Agas Bisnis Bertahan Lama

Membangun bisnis tentu saja memiliki tujuan untuk jangka panjang. Dimana harapannya adalah ada bekal untuk hari tua, bahkan untuk dapat dikelola anak cucu di masa depan sebagai bisnis turun temurun. Namun, hal tersebut tidak bisa dilakukan dengan mudah, tentunya. Apalagi jika usaha Anda adalah usaha makanan yang merupakan salah satu hal yang bisa membuat konsumen bosan jika menyajikan menu itu-itu saja. Selain faktor kebosanan tersebut, faktor lain seperti manajerial yang tidak diperhatikan dengan baik juga akan menjadi penyebab bisnis Anda tidak bertahan lama. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar bisnis Anda bertahan lama.

Selalu berada satu langkah di depan kompetitor

Evaluasi lah bisnis Anda terus menerus. Jangan biarkan kompetitor mengalahkan Anda. Apalagi jika kompetitor tersebut merupakan produk yang meniru dan memodifikasi produk Anda. Hal tersebut selain menjatuhkan nama produk, juga menjatuhkan nama Anda sebagai inventor produk tersebut. Akibatnyapun fatal. Produk Anda bisa saja kehilangan kepercayaan dan malah dianggap palsu. Hal tersebut tentu saja sangat merugikan dan harus benar-benar ditanggulangi dengan cara yang reguler dan berkesinambungan. Misalnya tentang bagaimana respon konsumen terhadap produk tiruan tersebut, bagaimana cara menanggulangi kualitas produk agar tidak kalah bersaing, dan sebagainya. Diperlukan adanya tim, dana dan cara khusus untuk menanggulangi kompetitor ini jika memang telah mengganggu penjualan yang dimiliki.

Promosikan sebaik mungkin produk Anda

Pepatah dalam bisnis mengatakan bahwa bisa saja biaya promosi itu sendiri mengeluarkan setengah dari biaya produksi produk Anda jika memang produk Anda ingin dikenali konsumen. Karena betapapun bagusnya produk yang Anda jual, tidak akan mendatangkan konsumen, jika Anda tidak melakukan promosi dengan benar dan hanya mengandalkan komunikasi dari mulut ke mulut yang dilakukan antar konsumen. Hal tersebut akan percuma jika tidak dikelola dengan baik. Memberikan potongan harga yang menarik adalah salah satu kiat promosi yang manjur.

Pelihara Hubungan Baik

Memelihara hubungan baik tentu saja merupakan hal yang penting harus dilakukan bagi siapapun. Baik yang memiliki kepentingan, maupun tidak. Karena pepatah mengatakan bahwa kita semua menuai apa yang kita tanam. So, jagalah hubungan baik apalagi dengan konsumen. Hal tersebut bisa dilakukan dalam banyak cara. Dari mulai melayani dengan sepenuh hati, hingga menangani komplain sebaik mungkin agar konsumen merasa bebas memberikan feedback yang tentunya akan berguna bagi kelangsungan bisnis karena akan adanya perbaikan-perbaikan yang menurut konsumen dirasa kurang.

Perbaiki manajerial perusahaan

Diperlukan kematangan dalam menyelesaikan permasalahan organisasi. Pada saat usaha menjadi besar, sering kali permasalahan yang timbul adalah pada pengendalian diri atas uang dan kekuasaan. Terutama jika usaha tersebut dimodali dan dijalankan oleh beberapa orang. Jika tidak kuat dalam hal manajerial, usaha akan cepat berakhir saat penyalahgunaan kepercayaan sesama teman.

Inovasi dan perluasan pasar.

Inovasi yang dilakukan dalam berbagai sisi akan menarik pelanggan untuk melirik produk Anda dibanding pesaing. Selain inovasi, diperlukan juga evaluasi terhadap kelangsungan bisnis. Anda tak bisa begitu saja tutup mata dalam menjalankan bisnis, sebuah evaluasi terhadap kekurangan dan nilai lebih dalam berbisnis juga diperlukan untuk semakin memajukan bisnis yang dilakukannya.

Standarisasi

Memiliki banyak cabang usaha memang bisa membantu mengatasi persaingan ketat dalam bisnis. Hanya saja yang harus diperhatikan adalah kesamaan varian produk yang dijual disemua cabang yang dimiliki.

Standarisasi ini perlu dilakukan agar pelanggan tak kecewa ketika membeli produk Anda di cabang-cabang usaha. Standarisasi ini sangat diperlukan terutama jika Anda berbisnis kuliner. Standarisasi resep berfungsi untuk menghasilkan rasa yang seragam di semua cabangnya.

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *