberuntungan anda, gaji yang pas-pasan menjadi faktor pendorong bagi anda untuk mencoba peruntungan melamar pekerjaan lainnya.

Manajemen

Bila ada yang bertanya mengapa anda keluar dari perusahaan?, sebagian dari kita akan menjawab karena buruknya hubungan antara anda dengan si boss atau dengan rekan sejawat anda. Siapa yang gak dongkol, kalau ternyata si boss memperlakukan anda tidak fair dan kurang menghargai atau menghormati sumbangsih anda ke perusahaan. Suasana kantor yang kurang mendukung keharmonisan hubungan antar karyawan dengan pihak manajemen juga memberikan peran penting untuk dijadikan alasan seorang karyawan keluar dari perusahaan.

Ada hal-hal diluar materi semata yang membuat seseorang beralasan untuk loyal dan bertahan disebuah perusahaan bertahun-tahun lamanya. Perasaan dihargai dan dibutuhkan oleh perusahaan salah satu faktor yang membuat karyawan tinggal lebih lama karena merasa memiliki kesempatan untuk maju dan berkembang dengan perusahaannya.

Disaat tidak stabilnya keadaaan perekonomian dewasa ini, kepemimpinan dan komunikasi adalah laksana raja. Managemen dan kepemimpinan yang buruk akan meyebabkan kurangnya motivasi, arahan dan pemeberdayaan bagi para karyawan sehingga menyebabkan timbulnya rasa ketidakpercayaan karyawan terhadap perusahaannya. Salah satu faktor kunci yang menyebabkan mengapa seorang karyawan keluar dari perusahaannya.

Pekerjaan

Rasa bosan kadang timbul bagi siapa saja, termasuk juga karyawan. salah satu faktor yang membuat para karyawan meninggalkan perusahaannya juga dikarenakan mereka merasa bosan dengan pekerjaannya dan ingin mencoba suasana dan tantangan pekerjaan baru lainnya. Selain itu faktor psikologis karyawan juga sangat berpengaruh bagi kelangsungan karirnya dalam suatu perusahaan. Jarak tempuh yang jauh antara rumah dengan tempat kerja karyawan terkadang juga memberikan suatu perasaan psikologis tertentu bagi seseorang untuk memutuskan keluar dari perusahaan. Bayangkan bagi anda yang tinggal bertahun-tahun lamanya bekerja di luar negeri, perasaan rindu dan kangen kepada keluarga terkadang menjadi salah satu faktor yang mendorong anda untuk meninggalkan pekerjaan anda. Pepatah ?em>mangan ora mangan sing penting ngumpul? kira-kira bisa menggambarkan tentang adanya hubungan psikologis seseorang dengan pekerjaannya.

Nah, apakah anda salah seorang yang suka pindah-pindah kerja? Jika iya tentunya anda pernah mengalami kebingungan setiap kali ditanya alasan resign saat mengikuti wawancara kerja berikutnya. Nah, pertanyaan seperti ?enapa anda resign dari pekerjaan sebelumnya?terkadang memang membingungkan untuk dijawab. Jika terlalu jujur menjawab karena masalah gaji maka pihak pewawancara bisa saja menilai anda seseorang yang mementingkan uang dan ini kesannya kurang baik dan bukan tidak mungkin anda urung mendapat pekerjaan yang saat ini anda inginkan sehingga harus mencarilokerlainnya.

Untuk memudahkan anda memberikan alasan resign yang pas setiap kali ditanyaalasan resignsaat wawancara maka berikut ini ada rangkuman beberapa jawabanyang bisa anda pelajari.

  1. Saya resign karena kesempatan untuk maju di kantor lama sangat terbatas sementara saya ingin mendapatkan karir terbaik.
  2. Saya resign untuk mencari pekerjaan yang cocok dengan pendidikan dan pengalaman saya sebelumnya.
  3. Jujur saja, saya resign karena posisi saya sebelumnya tidak sesuai harapan dan saya ingin fokus mengejar karir yang sesuai harapan saya.
  4. Saya resign karena pekerjaan saya sebelumnya hanya part time dan saat ini saya sudah memiliki banyak waktu untuk bekerja full time.
  5. Saya resign karena skill dan kemampuan saya tidak cocok dengan kebutuhan perusahaan dan pihak perusahaan menginginkan yang lebih.
  6. Saya resign karena saya tertarik akan tantangan dan kesempatan baru untuk menggunakan keterampilan yang saya miliki di bidang lain berbeda dari bidang pekerjaan saya sebelumnya.
  7. Saya resign karena keluarga saya pindah ke kota ini dan perusahaan dimana saya bekerja sebelumnya tidak memiliki cabang di kota ini.
  8. Saya resign karena di pekerjaan saya sebelumnya status saya hanya karyawan sementara/kontrak dan saya ingin bekerja dengan status karyawan tetap.
  9. Saya resign dari perusahaan sebelumnya karena alasan pribadi dan saat ini saya sudah siap untuk mengejar karir impian saya.
  10. Saya resign karena ingin mencari tantangan baru namun terkendala kesibukan pekerjaan sebelumnya yang menyulitkan saya untuk bergerak.
| updated

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *